-->

Efek Dan Akibat Bagi Blog Jika Sering Ganti Template

Advertisement

Kita para blogger sudah tidak heran dengan yang namanya ganti template, terlebih jika mereka yang masih tergolong newbie atau pemula sekali. Kebanyakan dari mereka masih lebih mementingkan tampilan blog saja, daripada kualitas konten artikel yang di publikasikan. Banyak fakor yang membuat para blogger memilih ganti template dengan yang baru, diantaranya Template blog yang tidak responsive, tampilan blog kurang menarik, atau template tidak sesuai dengan niche blog dan masih banyak lagi faktor lainnya yang tidak menutup kemungkinan membuat para blogger harus menggantinya.

Efek Dan Akibat Bagi Blog Jika Sering Ganti TemplateAnda sering ganti ganti template blog?
Pernahkah sahabat berfikir tentang dampak buruknya bagi blog?
Temukan jawabannya dibawah ini.

ZBC sendiri sering ganti template blog, bahkan hampir lebih dari 15 kali melakukan perubahan tampilan blog lebih tepatnya mengganti template. Dari mulai template bawaan sampai template blog premium sudah pernah saya gunakan di blog ini. Alasan pertama karena saya bosan, ini faktor yang sering mempengaruhi saya.

Sobat dan blogger lain juga pasti memiliki jawaban sendiri ketika ditanya kenapa harus mengganti templatenya, dan tidak menutup kemungkinan sebagian faktornya seperti yang telah sedikit saya singgung diatas. Tapi bagaimana kalau bosan. Apakah sobat pernah melakukan atau mengalami hal ini? 

Bagi seorang blogger newbie, memang sangat rentan dengan mencari (browsing) dengan frase template blog seo dan responsive free, atau yang gratisan. Hayo, siapa yang sering searching kata kata ini, tunjuk gigi ya...@# 

Sobat tidak perlu malu dan menutupi hal ini, saya kira bukan hanya sobat dan saya sendiri yang melakukan hal ini. Tapi banyak diantara para blogger lain yang juga melakukan hal-hal ini. 

Kenapa Ganti Template Blog? 
Ini tentunya menjadi sebuah pertanyaan yang sangat unik menurut saya. Karena pertanyaan ini akan menyumbangkan banyak jawaban yang berbeda, tergantung bagaimana tujuan seorang blogger mengganti template blognya. Saya sendiri memiliki banyak jawaban yang akan saya katakan, ketika saya mendapatkan pertanyaan tersebut. 

Ada ribuan dan berbagai jenis template di dunia internet yang dapat kita unduh, dari yang mulai free dan premium bahkan dengan harga sangat berfvarian yang bisa dijangkau oleh para blogger. Dan inilah terkadang yang akan membuat kita menjadi bingung, dan timbul rasa ingin mengganti tampilan blog kita dengan template yang baru. 

Menurut pelajaran yang saya dapat dari belajar blogging atau terjun ke dunia blogger. Sebenarnya pertanyaan diatas tidaklah penting. Tapi jika sobat mempertanyakannya, maka sobat bisa mendapatkan jawabannya dibawah ini yang telah saya tuliskan secara terperinci. 

Harus Dan Wajibkah Mengganti Template Blog? 
Seiring berkembangnya jaman dan semakin mudahnya akses internet. Dunia blogging semakin membanjir dan menjamur, karena banyak blogger baru atau newbie yang mulai membuat sebuah web atau blog sendiri. 

Baik hanya sekedar menulis, iseng ada juga yang demi kepentingan sebuah materi atau mencari sebuah penghasilan. Mengganti template bukanlah hal yang aneh lagi, karena hampir setiap blogger pasti pernah melakukan hal ini. Namun jika ganti ganti template secara berlebihan, ini kebiasaan yang harus difikirkan dan bisa jadi harus segera dihentikan. Karena sobat telah melakukan beberapa kesalahan yang mungkin akan berakibat buruk terhadap blog sobat sendiri. 

