-->

5 Hal Penting Harus Dipelajari Untuk Belajar Ngeblog

Advertisement

Hal Penting Yang Harus Dipelajari Untuk Belajar Ngeblog - Menjadi seorang blogger, ternyata tidak hanya menjadikan kita sebagai seorang penulis. Yang setiap harinya hanya berbagi sebuah tulisan kesana kesini. Saya dan sejuta blogger lainnya memiliki tujuan penting dari sebuah blog, yaitu sesuatu hal yang membanggakan dan menghasilkan uang juga tentunya. Ya kan??

5 Hal Penting Harus Dipelajari Untuk Belajar Ngeblog

Nah, ternyata setelah saya wira wiri dan terjun ke dunia blogging. Saya akhirnya bisa merangkum sedikit apa yang saya alami dan saya fikirkan selama ini. Apa yang saya tuliskan ini belum tentu 100% benar. Ini hanya asumsi dan hasil pemikiran serta apa yang telah saya pelajari saja.


Saya berniat menuliskan hal ini, karena menurut saya ini juga sangat penting untuk diketahui para sahabat blogger pemula seperti saya. Karena sejatinya, menjadi seorang blogger adalah belajar. Itu sebabnya ada hal penting yang harus dipelajari selama menjalani kegiatan ngeblog.

1. Program Website, HTML Dan Saudara-saudaranya
Faktanya menjadi seorang blog tidak hanya menulis dan berbagi sebuah konten. Tapi, kadang kita juga harus mengerti sebuah fungsi widget, tombol share media sosial, html, dan beberapa code script lainnya dimana semua ini berhubungan erat dengan dunia blogging.

Tidak semua blogger punya kemampuan dibidang ini. Dan memang, kita tidak dituntut untuk sepenuhnya paham betul tentang hal ini. Namun, jika kita sedikit mengerti ilmu di bagian ini. Kita bisa lebih mudah untuk mengelola blog menjadi lebih ramah bagi pengunjung yang datang.

Dan tidak hanya itu, belajar coding juga akan membuat kita lebih faham betul tentang dunia blogging dan bagaimana menyempurnakan fungsi blog kita untuk tampil lebih friendly tentunya. 

2. Menulis
Bukan hanya anak sekolah saja yang belajar menulis. Untuk menjadi seorang blogger, erat kaitannya dengan menulis. Dimana menulis ada inti sari dari sebuah blog dan artikel.

Menulis dengan baik, mudah dipahami dan dimengerti oleh semua kalangan adalah sangat penting. Dimana kita menulis artikel adalah dengan tujuan untuk dibaca oleh seseorang. Jadi tulisan juga harus rapih, tepat menggunakan tanda-tanda baca seperti koma (,), titik (.), tanda seru (!), tanda tanya (?) dan tanda baca lainnya. 

3. Bahasa
Bahasa adalah sarana untuk menyampaikan sesuatu yang kita hidangkan melalui tulisan di blog. Dimana bahasa ini yang akan membantu blog kita ramai juga loh. Bahasa ini akan menjadikan ciri kita dan blog yang sedang kita kelola.

Setidaknya kita akan memiliki gaya tersendiri yang unik dari bahasa yang kita sampaikan melalui sebuah tulisan kita setiap harinya. Nah, gaya ini juga akan berbeda-beda, karena setiap blogger memiliki gaya berbicara dan cara menulis yang berbeda pula.

Bahasa yang baik adalah bahasa yang digunakan tidak terlalu tinggi, tidak menyombongkan diri, dan mudah dipahami juga sih menurut saya. Gak harus baku-baku amat juga ya kan..?

4. Kreatif
Saya paham betul waktu saya pertama kali belajar ngeblog. Saya hanya asal nulis dan entahlah apa isinya. Bahkan sampai sekarang masih suka sedih baca tulisan sendiri yang masih berantakan. Tapi no man is perfect sih bagi saya.

Nah, ternyata menjadi blogger kalau kepingin sukses dengan tujuannya masing-masing adalah harus bisa kreatif, tidak hanya berfikirnya tapi juga tindakan dan hasilnya yang dituangkan melalui artikelnya didalam blog.

Sudah banyak sekali kita temui blogger yang memilih tema/topik yang sama dan ditulis pula dengan cara yang sama. Dan kalau mau jadi blogger kreatif, ya boleh memilih tema/topik yang sama, tapi tulislah dengan cara yang berbeda. Ini baru yang namanya blogger kreatif, dan ternyata tipe seperti inilah yang banyak sukses dari dunia blogging.

5. Jadilah Yang Terbaik
Setelah 4 hal diatas kita pelajari, ada satu hal yang menurut saya gak kalah pentingnya. Yaitu belajar menjadi yang terbaik. Karena ini menurut saya sangat wajib banget.

Menjadi yang terbaik, berarti kita harus bisa menyajikan konten yang baik, unik, menarik dan juga original bukan hanya sekedar mengcopy tulisan orang lain.

Dengan demikian 4 hal yang telah kita pelajari tidak akan pernah sia-sia kita lakukan selama menjadi blogger. Hal ini juga sangat baik untuk pencitraan bagi blog dan diri kita juga loh.

Dan ternyata, point ke 4 dan 5 inilah yang menurut saya sangat sulit di lakukan. Terlebih kita juga harus bersaing dengan ribuan blogger yang ada di dunia internet. Bersaing untuk menduduki peringkat terbaik di hasil pencarian, dan juga bersaing untuk dapat berhasil menjadi publisher periklanan yang ada. Sehingga blog tidak hanya menjadi sebuah media catatan digital tetapi bisa menjadi bagian penting yang bisa membantu meraih dollar dan sesuatu hal yang membanggakan.
Jadi..kalau mau belajar ngeblog ya harus belajar terus. Yuk kita belajar....
Ya, semoga saja unek-unek dan hasil pemikiran saya ini bisa menjadi sebuah inspirasi dan bermanfaat untuk siapa saja yang membacanya. Dan jika anda merasa tulisan ini bermanfaat, silahkan anda share serta sedikit sisihkan komentar anda dibawah ya. Nice share and happy blogging.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Hal Penting Harus Dipelajari Untuk Belajar Ngeblog

Advertisement
Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

> Komentar yang Anda kirim sepenuhnya dimoderisasi oleh Admin.
> Komentar yang mengandung Link aktif (spam) akan kami hapus
> Tidak Perlu Menulis Nama Blog Anda Disini, Saya Pasti Kunjungi Blog Anda
.

Advertiser