-->

Mau Semangat Ngeblog? Ini Tips Biyar Kamu Semangat Lagi

Advertisement

Tips Agar Semangat Dan Sukses Nge-Blog. Ada kala dimana kita para blogger, mengalami masa galau, dilema, dan tidak semangat ngeblog atau kurang gairah lagi dalam aktifitas bloging. Hingga akhirnya kita jarang update, dan malas menulis konten atau artikel didalam blog kesayangan kita. Kali ini ZBC ingin berbagi tips sederhana untuk mengembalikan semangat ngeblog supaya anda cepat sukses di dunia blogging.

Semangat ngeblog atau bloging ini menjadi lemah, biasanya terjadi ketika kita sudah berada ditengah jalan, atau sudah terjun ke dunia blogger. Semangat yang membara pada awal kita terjun akan hilang dan berkurang, atau gak semangat lagi seperti awal-awal ngeblog. Beberapa faktor atau penyebab kita menjadi tidak semangat ngeblog, diantaranya :

1. Mentok karena kehabisan ide 
2. Di Tolak Google Adsense
3. Traffic blog turun
4. Nervous atau minder karena banyak blog lain yang lebih bagus dan lebih sempurna
5. Tidak ada waktu Menulis
6. Bosan

Jika anda mengalami atau setidaknya anda merasakan semangat blog anda mulai menurun, atau malah sudah tidak semangat. Maka sahabat bisa menggunakan tips dibawah ini untuk membatu membuat dan meningkatkan semangat ngeblog atau blogging anda.

1. Blogwalking
Banyak sahabat blogger mengatakan bahwa, manfaat blogwalking adalah untuk menciptakan baclink. Tapi menurut saya, lebih tepatnya adalah sarana untuk mencari dan menambah ilmu baru, bertanya tentang permasalahan kepada pemilik blog, sharing dan bisa jadi anda mendapatkan ide baru untuk membuat konten baru yang lebih menarik plus makin banyak teman.

Sedikit manfaat tentang blogwalking sudah pernah saya bahas, silahkan anda baca DISINI

Pada sekarang ini, banyak para blogger yang benci dengan spammer. Yaitu komentar yang mengandung link, hingga para blogger memiliki banyak cara untuk membuat komentar spam ini menjadi tidak tampil didalam halaman komentar. Berkomentarlah dengan bijak, jangan hanya nyampah sana sini, kalu anda tidak mau dibenti blogger lain. Lebih tepatnya lagi, gunakan kegiatan blogwalking, untuk memperluas jaringan, sahabat baru plus dapat ilmu baru. Sehingga sahabat tidak akan pernah kehabisan ide menulis konten.

2. Membaca Kisah Sukses Para Master Blogger
Jika anda sedang tidak semangat ngeblog, itu artinya anda sedang tidak ada mood untuk membuat dan menulis artikel. Lebih baik manfaatkan waktu anda untuk browsing atau untuk sekedang blogwalking. Seperti membaca kisah Eka Lasmana yang mantan angon bebek bisa mendapat uang ratusan juta, pasti anda makin semangat lagi ngeblognya. Dan masih banyak lagi kisah lainnya.

Atau anda bisa membaca beberapa kisah orang-orang yang sukses, sehingga anda akan termotivasi karena penghasilan yang goal yang mereka capai atau juga proses yang telah mereka lalui untuk mencapai tujuan mereka. Sehingga secara tidak langsung anda akan mendapatkan sebuah dorongan dan bahan bakar baru untuk melanjutkan blogging anda.

3. Banyak Membaca
Sebenarnya ini tidak termasuk tips untuk mengembalikan semangat anda untuk ngeblog atau blogging. Tapi lebih tepatnya untuk membantu anda semakin banyak ide-ide baru untuk membuat artikel dan konten. 

Karena menurut saya, alasan kita menjadi lemah dalam bloging, bisa dikarenakan kita mengalami kehabisan ide, sehingga kita bingung akan membuat artikel dan konten yang seperti apa. Semakin lama anda kehabisan ide, maka akan semakin lama blog anda nganggur dan pengunjung setia blog anda terkatung-takung menunggu tulisan anda, kasian bukan?

Kegiatan membaca bisa anda lakukan menggunakan media apa saja dan dalam bentuk apapun, membaca buku, majalah, memanfaatkan kegiatan blogwalking untuk membaca artikel dan konten sahabat atau blog idola anda. Sehingga bisa saya katakan bahwa, blogwalking memiliki banyak fungsi dan manfaatnya untuk membuat blog anda berkembang.

Semakin banyak membaca, maka akan semakin banyak ilmu dan pengetahuan yang bisa anda bagikan di blog anda. 

4. Nonton Video Tips Tips Seputar Blog 
Jika pada point ke-dua, saya menyarankan anda untuk membaca kisah. Maka kali ini anda bisa menonton beberapa Tips-tips yang banyak bertebaran di dunia internet, sesuai dengan niche blog shabat sendiri.

Bahkan jika sahabat kreatif, sahabat bisa menemukan banyak video di Youtube. Manfaatkan situs ini untuk mencari ilmu dan beberapa tips baru untuk menambah ide-ide yang mungkin selama ini terpendam didalam benak anda yang belum sempat atau lupa anda tulis dan bagikan kepada sahabat setia blog anda.

5. Mengatur Waktu Anda
Jika permasalahan anda adalah waktu, maka hal ini pernah juga saya alami. Namun saya memiliki sebuah trik untuk menulis artikel didalam beberapa blog saya.

Anda pasti sudah tahu, bahwa menulis didalam blog itu tidak sebentar, bahkan menurut saya banyak waktu yang digunakan. Jadi kita harus pintar-pintar mengatur waktu dengan baik, supaya kegiatan kita dan pekerjaan kita tidak terbengkalai.