Wajib Ganti Template 
Mengganti template menjadi sebuah keharusan bagi seorang blogger, apabila template yang digunakan oleh sobat blogger : 
  • Template Banyak Menyumbangkan Error, Terlebih Struktural Data Webmaster 
  • Template Tidak Valid 
  • Template Blog tidak SEO
  • Template Blog Tidak Responsive
  • Template Blog Tidak Mobile Friendly 
  • Template Blog Tidak Fast Loading 
Jika template yang digunakan blog sobat memiliki kriteria yang telah saya sebutkan diatas, maka mengganti template blog menjadi wajib menurut saya. Jika sobat ingin terus dapat bersaing didunia blogging. Tapi jika blog sobat masih baik dan tidak bermasalah, maka saya rekomendasikan tidak perlu sering-sering ganti template blog. 

Mengganti template bukan hanya sekedar mengganti tampilan wajah blog. Tapi sobat akan mencopot dan memasang kembali beberapa kode-kode sifatnya penting yang telah tertanam didalam HTML blog. Dan tentunya ini harus dipersiapkan terlebih dahulu. Memasang widget blog dan merapihkan kembali tampilan blog agar sesuai dengan template yang baru dipasang, tentunya ini akan memakan waktu yang tidak sedikit. Jika tidak makan tampilan akan semakin berantakan.

Sehingga pemilihan template blog yang tepat pada awal membuat blog akan sangat membantu anda untuk tetap bisa konsisten mengurus hal-hal lain yang lebih penting. Maka putuskan dari awal, template blog seperti apa yang akan anda gunakan.

Efek Dan Pengaruh Ganti Template 
Pada awalnya saya tidak menyadari apa yang telah terjadi pada blog saya, alasan pertama dikarenakan minimnya pengetahuan saya didunia blogging. Ya, saya blogger newbie, yang hanya bisa menulis dan sedikit pengetahuan tentang dunia blogging dan manfaat tentang CODING, CSS, JS, HTML dan lainnya. 

Pada awalnya saya terjun ke dunia blogging, hanya sekedar ingin menulis dan berbagi tentang apa yang saya ketahui agar bisa dibaca dan bermanfaat untuk orang lain. Namun faktanya, tidak semua artikel yang saya publikasikan mendapat respon yang baik oleh pembaca. Bahkan ada yang sama sekali tidak dibaca oleh visitor blog saya. 

Ini bukan masalah tentang template, tapi disebabkan oleh waktu yang terbuang sia-sia karena terlalu banyak waktu yang saya gunakan untuk memilah dan melilih template blog yang ingin saya gunakan. Hingga akhirnya saya tidak sempat membuat artikel atau konten yang bisa saya publikasikan. 

1. Traffic Blog Turun 
Pernahkah sobat bandingkan dalam satu hari ada berapa pengunjung yang datang ke dalam blog sobat? Atau membandingkan hari ini mendapatkan pageview berapa? Meningkat atau malah turun? Dibawah ini SS dari Blog ZBC akibat dari sering ganti-ganti template dan sering ngotak-ngatik beberapa widget dan bongkar pasang kode HTML. 

Efek Dan Akibat Bagi Blog Jika Sering Ganti Template

Jika sobat ingin sukses dengan kegiatan blogging, maka sobat harus memperhatikan hal ini dengan teliti dan cermat. Faktanya, sukses blogging sobat ditentukan oleh hal diatas. Bukan karena template atau tampilan blog yang yang kurang profesional (menurut sobat sendiri). 

Jika sahabat searching di internet, efek dari ganti ganti template, maka jawaban yang paling banyak ditemukan adalah traffic blog yang turun, ada yang secara drastis bahkan ada yang tidak mendapatkan kunjungan sama sekali. Bagaimana, serem bukan? 

Kenapa hal ini terjadi? Silahkan baca pelan-pelan, nanti sobat akan mendapatkan jawabannya sendiri dibawah ini. 

