-->

3 Budaya Korea Yang Wajib Ditiru

Advertisement

Ada gak diantara sahabat yang gak pernah liat cowok cowok korea dan cewek korea, yang udah pernah liat, pasti ganteng ganteng dan cantik cantik. Dan bahkan cara berpakaian dan gaya potongan rambut atau style mereka menjadi trend anak muda zaman sekarang. Dan K-POP-nya pun merambah ke Indonesia dan didunia music. Mungkin karena wajah mereka yang ganteng atau karena warna kulit yang putih, sehingga bisa cocok menggunakan pakaian dengan jenis apa saja. Berikut ini ada beberapa Budaya Korea Yang Wajib Ditiru versi zallegiance. Semoga menambah inspirasi untuk semua.

3 Budaya Korea Yang Wajib Ditiru

Kerapihan dan Cara Berpakaian
Nah ini yang paling saya suka dan sering saya tiru dari orang korea adalah, cara mereka berpakaian (style). Orang orang korea selalu berpakaian rapih. Bahkan menurut cerita atasan saya, di korea orang berangkat kerja selalu berdasi dan selalu menggunakan jas, walau ditempat kerja mereka sebenarnya tidak menggunakan jas atau dasi sekalipun. Menurut mereka, cara seseorang bekerja bisa dinilai dari berpakaian orang tersebut, jika dia senang dengan kerapihan, maka biasanya orang tersebut rajin dalam bekerja, menurut mereka si begitu. 

Mungkin ketika anda sedang nonton film korea anda akan lihat cara mereka berpakaian. Bahkan kalau anda senang belanja online, hampir para pemilik situs tersebut menawarkan dengan menambahkan kata kata korea, contoh "Kemeja Model Korea, Blazer Model Korea atau Kaos yang lagi ngetrend di korea", Karena hampir jenis fashion dipadukan dengan gaya orang korea yang tidak ada jeleknya, entah karena memang muka mereka ganteng-ganteng dan cantik-cantik atau apa ya, jadi mau pakai model seperti apa saja, terlihat pas dan serasi dengan style masa kini.

Didalam pekerjaan, orang orang korea (atasan), yang pertama kali adalah kerapihan dan kebersihan. Didalam perusahaan saya bekerja, setiap hari di pagi hari selalu diadakan senam pagi, dan wajib membersihkan area kerja masing masing diproduksi. Bahkan terkadang atasan saya selalu mengajak saya untuk mengontrol bagian produksi. Jika ada bagian yang terlihat berantakan dan kotor, tidak jarang operator dibagian tersebut mendapat surat peringatan dan teguran secara langsung. Karena kebersihan mencerminkan orang tersebut bekerja, begitulah menurut mereka.

Cara Menghormati Orang Yang Lebih Tua
Orang orang kore memiliki cara tersendiri untuk menghormati mereka yang umurnya lebih tua atau yang memiliki pangkat lebih tinggi didalam sebuah perusahaan. Bahkan dari segi bahasa, ketika mereka berbicara dengan orang yang lebih tua umurnya, atau kepada atasan. Mereka memiliki bahasa yang lebih sopan atau lebih dibedakan dengan bahasa sehari hari.

1. Menundukkan Kepala
Orang orang korea, ketika bertemu atasan atau orang yang lebih tua, mereka akan memberi salam, sambil menundukkan kepala, atau hampir sama seperti orang muslim ketika sedang rukuk. Ini sebagai bukti bahwa mereka menghormati atasannya atau mereka yang lebih tua.

2. Bahasa
Ketika saya belajar bahasa korea, gaya berbicara antara orang yang biasa dengan orang yang lebih tua, atau kepada atasan, gaya bahasa yang digunakan sedikit berbeda. Dengan kata lain gaya berbicara dan bahasa yang lebih sopan dan halus. Mungkin karena dikorea gak ada bahasa lo atau gue kali ya, seperti di Indonesia. Hehehehe

3. Membalikkan Badan Ketika Minum
Yang lebih uniknya lagi, ketika saya diajarkan salah satu budaya korea oleh salah satu atasan saya dikantor, saya harus membalikkan badan ketika sedang ada acara minum bersama dengan atasan atasan saya. Menurut mereka, ini termasuk salah satu cara menghormati mereka yang lebih tua atau atasan. 

Disiplin
Salah satu budaya yang saya pelajari dan wajib kita tiru dalam segala hal, baik pekerjaan ataupun rutinitas kita adalah korea selalau mengajarkan kedisiplinan yang tinggi. Diperusahaan saya bekerja, para karyawan dalam satu bulan sekali selalu dicheck masalah absensi mereka, mereka yang sering terlambat masuk atau sering tidak masuk kerja, akan ditegur dan diberikan surat peringatan, jika mereka banyak tidak masuk kerja. 

Semua karyawan dituntut untuk selalu disiplin dalam pekerjaan yang mereka kerjakan. Semua tugas harus selesai tepat pada waktunya, laporan laporan yang harus dikerjakan dan selesai dalam satu hari, dalam mingguan dan juga laporan bulanan harus selesai tepat dengan waktunya, tanpa ada kesalahan sedikitpun. Karena penglamana saya bekerja sampai sekarang, orang korea sangat jeli dan teliti dalam menghitung dan mengkoreksi data data laporan bawahannya. Sehingga acapkali laporan laporan yang saya berikan harus direvisi setiap bulannya. 

Inilah budaya korea yang bisa kita terapkan dalam dunia kita, baik dunia pekerjaan dan juga ketika berada dirumah. Ini adalah pengalaman saya selama bekerja pada salah satu perusahaan korea di indonesia, bahkan sampai saat ini saya masih bekerja pada perusahaan tersebut. Semoga bisa menambah inspirasi sahabat. Nice Share. 

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 3 Budaya Korea Yang Wajib Ditiru

Advertisement
Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

> Komentar yang Anda kirim sepenuhnya dimoderisasi oleh Admin.
> Komentar yang mengandung Link aktif (spam) akan kami hapus
> Tidak Perlu Menulis Nama Blog Anda Disini, Saya Pasti Kunjungi Blog Anda
.

Advertiser