-->

Fungsi Lengkap Sitemap

Advertisement

Sitemaps dan Webmaster tools. Secara harfiah Sitemaps adalah merupakan "peta" atau daftar halaman - halaman dari web kita. Dan dengan "peta" tadi kita akan lebih memudahkan mesin pencari untuk mengindeks halaman - halaman dalam website atau blog kita, karena ada kemungkinan beberapa halaman website kita tidak ditemukan oleh proses crawling oleh mesin pencari. 


Fungsi Lengkap Sitemap

Saat ini Sitemaps mempunyai fungsi yang lebih luas terkait hubungannya dengan webmaster tools, karena Sitemaps akan menyediakan metadata tentang tipe konten spesifik yang ada di website kita seperti, video, images, mobile dan news. Nah dengan tambahan feature terakhirnya ini Sitemaps akan membuat konten website kita lebih terstruktur di mata mesin pencari. Sebagai contoh, image Sitemaps akan menyediakan tambahan informasi ke mesin pencari tentang jenis gambar, tipe gambar dan lisensi. Kita juga bisa menggunakan Sitemaps untuk menambahkan "tambahan informasi" tentang website kita seperti kapan terakhir kita mengupdate konten, dan lain lain.

Nah, apa perlu kita membuat setiap jenis sitemaps secara terpisah (video, images, mobile dan news)? Kalau tujuannya optimasi di salah satu kategori, misalnya kita memiliki website yang berisi video tutorial atau wallpaper mungkin membuat Sitemaps terpisah akan banyak membantu. Tapi sejauh ini yang direkomendasikan oleh Google untuk dibuat terpisah baru Sitemaps untuk news saja. 

Lalu, bagaimana Sitemaps bisa membantu kita ?
  • Jika website kita memiliki jenis konten yang sangat dinamis, seperti portal berita atau forum dan sejenisnya setiap penambahan konten akan di "deliver" ke mesin pencari oleh Sitempas melalui webmaster tools.
  • Website kita termasuk web yang susah ditemukan oleh Googlebot dalam proses crawling, contohnya website yang memiliki mayoritas halaman yang dibuat dengan AJAX atau berisi banyak image (ingat mesin pencari ga bisa membaca gambar tapi bisa membaca caption dan deskripsi yang menyertainya).
  • Website kita adalah website baru yang sedikit sekali atau bahkan tidak ada link yang mengarah pada website kita, karena seperti kita tahu Googlebot melakukan proses crawls terhadap suatu website dengan mengikuti link dari satu halaman ke halaman lainnya. Nah dengan Sitemaps kita langsung mentautkan url website kita ke mesin pencari via webmaster tools. Dengan pengetahuan ini maka kenapa begitu Bersosial dideklarasikan oleh mas Dan sebagai Dofollow sebagian kita (termasuk saya) menjadi tertarik untuk menaruh link di signature kita bukan ? heheheheee, gapapa kan mas 
  • Sitemaps juga berguna untuk website yang terdiri arsip konten yang besar yang "mungkin" kita tidak sempat melakukan internal link dengan baik.

Sitemaps tidak hanya melulu terkait dengan Google webmaster tools ya, tapi juga ke mesin pencari yang lain seperti Bing webmaster tools. Penggunaan Bing webmaster tools akan lebih bermanfaat untuk website-website yang memiliki target readers/users di US/Amerika, karena pengguna Bing di US naik 30% :)

Terakhir mesin pencari tidak akan memberikan garansi bahwa jika kita memiliki Sitemaps maka akan 100% terindeks, tapi data yang disediakan oleh Sitemaps akan mempermudah mesin pencari untuk mempelajari struktur website kita yang akan berpengaruh terhadap jadwal crawls mesin pencari. Jadi kembali struktur website yang bagus dan konten yang berkualitas tetap akan memegang peranan yang vital dalam proses pengindekan. Nice Share from zallegiance. 

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Fungsi Lengkap Sitemap

Advertisement
Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

> Komentar yang Anda kirim sepenuhnya dimoderisasi oleh Admin.
> Komentar yang mengandung Link aktif (spam) akan kami hapus
> Tidak Perlu Menulis Nama Blog Anda Disini, Saya Pasti Kunjungi Blog Anda
.

Advertiser