2. Blog Terlihat Tidak Profesional Dan Tidak Memiliki Ciri Tersendiri 
Masalah profesional atau bukan, itu tidak terletak tentang bagaimana sobat mengganti template blog, tapi menurut saya adalah tentang bagaimana sobat membuat tampilan blog yang sederhana namun mudah untuk digunakan dan tentunya fungsinya untuk memudahkan pengunjung blog. 

Fungsi sebuah widget bukan hanya menjadi sebuah pajangan penghias sebuah blog saja. Jika anda hanya memilih mempercantik tampilan blog, sedangkan kualitas konten artikel anda kesampingkan, bagaimana ada pengunjung yang akan datang? Pengunjung datang bukan karena tampilan blog sobat yang cantik atau indah dipandang mata, tapi karena kualitas konten yang sangat baik, mudah dipahami dan dipelajari oleh pengunjung blog. 

Dan begitu juga tentang sebuah menu navigasi, tombol share media sosial, related post, back to top, dan beberapa widget lainnya bukan hanya sebagai penghias untuk mempercantik blog, namun lebih tepatnya untuk membantu para pengunjung blog semakin mudah mengakses artikel blog kita dan membantu membagikannya kepada orang lain, dan tidak terlepas dari fungsi-fungsi yang lainnya. 

Blog yang sering ganti template itu tidak professional, bahkan bisa saya katakan mereka tidak memiliki ciri khas dan juga pendirian. Dan tentunya pendapat ini juga banyak dikatakan oleh para blogger lain. Dan inilah yang menjadi sebuah penyesalan tersendiri bagi saya, karena saya selama ini melakukan hal ini. Jangan sobat ikuti jejak saya ini ya… 

Jika sobat sering mengganti-ganti template blog, maka pengunjung akan menganggap anda tidak memiliki ciri khas dan dianggap tidak profesional, karena tidak memiliki pendirian. Dan  tidak hanya itu, mereka datang kembali karena mereka berharap akan mendapatkan informasi dan ilmu baru. Tapi setelah mereka datang, ternyata mereka tidak menemukan apa. Inilah penyebab utama blog anda menjadi sepi pengunjung.

3. Waktu Terbuang Sia-Sia 
Beberapa template blog sudah dibekali dengan beberapa fungsi yang berbeda-beda oleh para designernya. Beda template, maka berbeda pula fitur yang akan dibawanya. Dan ini semua tentunya sudah diperhitungkan oleh para pembuat template. 

Bukan hanya sekedar tampilan yang diutamakan oleh mereka para designer template blogger, tapi saya kira mereka sudah memperhitungkan bagaimana fungsi template tersebut ketika digunakan oleh para blogger. 

Rasa bosan dan iri dengan tampilan blog lain, harus kita singkirkan terlebih dahulu. Para blogger newbie, dan tidak terlepas blogger lainnya juga pasti memiliki perasaan ini. 

Pada era sekarang ini, hampir semua Template Blog yang ada sudah menggunakan Meta Tag SEO, di buat lebih Responsive, menggunakan Open Graph Sosmed, memiliki fitur Fast Loading dan beberapa fitur lainnya yang banyak dicari pengguna template blogger. Kenapa? Karena pada era modern sekarang ini, dunia internet sudah hampir 50% diakses oleh smartphone atau ponsel cerdas dan ada hampir jutaan user baru yang mulai membuat blog atau situs web. Sehingga mau tidak mau para pengembang atau designer template harus bisa menyesuaikan template yang mereka untuk menyesuaikan perkembangan ini dan memenuhi permintaan para blogger dan pemilik website yang ada didunia internet. 

Jika anda terlalu lama melakukan pencarian tentang template blog yang SEO, Responsive dan lain-lainnya atau terlalu sibuk memikirkan tampilan blog anda dan hanya sibuk ganti-ganti template blog, maka kapan waktu anda membuat sebuah postingan artikel yang bisa dibaca oleh pengunjung anda? 

