-->

7 Langkah Penting Setelah Ganti Domain Blog

Advertisement

Mau ganti Domain dan sewa Hosting? Nah, kesempatan kali ini saya masih ingin sharing seputar ganti domain dan beberapa hal yang harus kita lakukan selanjutnya. Sebelumnya saya sudah share sedikit pengalaman pertama saat ganti Domain.

7 Langkah Penting Setelah Ganti Domain Blog


Artikel tersebut menceritakan sekelumit cerita tentang bagaimana pengalaman saya saat mengganti Domain. Dirasa sudah mendapatkan perkembangan yang saya rasa cukup, saya mencoba membeli Domain dan ingin memperdalaminya.

Ya, ganti Domain adalah hal perkara gampang. Dan saya yakin anda semua bisa mengganti domain dengan kriteria yang anda inginkan. Namun, perlu anda ketahui bahwa, ada beberapa tugas penting yang harus anda lakukan setelah domain blog.

Dan pada kesempatan kali ini, saya ingin sharing sedikit pengalaman saya beberapa hari ini setelah rampung mengganti domain saya di RumahWeb.com. Dan artikel lanjutan ini saya beri judul 7 Langkah Penting Setelah Ganti Domain.

1. Daftar Lagi Ke Search Engine
Ya, menurut pengalaman saya beberapa hari ini. Blog saya seperti blog baru lagi, dimana belum ada satupun artikel yang terindeks dengan domain yang baru. Semua artikel masih menggunakan domain yang lama alias blogspot. Nah, untuk mempercepat proses ini, anda harus rajin update artikel baru. Dan daftarkan lagi blog dengan domain baru tersebut ke berbagai search engine yang ada.

2. Submit Ulang Webmaster Tools
Jangan lupa dengan tools penting ini yah, tools ini sangat membantu untuk proses perkembangan dan pengindeksan isi blog kita oleh search engine Google. Kalau sudah ganti Domain, anda wajib mendaftarkan ulang atau verifikasi ulang blog dengan domain yang baru tersebut. Login dengan email atau akun anda, kemudian tambahkan blog dengan domain baru anda disana. Dan jangan lupa tambahkan sitemap untuk mempercepat proses crawling.

2. Daftar Ulang Di Alexa Rank
Tugas selanjutnya adalah merampingkan Alexa Rank blog anda. Domain lama blog anda mungkin sudah sangat ramping, tapi ketika anda sudah berganti domain maka blog anda akan kembali gendut nilainya di Alexa.

Hal ini dikarenakan, nilai tersebut adalah data dari blog domain lama anda. Nah tugas anda adalah mendaftarkan ulang blog anda tersebut di situs resmi Alexa.

3. Submit Bing
Submit ulang blog anda di Bing. Ganti domain baru, maka anda juga harus mengganti meta tag Bing yang lama dengan meta tag Bing baru. Hampir sama persis dengan mendaftarkan ulang ke webmaster tools dan juga Alexa.

4. Daftarkan Blog Domain Baru Ke Google Analytics
Kalau sudah submit ulang ke webmaster tools, maka anda juga wajib daftar ulang ke Google Analytics. Biasanya setelah anda mendaftarkan di Webmaster tools, akan di kirimkan email berupa saran untuk memulai Google Analytics

5. Daftar Ulang Adsense
Nah, jika blog domain lama sudah terdaftar dan terpasang iklan dari Adsense. Maka ini akan menjadi pertimbangan berat. Dimana ketika anda selesai ganti domain baru, maka blog baru anda akan menjadi kosong alias tidak ada iklan adsensenya. Kotak-kotak yang semula berisikan iklan Adsense, akan berubah menjadi halaman yang kosong dengan warna putih.

Tapi anda jangan hawatir, anda hanya perlu mendaftarkan ulang blog anda ke Adsense, dan anda juga harus menunggu kembali proses review untuk diterimanya blog domain baru anda oleh pihak Adsense. Semoga dalam proses tersebut blog anda kembali diterima oleh GA. Sabar saja ya...

6. Promosikan Blog Baru Anda
Nah, jangan lupa dengan yang satu ini. Menurut ZBC ini sangat penting. Dimana langkah ini untuk meningkatkan kredibilitas kembali blog domain baru kita. Anda bisa promosikan melalui berbagai akun media sosial, atau secara offline kepada sahabat anda untuk mengunjungi blog anda.

7. Domain Baru Semua Menjadi Baru
Kata-kata ini mungkin cukup mewakili semuanya tentang saat ganti Domain. Domain baru, menurut pengalaman saya adalah sama seperti pertama kali kita membuat blog. Dimana kita harus mendaftarkan ulang ke webmaster tools, submit ke Bing, daftar Alexa Rank, daftar ulang Adsense, Google Analytics, kembali mencari backlink berkualitas, dan juga mempromosikannya ke berbagai situs media sosial. Dan tentunya harus ditunjang dengan update artikel yang lebih berkualitas agar blog kita cepat mendapatkan peringkat baik di search engine.

Nah itulah inti dari semua pengalaman saya beberapa hari setelah ganti domain baru. Sehingga bisa menjadi pengalaman, pelajaran dan bahan pertimbangan bagi sahabat blogger lain yang ingin berganti domain yang disertai langkah penting setelah ganti domain diatas. Jangan lupa komentnya yah... 

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Langkah Penting Setelah Ganti Domain Blog

Advertisement
Advertisement

2 komentar:

  1. saya habis ganti domain mas, oh iya cara menambah back links di alexa kyk apa ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara yang saya lakukan selama ini adalah dengan berkomentar diberbagai blog atau situs2 besar baik indo maupun bule gan. Silahkan cari blog atau situs yang memiliki peringkat tinggi di Alexa. Berkomentarlah dengan baik, jangan hanya meninggalkan link disana, agar tidak dinggap spam.

      Delete

> Komentar yang Anda kirim sepenuhnya dimoderisasi oleh Admin.
> Komentar yang mengandung Link aktif (spam) akan kami hapus
> Tidak Perlu Menulis Nama Blog Anda Disini, Saya Pasti Kunjungi Blog Anda
.

Advertiser