Tips buat anda jika dana kehabisan waktu untuk menulis konten, sisihkan sedikit waktu untuk blogging atau ngeblog setiap hari pada jam yang sama, misalkan selama 20 menit pada pukul jam 9 atau jam 8 malam. Atau memanfaatkan waktu kapanpun, sesingkat apapun, untuk mencicil menulis didalam blog. Seperti saat antri di bank atau ATM, perjalanan pulang atau pergi nak angkotan umum, saat menunggu janji dengan teman, kumpul bareng teman atau sedang nongkrong dimana saja.

Anda tidak harus menulis langsung didalam blog, jika anda memiliki gadget, manfaatkan gadget untuk membuat beberapa kalimat, frase yang singkat dalam bentuk draft, sehingga tulisan ini bisa kita sempurnakan pada saat kita benar-benar bisa duduk tenang didepan komputer atau laptop.

6. Terus Belajar
Ngeblog atau bloging sebenarnya adalah belajar, belajar bagaimana tulisan anda menarik dan lebih baik, blog anda ramai pengunjung, belajar agar blog anda diterima GA, tulisan anda banyak disukai pengunjung dan masih banyak lagi belajar-belajar yang harus kita pelajari.

Terus belajar dan terus menulis artikel didalam blog, tips menulis artikel

Jangan pernah merasa puas atau juga minder karena mungkin tulisan anda semrawut seperti saya ini. Karena semuanya juga mengalami hal demikian, mereka juga belajar seperti kita juga pada awalnya. Maka teruslah belajar, berlatih memperbaiki tulisan dan juga memperbaiki diri. Sehingga kita bisa menghasilkan tulisan yang menarik dan bagus.

Dan jika anda sudah sampai pada titik ini, jangan pernah cepat puas dengan hasil ini. Terus belajar, belajar menciptakan tulisan dan hal hal yang baru untuk di bisa dibagikan didalam blog anda

7. Isitirahat
Mood dan kesehatan anda adalah lebih penting daripada blog anda. Anda harus tetap memperhatikan kesehatan dan mood anda sendiri. Jangan terlalu memaksakan diri untuk terus update dan menulis postingan di dalam blog.

Faktanya, menulis dan membuat konten artikel didalam blog itu tidak hanya membutuhkan waktu yang sebentar, telebih jika kesehatan dan mood anda sedang tidak selaras. Anda bisa berjam-jam untuk membuat satu konten saja.

8. Berdo'a
Setelah semua usaha telah dilakukan, dan semangat anda belum kunjung pulih juga, maka jangan lupa dengan urusan yang satu ini, yaitu 'Berdo'a". Semoga dengan berdo'a dan meminta kepada tuhan yang maha esa, anda bisa diberikan petunjuk yang dapat membuat hati dan fikiran anda tenang, bahkan bisa membuat artikel secara konsisten. Dan semangat anda kembali prima....oyee.

Tips yang kalah penting yang wajib anda baca untuk membangkitkan semangat blogging :

1. Pupuk semangat ngeblog atau blogging anda dan jangan pernah jadikan sebagai beban. Kerjakan dengan santai, dengan sambil menikmatinya

2. Carilah ide untuk menulis konten artikel yang mudah didapat dan mudah ditulis, sesuaikan dengan kemampuan dan pemahaman anda. Jangan berfikir terlalu jauh, supaya tulisan anda terlihat natural dan mudah dipahami pembaca.

3. Amati lingkungan dimana anda tinggal dan kejadian sehari hari anda. Mungkin anda bisa menemukan ide ide brilian dari kejadian sehari-hari anda.

4. Jalin silaturahmi dan perbanyak jaringan dengan bergabung di berbagai group dan komunitas. Semakin banyak teman maka Insya Allah kegiatan ngeblog anda akan semakin asyik dan tetap semangat.

Mungkin ini tips untuk menumbuhkan dan agar kegiatan ngeblog atau bloging anda tetap semangat. Mau tambah semangat lagi? Langsung praktekin di blog masing-masing, dan jangan lupa kasih admin komentarnya setelah membaca artikel ini ya. Nice Share

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mau Semangat Ngeblog? Ini Tips Biyar Kamu Semangat Lagi

Advertisement
Advertisement

4 komentar:

  1. nice artikel om, beberapa point ane sudah jalankan namun kadang kala ketika kita sedang membaca atau menonton video milik blogger suka keasikan jadi lupa waktu sehingga ga jadi nulis.management waktu atau pengaturan waktu adalah pointnya menurut ane.

    ReplyDelete
  2. iya bener gan sekali @taurida adinda waktu adalah hal yang sangat penting untuk menjalankan sebuah blog. Jadi kita harus bisa memanage waktu kita miliki dengan baik.

    ReplyDelete
  3. Saya suka sekali dengan poin no. 1 min... Banyak poin positif didapatkan ketika blogwalking. Diantaranya saya bisa kenal dengan Admin via blog ini. Dan itu proses pembelajaran efektif buat saya. Salam kenal by Anwariz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kemiripan dengan saya bang, dan satu hal yang saya suka, yaitu ketika bang Ali mau berkomentar di blog ala kadarnya ini...hahahahaha, salam kenal kembali bang, sukses terus untuk blognya...

      Delete

> Komentar yang Anda kirim sepenuhnya dimoderisasi oleh Admin.
> Komentar yang mengandung Link aktif (spam) akan kami hapus
> Tidak Perlu Menulis Nama Blog Anda Disini, Saya Pasti Kunjungi Blog Anda
.

Advertiser