Pengalaman saya, waktu untuk melakukan edit template blog (otal-atik blog), dan mempercantik tampilan blog itu lebih lama daripada membuat satu buah artikel atau konten. Jika sobat tidak percaya, silahkan sobat test sendiri dan pelajari hal ini. Ya, mungkin karena saya tidak memiliki ilmu tentang dunia coding web atau blog. Jika sobat sama dengan saya, maka sudah saya pastikan sobat juga memiliki pendapat yang sama. Setuju aja ya, biyar saya seneng...#@# 

Rumus blogging : 

Waktu = Uang 
Membuang waktu = Membuang uang 

Ini adalah rumus permainan adsense dan earning yang bagus menurut saya, jika sobat ingin mendapatkan pendapatan yang baik atau ingin cepat sukses ngeblog atau ingin menjadi blogger yang sukses. Maka sobat harus bisa mengatur waktu yang baik, dan memanfaatkan waktu yang ada untuk menulis/membuat, belajar dan memperbaiki konten blog sobat. Bukan membuang waktu untuk gonti-ganti template dan hanya mengedit tampilan blog sobat. 

Sukses dari blogging atau menjadi blogger sukses adalah semua tentang waktu, seiring dengan berjalannya waktu dan kesabaran serta keuletan anda membuat sebuah konten yang berkualitas. Maka waktu ini yang akan membuktikan bahwa sobat bisa menjadi blogger yang sukses atau sukses dengan kegiatan bloggingnya. 

Bukan hanya sekedar membuang-buang waktu yang ada, tapi sobat juga akan mengalami beberapa efek dan perubahan pada blog sobat. Silahkan sobat baca lagi dibawah ini. 

Kenapa Traffic Blog Turun? 

Visitor bisa datang ke blog sobat karena mereka mencari sumber informasi yang akurat, menarik, unik dan dapat dipercaya untuk membantu kebutuhan mereka.

Pada awalnya pengunjung hanya datang karena mereka mencari sebuah informasi, cara, petunjuk untuk dijadikan acuan mereka dalam melakukan berbagai hal kebutuhan mereka. Hingga kemudian ada sebagian visitor blog atau web yang jatuh cinta atau menyukai artikel-artikel blog anda. 

Kenapa ini terjadi? Karena mereka berasumsi bahwa artikel anda sangatlah unik, menarik dan dapat mereka terapkan atau membantu mereka memecahkan beberapa kasus. Hingga mereka akan menjadi pembaca setia blog anda. 

Pembaca blog yang setia inilah yang akan selalu berkunjung dalam satu jam, satu hari, satu minggu, atau satu bulan. Dan bahkan mereka akan selalu menantikan konten artikel baru yang akan anda publikasikan. 

Jika waktu yang seharusnya anda gunakan untuk membuat sebuah konten artikel yang bisa lebih baik, lebih unik, lebih fresh ternyata malah anda gunakan hanya untuk otak-atik template, mencari template, otak-atik widget, sibuk memasang dan mempercantik tampilan blog melalui template. Maka bisa dikatakan waktu akan terbuang sia-sia, waktu yang seharusnya bisa menarik banyak pengunjung datang ke blog sobat, akhirnya kandas begitu saja. 

Dan tidak menutup kemungkinan pembaca setia blog sobat pun akan kecewa dan pergi meninggalkan blog sobat, karena setiap kali mereka berkunjung, mereka tidak menemukan apa-apa. Hanya perubahan tampilan blog sobat saja yang dapat mereka temukan. 

Dengan kejadian ini, bisa dipastikan maka blog sobat akan mendapatkan penurunan traffic secara signifikan. Jika hal ini terjadi, sudah dapat dipastikan bahwa jika anda seorang blogger yang bermain adsense, affiliate marketer dan periklanan lainnya, maka hal ini akan sangat mempengaruhi nilai pendapatan blog sobat. 

4. Merusak Kualitas SEO Dan SERP Blog 
Pada intinya semua kode-kode penting blog yang berfungsi untuk meningkatkan hasil search engine ada didalam template HTML blog kita. Jika kita sering mengganti-genti template, maka sudah dapat dipastikan ada sebagian kode-kode yang terkadang lupa kita tanamkan kembali di template blog yang baru. 

