-->

10 Tanda Kesehatan Anda Menurun

Advertisement

Info Kesehatan. Sahabat Zallegiance. Terkadang kita suka mengabaikan kesehatan tubuh kita, dan menganggapnya biasa dan wajar karena kita sibuk dengan pekerjaan dan rutinitas kita. Mungkin anda menganggapnya sepela, tapi dampak buruknya bagaimana? Biasanya seseorang akan merubah gaya hidupnya setelah ia benar benar di vonis oleh dokter mengidap penyakit, sehingga terpaksa harus bisa merubah gaya dan pola hidupnya selama ini. Apakah anda mau seperti ini? 

10 Tanda Kesehatan Anda Menurun

Yang kita harapkan adalah kita selalu sehat dan bisa melakukan berbagai rutinitas pekerjaan kantor kita dengan baik, dan bisa berkumpul dengan keluarga dan berlibur dengan kekasih dan sahabat kita. Namun bagaimana ketika kita sakit? Yang semuanya tanpa kita sadari disebabkan oleh gaya hidup kita yang buruk. Sebelum anda mengalami sakit, sebenarnya tubuh anda mengirimkan beberapa sinyal kepada anda. Namun terkadang kita kurang meresponnya, sehingga pada akhirnya kita mengalami sakit. Apa saja sinyal tersebut? Yuk kita simak.

1. Kualitas Tidur Yang Buruk
Tubuh kita memerlukan istirahat yang cukup, untuk menstabilkan semua fungsi organ organ tubuh kita pada saat malam hari. Pada saat malam hari, hormon stress kortisol harusnya turun pada tingkat yang minimum, sehingga memungkinkan fungsi organ tubuh kita untuk memperlambat, beristirahat dan mengisi ulang. Seseorang yang mengidap penyakit insomnia, biasanya mengalami susah tidur pada malam hari, ini dikarenakan tingkat cortisol yang abnormal. Hal ini disebabkan terlalu banyaknya respon stress fight-or-flight dalam tubuh tersebut. Ketika respon stress tubuh anda aktif, mekanisme perbaikan dari tubuh anda akan dimatikan, inilah yang menyebabkan anda cepat sakit atau mengakibatkan melemahnya kesehatan anda.

2. Menurunnya Tinggi Badan
Cobalah sesekali timbang berat badan anda, dan ukur tinggi badan anda. Jika mengalami penurunan berat badan itu hal yang biasa, lalu bagaimana dengan tinggi badan anda yang berkurang. Apa ini mungkin? Menurut penelitian, tinggi badan seseorang bisa menurun dikarenakan osteoporosis. Penuaan tidak harus berarti pengeroposan tulang. Tulang yang keropos bisa mengidap pada tubuh anda, dan bukan hanya orang yang lanjut usia saja yang mengalami ini. Anda bisa memiliki tulang yang kuat selama anda mampu memenuhi kebutuhan kalsium alami dan juga vitamin D pada tubuh anda, dan usahakan untuk selalu berolahraga. Dan jika anda tidak mengambil langkah untuk membuat tulang anda kuat dan sehat, maka anda bisa berakhir dengan patah tulang pinggul atau bungkuk. 

3. Jerawat Mulai Tumbuh
Bagi sebagian orang yang bekerja dalam pekerjaan yang ekstrim, berjerawat bisa tumbuh diwajah anda, terlebih jika anda salah menggunakan produk untuk membersihkan wajah anda. Anda mungkin bisa terkena alergi, sehingga pada wajah anda tumbuh seperti jerawat, atau bisa jadi ini adalah sinyal yang diberikan kepada anda bahwa kekebalan tubuh anda mulai melemah. Mungkin karena anda kurang istirahat dan terlalu banyak mengalami stress. Kulit adalah termasuk organ terbesar dalam tubuh, sehingga ketika kesehatan dan kekebalan tubuh anda mulai menurun, dia akan mengirimkan sinyalnya kepada kita, salah satunya adalah dengan tumbuhnya jerawat, wajah yang pucat, dan mengeriput ketika anda mulai mengalami demam.

