-->

Pengertian DMCA

Advertisement

Fungsi dan Pengertian DMCA Bagi Blog dan Web - DCMA adalah singkatan dari Digital illenium Copyright Art. Banyak para web dan blogger yang memasang DMCA pada website dan blog mereka, hal ini dilakukan untuk menghindari duplikat konten dan juga copy paste yang dilakukan para blogger yang malas untuk membuat artikel dengan karya mereka sendiri. DMCA bisa Anda jadikan langkah untuk melindungi konten dan juga artikel yang telah Anda publiskasikan. Selain tulisan dan juga gambar DMCA juga melindungi semua file yang berformat digital yang telah dipublish didalam dunia maya. Dengan kata lain DMCA berfungsi melindungi hak cipta dan keaslian sebuah konten yang diterbitkan didalam dunia maya.

Pengertian DMCA

Mungkin ada baiknya setiap blog memasang Widget atau badget DMCA, karena tentu setiap pemilik tidak ingin konten dan artikelnya di curi, baik sebagian atau seluruhnya. Karena tidak semua orang bisa melakukan atau membuat artikel dengan menarik dan juga baik. Jika Anda membuat blog hanya mengandalkan secara instan, maka dengan kata mustahil blog atau web yang Anda buat akan banyak visitor atau banyak yang menyukai blog Anda. Bahkan paman Google sendiri tidak menyukai pencurian atau copy paste dalam pembuatan artikel dan konten yang diterbitkan didunia maya. Bahkan di paman Google sendiri terdapat Google Sandbox. Google panda, Google pinguin.

Daftar DMCA Untuk Blog Dan Web
Untuk memasang widget atau badget DMCA ini Anda para pemilik blog atau web cukup mendaftar saja di situs resmi DMCA. Disana disediakan dua pilihan untuk Anda, ada yang pro dan juga ada yang free. Untuk anda para blogger tentu lebih banyak yang menggemari yang free. Setelah Anda mendaftarkan di situs resminya. Ketika Anda merasa ada sebagian para copaser yang merugikan atas blog Anda, Anda bisa langsung melaporkannya ke Pihak DMCA melalui formulir yang telah disediakan disana. Anda hanya menunggu beberapa saat, Google akan mengirimkan pemberitahuan melalui email Anda nantinya. Jika pelanggaran yang dilakukan memang cukup berat atau mereka para copaser melakukan full copas, maka ada kemungkin blog mereka akan dihapus. 

Tapi kelemahan didalam hal ini adalah berapa banyak yang melakukan copaser terhadap blog yang kita miliki? Mungkin jika hanya satu kita bisa melaporkannya kepada DMCA. Lalu bagaimana jika yang melakukan lebih dari 50 bahkan sampai 100 atau lebih? Apakah kita akan membuat pengajuan dengan sebegitu banyaknya? Ya memang kita harus banyak ikhlas dan berhati lapang ketika membuat blog. Karena tidak sedikit dari para sahabat blogger yang lain yang akan melakukan copas terhadap konten dan artikel yang telah kita publikasikan dengan seolah olah bahwa itu adalah hasil karya mereka sendiri.

Jika Anda seorang blogger Anda tentu sudah membuat tujuan dalam membuat blog, jika Anda sudah mengetahui kenapa Anda membuat blog, tentu Anda tahu apa yang harus Anda lakukan terhadap blog Anda. Dengan kata lain, Anda akan membuat konten dan juga Artikel sesuai dengan tujuan Anda membuat blog. So langkah yang paling baik adalah jangan pernah melakukan copy paste terhadap konten yang Anda buat didalam blog Anda. Selain merugikan pihak lain, langkah yang Anda lakukan ini hanya akan membuat Anda mati ide dan kreatifitas Anda sendiri. Buatlah Artikel dengan gaya dan bahasa serta kemampuan Anda menyampaikan sendiri saja. Itu sudah sangat luar biasa.

Jika memang Anda melakukan Copy paste, buatkan link sumber Aslinya, tetapi tetap gunakan keyboard Anda untuk menulis ulang dengan gaya dan bahasa Anda sendiri, dan jangan gunakan mouse Anda untuk klik kanan dan melakukan copy paste terhadap konten dan artikel orang lain. Mungkin visitor akan banyak yang datang pada blog Anda, tapi apakah Anda bangga dengan konten Anda hasil copy paste tersebut? Anda akan lebih bangga ketika konten didalam blog Anda disukai oleh para visitor blog Anda dan itu adalah hasil karya Anda sendiri. Maka jadilah blogger yang baik dan juga anti copas. 

Ini adalah Pengertian dan Fungsi DMCA yang bisa saya share. Semoga bermanfaat untuk semua yang membaca artikel ini. Jika ada kesalahan dalam saya menyampaikan. Silahkan tuliskan di kotak komentar dibawah ini, atau Anda bisa mengirimkan email kepada saya melalui menu Contact yang telah saya sediakan. Terima kasih. Nice Share dan salam blogger indonesia.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian DMCA

Advertisement
Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

> Komentar yang Anda kirim sepenuhnya dimoderisasi oleh Admin.
> Komentar yang mengandung Link aktif (spam) akan kami hapus
> Tidak Perlu Menulis Nama Blog Anda Disini, Saya Pasti Kunjungi Blog Anda
.

Advertiser