-->

Etika Dan Cara Berkomentar Yang Baik Untuk Kita Para Blogger

Advertisement

Memberikan komentar adalah hal yang biasa kita temui di sebuah blog atau situs website, dimana komentar ini adalah sebuah apresiasi yang di berikan oleh pengunjung atau pembaca untuk si empunya blog atau situs web.

Etika Dan Cara Berkomentar Yang Baik Untuk Kita Para Blogger

Isi dari komentar ini banyak macamnya, ada yang mengucapkan rasa terima kasih yang mendalam karena ia mendapatkan ilmu dan pelajaran baru melalui artikel yang ia baca. Ada juga yang memuji si pemilik blog karena artikelnya memang benar-benar menarik dan isinya juga dapat dipahami dan dipelajari oleh para pembaca. 

Dan ada juga yang berkomentar dengan memberikan sebuah pertanyaan yang berkaitan dengan artikel tersebut dan ada juga yang minta dibuatkan sebuah tutorial tentang sebuah ide yang pengunjung inginkan dari si pemilik blog.

Dari kriteria komentar diatas tersebut adalah ciri-ciri berkomentar yang wajar dan lazim kita temui ketika kita sedang blogwalking pada sebuah blog-blog yang ramai pengunjungnya.

Namun banyak juga saya temui baik didalam blog saya sendiri dan juga ketika saya blogwalking di beberapa blog temen-temen blogger lainnya. Ada banyak sekali entah itu termasuk blogger newbie atau para blogger kawakan, yang berkomentar dengan meninggalkan sebuah link didalam komentarnya.

Sebenarnya, saya sendiri tidak pernah mendengar atau membaca peraturan tentang tata cara bagaimana berkomentar didalam sebuah blog atau situs web. Hanya saja peraturan dan tata cara ini di buat sendiri oleh para blogger untuk tidak memberikan komentar link hidup didalam sebuah blog. Karena dianggap sebagai spam bagi blog yang sedang dikelolanya.

Lalu, bagaimana sih cara berkomentar yang baik agar komentar kita tidak dianggap spam atau nyampah di blog lain? Nah pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips menarik tentang Etika Berkomentar Yang Baik Untuk Kita Para Pemilik Blog ketika sedang blogwalking atau tepatnya ketika sedang membaca artikel di blog orang lain. Yuk Simak sama-sama dibawah ini :

1. Gunakan Bahasa Yang Sopan
Sopan adalah sebuah etika yang telah lama diajarkan oleh nenek moyang kita hingga diajarkan dalam sebuah pelajaran sekolah. Artinya, tidak hanya dunia pendidikan saja yang mengajarkan kita untuk selalu berlaku sopan. Namun dunia pun selalu mengajarkan kita untuk selalu bersikap sopan kepada siapa saja yang kita temui, dimana saja dan kapan saja tentunya.

Begitu juga ketika kita sedang berkomentar, peganglah sebuah ajaran nenek moyang ini dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan juga ketika sedang berkomentar di blog orang lain.

Kenapa? Setiap orang memiliki perasaan yang berbeda-beda, anda, saya dan semua orang yang memiliki blog pun tidak ingin ada kata-kata kasar yang nyasar masuk kedalam komentarnya. Bisa jadi saya atau anda semua akan marah, ketika ada kata-kata kotor atau kasar yang di tuliskan didalam blognya.

Walaupun, isi artikel yang ditulis mungkin berisikan kontroversi dengan pemikiran anda sendiri. Karena setiap manusia memiliki daya dan kekuatan berfikir yang tidak sama. Maka tugas kita hanyalah menghargainya, bukan mencelanya. Jika kita menemukan sebuah pemahaman atau kesalahan didalam artikel yang kita baca, maka kita boleh mengingatkannya. Namun tetap harus menggunakan tata bahasa yang sopan dan tidak menyinggung satu sama lainnya.

2. Selalu Berkomentar
Saya pernah belajar dari sebuah blog profesional, dimana hasil belajar yang saya dapatkan adalah "Selalu Berkomentar".

Kenapa? Saya dan anda semua tentunya sering blogwalking untuk mencari ilmu dan belajar hal lain didunia blogging. Dan saya yakin anda sering melupakan satu hal yang selama ini entah sengaja atau memang anda lupakan. Apa itu? Yaitu selalu berkomentar, anda belajar dan membaca artikel tersebut, namun anda tidak mengucapkan rasa terima kasih anda atas ilmu yang anda dapatkan.

Komentar ini akan menjadi sebuah motivasi bagi para pemilik artikel blog, karena dengan adanya komentar yang baik dan sopan maka ia akan menjadi lebih semangat lagi. Karena artikelnya ada yang membaca dan berguna bagi orang lain. Tentu anda juga mengharapkan hal ini bukan? Anda ingin blog anda ramai dengan komentar orang yang berkunjung? Maka anda harus berkomentar terlebih dulu di blog orang lain juga.

Cara berkomentar itu sederhana koq, anda cukup ucapkan terima kasih, atau artikel ini menarik atau memuji sedikit saja untuk pemilik blog, saya yakin mereka akan berterima kasih kembali kepada anda semua. Dan tidak menutup kemungkinan mereka pun akan berkunjung kembali ke blog anda sendiri. Bagaimana? Mudah bukan?