4. Air Seni Berwarna Kuning Kegelapan
Hidrasi sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Jika sesekali anda mengintip pada air seni yang anda buang berwarna kuning, anda mungkin bisa jadi kekurangan cairan. Air seni yang anda buang setiap hari menjadi monitor tubuh anda, karena ini bisa menjadi indikator bagi kesehatan anda. Jika anda minum air putih dengan cukup baik, maka air seni yang anda keluarkan akan terlihat bening (jelas) dan tidak berwarna. Tapi jika anda sudah minum dengan cukup, tapi air seni yang anda kelurkan berwarna kuning kegelapan atau berwarna merah, bisa jadi ginjal anda bermasalah. Biasakan untuk minum air putih dengan cukup, dan jika masih terjadi hal demikian segera periksakan ke dokter

5. Selalu Cemas Dan Berlebihan
Setiap orang memiliki rasa cemas pada tingkat yang berbeda beda. Rasa cemas yang berlebihan ini akan mempengaruhi fisiologi tubuh anda, dan pada akhirnya akan menyebabkan penyakit jantung pada diri seseorang yang memiliki perasaan cemas yang berlebihan (over). Perasaan cemas ini bisa disebabkan oleh ketidakseimbangannya Hormon seks, Tumor Adrenal, Hipertiroidisme dan masih banyak lagi.

Cobalah sesekali anda bertanya pada diri anda, sebenarnya apa yang menyebabkan kecemasan anda. Biasanya rasa cemas ini timbul karena salah satu bidang kehidupan anda tidak sejajar dengan diri anda dan yang anda harapkan.  Jika anda mengalami kecemasan yang sangat over, lebih baik anda segera berkonsultasi dan memeriksakan  ke dokter untuk menguji hormon anda

6. Gatal Gatal Pada Kulit
Rasa gatal ini bisa disebabkan oleh alergi dan juga penyakit kulit pada umumnya. Tapi jika anda mengalami rasa gatal yang lebih intens, bisa jadi ini adalah bisikan dari tubuh anda, jika anda menderita penyakit hati.

7. Bentuk Tubuh Anda Seperti Apel
Orang gemuk cenderung masuk dalam 2 kategori, yaitu :
  • Seperti "Apel". Mereka yang memiliki berat badan ekstra mereka disekitar pinggang dan perut.
  • Seperti "Pir". Mereka yang memiliki berat badan ekstra mereka disekitar pinggul dan paha.
Orang yang memiliki berat badan yang berlebihan, itu tidak baik secara kesehatan, apalagi jika mereka masuk kedalam kategori kelompok "Apel", mereka lebih rentan terserang penyakit jantung.

8. Cepat Terasa Lelah
Anda bisa merasa lelah karena kelenjar tiroid pada tubuh anda tidak berfungsi dengan baik, atau bisa jadi kelalahan anda disebabkan karena semua sumber daya tahan tubuh anda dikeluarkan oleh tubuh anda untuk melawan dan melindungi tubuh anda dari berbagai olahan makanan, rokok, alkohol, atau lingkungan dimana anda tinggal yang banyak mengandung sifat racun bagi tubuh anda. Sehingga tubuh anda mengalami kelelahan, atau cepat lelah.

Atau bahkan bisa disebabkan karena anda mengalami stress pada waktu yang lama, atau bahkan bisa jadi kelelahan anda bisa disebabkan karena sistem perbaikan tubuh anda mengalami overdrive, yang mencoba melindungi anda dari infeksi, kanker dan berbagai jenis penyakit lainnya. Kelelahan yang bersifat kronis adalah salah satu gejala yang disebabkan oleh sistem saraf anda terjebak dalam respon stres yang berulang ulang. Jika anda mengalami hal ini, segera konsultasikan dan periksakan diri anda ke dokter.

9. Mendengkur
Seseorang yang tidurnya mendengkur, bisa jadi ia mengalami gangguang pada sistem pernafasannya, dan bisa berisiko hipertensi pulmonal dan pada akhirnya bisa mengalami gagal jantung.

10. Bibir Pecah Pecah
Bibir pecah pecah atau kering ini sering disebut dengan "Cheilitis", karena anda kekurangan vitamin B dan khususnya vitamin B12. Kekurangan vitamin B terlebihnya B12 bisa menyebabkan anda pada resiko ofillnesses seperti anemia.

Itu semua adalah sinyal yang diberikan oleh tubuh kita, yang menunjukkan bahwa kesehatan dan kekebalan tubuh kita menurun. Sebelum penyakit yang berpotensi mengancam nyawa anda, tubuh anda akan mengirimkan sinyalnya melalui tanda tanda diatas, dan juga beberapa tanda tanda lainnya. Anda harus lebih peka terhadap tubuh dan kesehatan anda sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Tanda Kesehatan Anda Menurun

Advertisement
Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

> Komentar yang Anda kirim sepenuhnya dimoderisasi oleh Admin.
> Komentar yang mengandung Link aktif (spam) akan kami hapus
> Tidak Perlu Menulis Nama Blog Anda Disini, Saya Pasti Kunjungi Blog Anda
.

Advertiser