-->

Istilah Istilah Komputer Yang Harus Kamu Tahu

Advertisement

Istilah istilah komputer yang harus kamu tahu, biyar gak ditipu abang komputer
Kamu niat beli komputer baru, atau mau service komputer? Udah tahu spek komputer yang bakal kamu beli belum? Emang kamu udah tahu spek komputer yang bagus buat kamu pake seperti apa?

Istilah Istilah Komputer Yang Harus Kamu Tahu


Sering kali ketika membeli komputer baru atau laptop baru, kamu dateng ke toko komputer tanpa pengetahuan apapun, karena ketidakktahuan ini, akhirnya kamu jadi mangsa abang tukang penjual komputer. 

Tenang, berhubung Zallegiance adalah teman yang baik, biyar kamu gak kena tipu sama abang service yang jual komputer, maka kamu bisa baca-baca dulu deh beberapa istilah komputer dibawah ini. Jadi pas kamu sampe ke tempat service gak perlu nanya, langsung sebutin aja spek yang kamu butuhin.

Beberapa istilah komputer yang harus kamu tahu biar gak ditipu abang komputer

MAINBOARD atau MOTHERBOARD

Apa itu Mainboard atau Motherboad?

Mainboard atau Motherboad adalah papan utama dimana terdapat komponen komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem mainboard. Mainboard atau Motherboad ini memiliki socket dimana fungsi socket ini untuk memasang processor, VGA, Sound Card, Internal modem dan lain lainnya.

Buat apa sih Mainboard atau Motherboad?

Sebagai pusat semua perangkat keras komputer atau hardware, agar semua perangkat keras komputer tersebut bisa berhubungan antara komponen komponen yang satu dengan lain. 

RAM 

Apa itu RAM?

RAM adalah sebuah singkatan dari Random Acces Memory. Kalau kamu masih bingung, kamu sebut aja Memori, gampang kan??

Fungsi RAM

Fungsi RAM atau Random Acces Memory ini adalah untuk menyimpan data komputer yang sifatnya hanya sementara. Semakin besar yang dipasang di PC kamu, maka akan semakin baik kerja PC yang kamu gunakan.

Jenis Jenis RAM dan Namanya

SDR RAM

SDR RAM ini memiliki 2 celah dibagian kakinya yang digunakan untuk komputer pentium 1 sampai pentium 4 model lama. RAM jenis ini sudah hampir punah, gara gara udah ada jenis RAM model baru.

Ranbus RAM.

Jenis RAM ini digunakan untuk komputer pentium 4 yang sudah memiliki fasilitas 2 channel

Sybclink DRAM. 

RAM  jenis ini memiliki bandwith maximum 1600 MB/second dan mempunya kecepatan mencapai 200 MHz
  • DDR dan DDR 2 RAM. RAM jenis ini memiliki 183 pin dan hanya memiliki satu celah pada bagian kakinya. RAM ini memiliki kecepatan transfer 2 kali lipat lebih cepat dibandingkan dengan SDRAM
  • DDR 3 RAM. Ini adalah RAM generasi terbaru setelah DDR 2 yang memiliki kecepatan lebih dari jenis DDR sebelumnya.

HDD

Apa itu HDD?

HDD adalah singkatan dari Hard Disk Drive

Apa Fungsi HDD?

HDD atau yang biasa disebut hardisk ini memiliki fungsi sebagai media penyimpanan pada sebuah PC atau laptop yang sifatnya permanen, selama hardisk tersebut gak rusak, dan gak kena virus, data kamu bisa aman dah bro. 

Fungsi HDD atau hardisk, sekarang bukan hanya untuk sekedar media penyimpanan PC, namun sekarang HDD atau hardisk mempunyai fungsi yang beragam seperti penambah kecepatan kinerja PC, membantu penginstallan windows (software PC)

VGA (Video Graphic Accelerator)

Apa itu VGA? 

VGA adalah singkatan dari Video Graphic Accelerator yang berfungsi mengolah data grafis untuk ditampilkan dilayar monitor. VGA juga memiliki processor yang disebut GPU (Graphic Processing Unit)

Fungsi VGA Bagi Komputer.

Fungsi si VGA ini adalah untuk menterjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor, untuk menggambar atau design graphic atau maen game komputer, semakin gede kapasitas VGA yang kamu beli maka hasilnya akan semakin bagus.

Kartu VGA sekarang ini sudah menggunakan Graphic Accelerator Chipset yang merupakan chipset terbaru dimana sudah memiliki kemampuan akselerasi tiga dimensi (3D). Selain VGA sekarang ada peripheral komputer pendukung yang dinamakan 3D Accerelator yang berfungsi menerjemahkan data gambar 3D secara lebih sempurna dan lebih optimal. 

MONITOR

Apa Itu Monitor?

Monitor adalah perangkat keras dari PC

Apa Fungsi Monitor?

Fungsinya untuk menampilkan sinyal elektronik dari suatu perangkat atau bisa disebut hasil output. Sinyal yang ditampilkan ke dalam monitor bisa berupa gambar, gambar diam atau juga gambar gerak.
Jenis jenis monitor ini banyak, ada LCD, ada juga LED. Ukurannya juga bervariasi, dari yang 15 inch, 17 inch, kalau mau puas pakai yang 24 inch.

Gimana? Udah jelas kan? Ini adalah istilah istilah yang sering kamu temui di dunia komputer. Jadi setelah kamu baca artikel ini, jangan sampai kamu kena tipu mamang sevice ya. 

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Istilah Istilah Komputer Yang Harus Kamu Tahu

Advertisement
Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

> Komentar yang Anda kirim sepenuhnya dimoderisasi oleh Admin.
> Komentar yang mengandung Link aktif (spam) akan kami hapus
> Tidak Perlu Menulis Nama Blog Anda Disini, Saya Pasti Kunjungi Blog Anda
.

Advertiser