3. Jangan Meninggalkan Link Hidup 
Sedikitnya telah saya kutip diatas. Tinggal adan menyimpulkan sendiri bagaimana menurut anda saja. Saya dan anda semua tentunya tidak ingin ada blogger lain, yang berkomentar hanya nyepam saja di blog kita.

Seolah-olah, blog kita adalah kotak sampah yang isinya hanya untuk mencari blacklink melalui komentarnya. Perlu kita pahami bahwa, mencari blacklink untuk blog sekarang ini bukan hanya melalui berkomentar, ada banyak cara yang lebih tepat untuk mencari blacklink seperti submit ke berbagai media sosial dan juga situs otoritas lainnya.

4. Jangan Out Of Topic ya
Apa itu Out Of Topic atau sering di singkat OOT? OOT ini adalah komentar atau sebuah pertanyaan yang gak nyambung atau keluar dari jalur pembahasan artikel blog. Nah, maka cara berkomentar yang baik adalah dengan memperhatikan 3 point diatas dan juga harus sesuai dengan pembahasan artikel yang sedang anda baca.

Biasaya, para blogger menyediakan ruang terpisah untuk mereka yang berkomentar namun komentarnya keluar dari tema yang sedang dibahas. Biasanya mereka membuat sebuah ruang ngobrol atau group chat untuk membahas beberapa pertanyaan yang diajukan oleh pengunjung blognya.

ZBC juga punya loh, nama ruang OOT ini ZBC beri nama Ruang Ngobrol Zallegiance walaupun sampai detik ini, ruang OOT ini masih sepi dan tidak ada yang berkunjung sama sekali. Namun tidak apa-apa, mungkin saja suatu saat ruang OOT ini akan berguna dan bermanfaat.

Jadi pesan saya, selain menggunakan bahasa yang sopan, dan tetep harus berkomentar ketika selesai membaca artikel blog orang lain dan jangan meninggalkan link hidup didalam komentar anda, maka anda pun tidak boleh berkomentar atau bertanya diluar jalur pembahasan.

Nah, untuk sementara itu saja yang bisa saya bagikan kepada sahabat semua. Semoga saja artikel ini bisa dipahami oleh kita semua para blogger untuk tetap menjaga etika yang benar dan baik ketika berkomentar atau sedang berkunjung ke blog lain. Jangan lupa tinggalkan komentar anda, untuk menambahkan apa saja yang kurang dalam etika berkomentar di blog menurut anda sendiri. Silahkan tambahkan di kotak komentar dibawah ini ya. Nice Share, salam blogger dan selamat blogging!

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Etika Dan Cara Berkomentar Yang Baik Untuk Kita Para Blogger

Advertisement
Advertisement

10 komentar:

  1. Bagus nih artikelnya mengenai soal etika dalam dunia maya. Seringnya orang lupa etika ketika menganggap dirinya anonymous sehingga merasa boleh berbuat sesuka hati, terlebih ketika merasa dirinya tidak perlu bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya di dalam dunia yang bebas namun maya ini

    ReplyDelete
  2. Wah ada ada master blogger kang @Muhammad Baiquni Terima kasih sudah berkunjung kang...insya Allah kalu ada waktu saya sempatkan blogwalking ke blog master...mohon saran dan kritiknya buat blog saya ini

    ReplyDelete
  3. maaf admin, saya masih pemula dan saya ingin tahu mengenai penjelasan untuk point yang ke 3 ( jangan meninggalkan link hidup ) itu maksudnya bagaimana ya??
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya, setiap berkomentar jangan meninggalkan link seperti contoh....(silahkan kunjungi blog saya zallegiance.com/link lain yang diarahkan ke blog Anda) karena dianggap spam oleh pemilik blog, dan biasanya komentar seperti ini akan dihapus atau tidk ditmpilkan...

      Delete
  4. terimakasih artikelnya..ada blogger yang menganggap jikalau komentarnya ucapan terimakasih,dianggap spam. kalau menurut anda bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi saya itu suatu apresiasi yang membuat saya merasa bangga, walau terkadang ucapan terima kasih itu tidk benar-benr tulus. Karena setidaknya tulisan sy dapat dibaca oleh orng lain. Jika dianggap spam, sobat bisa menambahkan beberapa kata lagi selain ucapan terima kasih, seperti ucapan pucian atau bertanya langsung kepada penulis, atau sobat bisa mengutarakan opini sobat tentang tulisan tersebut. Bagaimana?

      Delete
  5. makasih nh udh dapet inspirasi baru prihal cara berkomentar yang baik.karena suatu ucapan terimakasih pada web atau blog merupakan suatu hal yang memang sudah jarang d lontarkan oleh para pengunjung...thank u bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga ikut senang tulisan saya bisa memberikan inspirasi bagi orang lain. Terima kasih juga sudh berkenan untuk berkungjung di blog saya. salam sukses....

      Delete
  6. terima kasih atas iformasinya.. sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama bos....salam sukses selalu buat agan ya....sebelumnya, terima kasih atas kunjungannya....

      Delete

> Komentar yang Anda kirim sepenuhnya dimoderisasi oleh Admin.
> Komentar yang mengandung Link aktif (spam) akan kami hapus
> Tidak Perlu Menulis Nama Blog Anda Disini, Saya Pasti Kunjungi Blog Anda
.

Advertiser