-->

Mau Puasa Tapi Takut Mag Kambuh? Bisa Diatasi Kok

Advertisement

Mau puasa tapi takut magnya kambuh? Yah, sering kering kali beberapa teman yang memiliki mag beralasan demikian. Sebenarnya, derita nyeri lambung yang bisa menyiksa penderitanya ini bisa disembuhkan. Caranya mencegahnya cukup sederhana saja, yaitu dengan mengatur pola makan selama berpuasa dengan baik dan benar.

Mau Puasa Tapi Takut Mag Kambuh? Bisa Diatasi Kok

Untuk mengatasi mag saat berpuasa, beberapa dokter kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi makanan yang bisa membuat perut anda terasa awet kenyang saat sahur. 

Apa itu makanan yang membuat awet kenyang?

Makanan awet kenyang adalah jenis makanan yang kaya akan kandungan seratnya, diantaranya seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Sedangkan untuk karbohidratnya, pilihlah yang banyak mengandung karbohidrat kompleks. Seperti sereal gandum dan juga nasi beras merah. Beras merah lebih baik daripada beras putih loh, karena beras ini bikin anda kenyang dalam keadaan waktu yang cukup lama. Jenis makanan awet kenyang ini adalah jenis makanan yang diprosesnya membutuhkan waktu yang lama. 

Jadi gak takut lagi magnya kambuh saat berpuasa kan?

Dan jika terpaksa harus mengkonsumsi obat mag, maka pilihlah obat yang berfungsi baik untuk asam lambung atau antasida. Waktu yang tepat untuk minum obat asam lambung bagi para penderita mag adalah 30 menit sebelum sahur atau saat anda berbuka puasa. (Saran dokter konsultan saluran cerna RS Cipto Mangun Kusumo Dr. Ari Fahriam Syam)

Apakah ada makanan dan minuman yang harus dihindari?

Pantangan bagi para penderita mag adalah jenis makanan dan minuman yang dapat merangsang produksi asam lambung didalam perut anda. Maka sebaiknya anda menghindari jenis ini saat berbuka ataupun sahur. 

Apa saja jenis makanan dan minuman ini? Diantaranya, makanan pedas, asam, cokelat, keju, lemak, kopi dan soda. Sebaiknya dihindari selama berpuasa. Tetapi jika anda memaksakan mengkonsumsinya, bisa jadi mag akan menjadikan alasan anda untuk tidak berpuasa. Sayang sekali bukan, jika tidak berpuasa hanya gara-gara mag. Semoga bermanfaat.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mau Puasa Tapi Takut Mag Kambuh? Bisa Diatasi Kok

Advertisement
Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

> Komentar yang Anda kirim sepenuhnya dimoderisasi oleh Admin.
> Komentar yang mengandung Link aktif (spam) akan kami hapus
> Tidak Perlu Menulis Nama Blog Anda Disini, Saya Pasti Kunjungi Blog Anda
.

Advertiser