Seperti yang telah saya sebutkan diatas, beda-beda blog maka beda pula susunan tag HTML nya. Karena ini mencirikan bagaimana designer template blog tersebut membuatnya. 

Yang perlu sobat ketahui adalah, setiap kali sobat mengganti template blog, maka butuh sekitar satu minggu googlebot meng crawl kembali terhadap keberadaan konten dan blog sobat. Dan tentunya ini akan menjadikan blog sobat menjadi turun didalam hasil penelusuran search engine. 

Dan akibatnya, traffic blog akan turun baik secara signifikan dan lebih parahnya akan anjlok karena tidak ada yang berkunjung ke blog kita. Serem kan? Saya aja gigit jari sobat blogger....#@ 

5. Blog Berantakan 
Bukan hanya menata ulang kembali tampilan blog, agar sesuai dengan template yang baru digunakan didalam blog. Hal ini akan memakan waktu yang tidak sedikit, jika sobat tidak memiliki cara yang efisien untuk mengganti template blog. 

Blog dan beberapa kode di HTML nya akan sedikit berantakan, karena kita mencopot dan memasang kembali beberapa meta tag konten, open graph sosmed, widget, java script, kode css, dan beberapa kode penting yang harus kita letakkan dengan benar untuk dapat berfungsi dengan baik pada template yang baru. 

Dan ini juga bisa mempengaruhi beberapa hal didalam blog kita, seperti menurunkan SEO dan SERP blog, menurunkan traffic blog, menurunkan penghasilan blog dari adsense, pengunjung setia blog akan pergi meninggalkan blog anda, beberapa CSS dan JS tidak dapat berfungsi dengan baik kembali. 

Nah demikian efek dan akibat jika sering ganti ganti template blog. Ini adalah sebuah pengalaman dan pelajaran bagi saya, dan semoga pelajaran ini bisa dipetih hikmahnya dan bisa kita jadikan pelajaran bersama. Semoga bermanfaat. 

Saran dari saya : 
Jika blog anda sudah terindex, memiliki banyak pengunjung. Maka jangan terlalu sering mengganti template blog, cukuplah untuk merubah atau memodifikasi bagian tertentu saja yang ingin dirubah, jangan terlalu sering mencari template baru lalu merubah blog kita secara keseluruhan. Cari Template Blog yang sederhana dan simple saja. 

Nah demikian Akibat Sering Ganti Template Blog dari hasil pengalaman sayaJangan lupa setelah membaca, berikan kritik dan sarannya di dalam kotak komentar ya sahabat, biasakan blogwalking dengan baik. Wassalamu’alaikum dan terima kasih.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Efek Dan Akibat Bagi Blog Jika Sering Ganti Template

Advertisement
Advertisement

32 komentar:

  1. Replies
    1. Siap gan....pasti saya berkunjung ke blog agan....

      Delete
  2. Replies
    1. Silahkan gan, saya pasti berkunjung ke blog agan...terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini.

      Delete
  3. solusi kalo udah terlanjut ganti template gmana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusinya biarkan blog dengan template yang baru, dan update dengan artikel terbaru.

      Delete
  4. Pertama, mengganti template blogger itu tidak berbahaya apabila meta tag nya lebih SEO dari sebelumnya.

    Kedua, tampilan template blogger itu harus diperhitungkan. Sebuah blog harus memiliki fitur mobile friendly dan responsive. Jika tidak, akan terdepak di search engine.

    Ketiga, agar efek2 di atas tidak ada, maka dari itu selamatkan terlebih dahulu kode-kode yang berkaitan dengan verifikasi search engine.

    Ke empat, mengubah template blog itu tidak mempengaruhi visitor kok kalau kode-kode verifikasi di selematkan terlebih dahulu dan memasangkannya kembali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener gan, namun terkadang bagi masih baru belajar mereka langsung mengganti template dan kemudian baru mengeditnya sehingga justru membuat blog terlihat berantakan. Terima kasih sudah menyempurnakan tulisan saya gan.

