-->

Cara Mengatasi Kantuk Ditempat Kerja Saat Berpuasa

Advertisement

Cara Mengatasi Kantuk Ditempat Kerja Saat Berpuasa - Saat berpuasa bukan berarti harus kalah dengan kantuk. Hampir setiap teman dikantor mengeluh selama berpuasa cepat terasa lelah dan ngantuk. Akibatnya banyak kerjaan yang harus ditunda karena kalah dengan masalah ini. Meski demikian, bukan berarti tidak ada cara untuk mengatasinya, terutama saat sedang berpuasa.

Cara Mengatasi Kantuk Ditempat Kerja Saat Berpuasa

Nah, buat temen-temen yang mau tahu tip mengalahkan kantuk saat berpuasa agar tetap semangat dalam beraktivitas dikantor. Yuk simak tip-tipsnya dibawah ini :

Menyempatkan tidur selama 10-15 Menit
Jika rasa kantuk sudah tidak tertahankan, ada baiknya anda mengambil waktu antara 10-15 menit saat istirahat siang, tapi jangan berlebihan. Tidur dalam beberapa menit, akan mengembalikan kebugaran tubuh akibat kelelahan 

Lakukan Stretching
Puasa bukan berarti dijadikan alasan untuk bermalas-malasan dan kalah sama yang namanya ngantuk. Saat kantuk datang, anda bisa usir dengan melakukan stretching di tempat kerja. Hal ini dilakukan untuk mengatasi kantuk dan rasa penat selama berpuasa dan efek pekerjaan dikantor.

Tidur Dengan Cukup Dimalam Hari
Penyebab utama timbul rasa kantuk adalah kurangnya istirahat dimalam hari. Maka waktu tidur yang optimal sangat diperlukan selama bulan ramadhan. Apalagi kita harus bangun dini hari untuk menjalankan rutinitas sahur, akibatnya tidur akan terasa sangat berkurang. 

Jika memang tidak ada kegiatan yang penting, usahakan jam 10 malam sudah tidur. Jangan gunakan untuk hal-hal yang tidak jelas. Tapi kalau mau tadarusan di masjid untuk memperbanyak amal ibadah di bulan suci. Maka tidak jadi masalah, asalkan kondisi tubuh tetap vit selama berpuasa esok harinya.

Lakukan Senam Ringan 
Terlalu lama duduk bisa menyebabkan anda cepat terserang ngantuk. Maka usahakan sebisa mungkin untuk melakukan beberapa kegiatan senam kecil-kecilan di meja kantor atau berjalan santai.

Coba lakukan gerakan keatas, kebawah, ke kiri dan kekanan. Asalkan jangan mengeluarkan terlalu banyak keringat. Efeknya akan berubah menjadi dehidrasi.

Kurangi Konsumsi Makanan Berkalori Tinggi
Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi juga bisa menyebabkan rasa kantuk yang berlebihan. Sehingga ada baiknya selama berbuka puasa atau sahur kurangi asupan jenis makanan ini.

Nah, demikian tips singkat yang bisa admin bagikan untuk kali ini. Semoga puasa anda hari ini bisa full ya. Dan jangan lupa nantikan tips tips ramadhan berikutnya. 

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengatasi Kantuk Ditempat Kerja Saat Berpuasa

Advertisement
Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

> Komentar yang Anda kirim sepenuhnya dimoderisasi oleh Admin.
> Komentar yang mengandung Link aktif (spam) akan kami hapus
> Tidak Perlu Menulis Nama Blog Anda Disini, Saya Pasti Kunjungi Blog Anda
.

Advertiser