-->

Jenis Makanan Dan Minuman Yang Bikin Kuning Gigi

Advertisement

Daftar Makanan dan Minuman Yang Dapat Merusak Warna Gigi. Gigi kita itu ibarat sebuah T-shirt yang berwarna putih, jika ternodai dengan warna pekat atau gelap, tentu akan susah sekali untuk mengembalikan warnanya agar tetap putih. Begitu juga dengan gigi, itu sebabnya dokter menyarankan untuk mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang bersoda dan asam, karena dapat merusak kesehatan gigi dan menyebabkan gigi menjadi kuning atau kusam.

Ada banyak jenis makanan dan minuman yang dapat merusak enamel gigi kita, sehingga merubah warna gigi kita menjadi kusam atau menguning. Enamel adalah lapisan luar gigi yang melindungi kerusakan gigi anda. Berikut ini Jenis Makana Dan Minuman Yang Dapat Menyebabkan Rusaknya Warna Gigi Anda atau Kuning Versi Zallegiance

Jenis Makanan Dan Minuman Yang Bikin Kuning Gigi

1. Anggur Merah Dan Anggur Putih (Minuman)
Siapa yang tidak menyukai anggur? Buah anggur tentunya sangat menggoda, warna dan rasanya sangat lezat dan manis. Tapi tentu tidak dengan minuman anggur, saya tidak menyukai minuman ini. Mungkin ada sebagian dari anda yang menyukai jenis minuman ini. Salah satu jenis minuman yang dapat menyebabkan gigi berubah menjadi kuning adalah anggur merah dan anggur putih. Karena menurut penelitian, jenis minuman ini banyak mengandung zat tanin, Senyawa atau zat tanin inilah yang dapat menyebabkan karang gigi dan gigi menjadi kuning bila dikonsumsi secara berlebihan. 

2. Kopi
Seperti yang kita ketahui bahwa indonesia adalah negara penghasil kopi terbanyak dan terbesar didunia. Dan saya yakin anda juga penggemar kopi. Dan ada sebagian orang yang mengkonsumsi kopi 3 kali bahkan lebih dalam satu hari. Apakah anda termasuk bagian dari orang orang penggemar kopi? Jenis minuman yang kedua yang dapat merubah warna gigi anda menjadi kuning dan kusam adalah kopi. Sebaiknya anda mengurangi porsi konsumsi kopi anda dalam perhari, karena banyak minuman kopi yang anda konsumsi akan mengakibatkan warna gigi anda menjadi kusam dan kuning, kopi juga mengandung zat tanin dan juga mengandung enamel. Sehingga permukaan gigi akan tampak berwarna kehitaman dan coklat.

3. Teh
Nah...Jenis minuman yang satu ini juga banyak dikonsumsi di indonesia, karena indonesia juga negara penghasil teh. Kalau anda main ke daerah pegunungan, banyak sekali jenis tanaman teh disana. Teh ini juga bisa menyebabkan warna gigi menjadi kuning atau kusam, karena teh juga mengandung tanin, sama halnya dengan kopi tadi. 

4. Balsamic Vinegar (Cuka)
Jenis cuka ini berwarna merah gelap, cuka ini juga bisa menyebabkan warna kekuning kuningan pada gigi anda. Jenis cuka ini biasa digunakan pada salad. 

5. Curry atau Kari 
Curry adalah makanan khas sajian dan popular yang berasal dari Asia Selatan (India, Pakistan, Bangladesh dan juga Srilanka). Kari sebenarnya adalah makanan yang diolah dengan berbagai campuran rempah rempah sehingga memberikan cita rasa yang sangat khas dan sangat tajam. Warna dari curry atau kari ini adalah warna kuning, dan warna kari ini akan meninggalkan bekas. 

6. Saus Tomat
Siapa yang tidak suka saus tomat? Apalagi saus pasta? Jenis makanan ini juga bisa menyebabkan gigi menjadi kusam dan kuning, karena memang faktanya saus tomat memiliki rasa asam. Maka ada baiknya kurangi diri anda dari mengkonsumsi saus tomat. 

7. Buah Berries
Buah Berries adalah jenis buah yang mengandung banyak serat, yang mampu menjaga kesehatan saluran cerna tubuh anda. menjaga kadar gula agar tetap rendah, kadar lemak dalam darah, memberi rasa kenyang dan juga mengandung prebiotik. Namun siapa sangka jika buah ini juga bisa menyebabkan warna gigi anda menjadi kusam atau menguning. Itu semua disebabkan karena warna buah cerries yang sangat pekat, dan cenderung menempel pada enamel gigi anda.

8. Cola atau Minuman Bersoda
Setiap kita berkunjug ke sebuah restoran, tentu banyak jenis minuman bersoda. Dan hampir jenis minuman bersoda ini yang diperdagangkan di warung dan toko toko. Karena minuman ini sangat cocok ketika diminum pada saat sedang panas, terlelbih jika diminum dengan es atau dingin. Saya yakin anda akan tertarik untuk meminumnya. Warna dari jenis minuman bersoda atau cola sangatlah pekat, merah atau coklat. Terlebih jika anda mengkonsumsinya dalam keadaan dingin. Gigi cenderung akan berkontraksi dan akan menyerapnya, sehingga akan meninggalkan bekas pada enamel gigi anda, sama halnya ketika anda mengkonsumsi kopi dan teh pada saat panas.

9. Kecap
Sebaiknya anda mengurangi konsumsi kecap, jika anda ingin menjaga warna gigi anda tetap putih berkilau. Karena kebanyakan kecap yang diperjual belikan di pasaran, atau biasa ditempat makan anda tidak difermentasikan dengan benar atau baik, atau yang dengan kualitas murah. Karena kebanyak kecap murahan banyak mengandung zat asam klorida. Maka periksa kembali kecap yang anda konsumsi. Pilihlah jenis kecap yang baik dengan kualitas yang baik pula, jika adan menyayangi gigi anda.

10. Buah Beet atau Umbi Merah
Buah beet adalah buah yang banyak mengandung vitamin dan mineral, namun faktanya buah ini juga bisa menyebabkan warna gigi anda menjadi kusam atau menguning. Ini semua disebabkan karena warna buah beet tersebut yang menodai gigi anda. Berkumur dengan air dan menggosok gigi bisa membantu mengembalikan warna gigi anda. 

Demikian 10 Jenis makanan dan minuman yang dapat menyebabkan rusaknya warna gigi, menjadi kuning atau kusam versi zallegiance. Pada dasarnya semua jenis makanan dan minuman itu baik bagi tubuh dan kesehatan kita, jika bisa dan mengkonsumsinya dengan benar dan tidak berlebihan. Sikat gigi sesudah makan dan menjelang tidur sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi kita. 

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jenis Makanan Dan Minuman Yang Bikin Kuning Gigi

Advertisement
Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

> Komentar yang Anda kirim sepenuhnya dimoderisasi oleh Admin.
> Komentar yang mengandung Link aktif (spam) akan kami hapus
> Tidak Perlu Menulis Nama Blog Anda Disini, Saya Pasti Kunjungi Blog Anda
.

Advertiser