      Delete
  5. lumayan buat masukan, semangat terus gang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah,,,,terima kasih motivasinya gan.

      Delete
  6. mantap gan penjelasanya. panjang kali lebar kali tinggi. sungguh mencerahkan. saya termasuk suka ganti template gan. kapok sekarang. gada visitor gara2 ganti template gan...kunbal ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat pengalaman kita semua saja Mas Zaen Ach, tidak perlu pilah-pilih template, yang penting templatenya fast laoding, responsive mobile itu saja sudah cukup kok. Siap saya langsung meluncur gan...

      Delete
  7. Baru berencana ganti template dari blogspot nya aja, trus kalau 3 hari gak sreg lalu kembali lagi ke template awal, berarti dari NOL lagi juga gitu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya begitulah Sis, namun alangkah baiknya sebelum ganti template di backup dulu template yang ala, sehingga ketika kita tidak suka dengan perubahan template yg baru, kita bisa menggunakan backup tersebut untuk mengembalikan tampilannya seperti semula.

      Selain itu, saran saya. Copy semua code-code penting yang ada didalam HTML Template, untuk memudahkannya Sista bisa menggunakan Notepad.

      Delete
  8. Waduh ngeri juga ya gan,,tpi info ini sngat bermafaat buat ane yg msih newbi gan.thaks ya gan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut senang rasanya jika tulisan saya bisa bermanfaat untuk orang lain. Semoga sukses selalu blognya bog....

      Delete
  9. Keren Nih gan Postingan Lengkap Dan Penjelasan Pantes Aja Blog agan ada di urutan pertama google (y) Di tunggu kunbalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kang Adji, terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog sederhana ini. Saya pasti berkunjung ke blog agan, salam sukses selalu...

      Delete
  10. Blog saya banyak ganti template, akhirnya trafik turun drastis..
    bukan hanya itu, kata kunci satu demi satu menghilang dari page one.. Uhh butuh lagi waktu untuk optimasi :D
    btw, terimakasih artikelnya, nendang banget bang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama bang Fajar Yuga.....salam sukses selalu.

      Delete
  11. Sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya. O ya gan, saya memasang plugin visitor yang belum support untuk template saya, apakah beresiko terhadap blog? Dan menurut agan, tampilan blog saya dengan template gratisan ini apakah cukup baik? Tks sebelumnya gan, dan mohon pencerahan.

    ReplyDelete
  12. keren bro ulasanya sangat bermanfaat cuman sayang kepanjangan ceritanya. coba aja di bikian dua ulasan mungkin akan lebih pensaran lagi. ok salam sadarexy ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih bro.....masukannya bisa jadi inspirasi kedepan untuk saya...salam sukses selalu untuk blognya.

      Delete
  13. Ane mau ganti template juga soalny ngga responsive. Kalo boleh tau, nama template blognya agan ini apa? Templatenya bagus gan, ane mau ijin comot buat blog ane.

    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini template desain pribadi gan...namun ada beberapa kode yang saya sadur dari berbagi template desain para master...sepintas, template ini juga banyak yang mirip di internet....

      Delete
    2. ooh begitu gan...

      Gan, di pos agan ane lihat poin ini:

      - Template Blog tidak SEO

      Template Blog tidak SEO itu maksudnya seperti apa ya? Webane www.sahamgain.com . ane nggak tau itu SEo apa nggak. Ane juga belum paham template tdk SEO itu yang kayak gmn..

      Ane sih merasa nyaman sama template skrg.. hehehe

      Delete

> Komentar yang Anda kirim sepenuhnya dimoderisasi oleh Admin.
> Komentar yang mengandung Link aktif (spam) akan kami hapus
> Tidak Perlu Menulis Nama Blog Anda Disini, Saya Pasti Kunjungi Blog Anda
.

Advertiser