-->

2 Resep Kreatif Membuat Kue Kacamata

Advertisement

Aneka resep jajanan pasar indonesia yang juga cocok untuk menemani hidangan ramadhan atau buka puasa. Jumpa lagi dengan zallegiance.com dan kali ini kita akan bagi bagi resep membuat kreatif kue kacamata yang legit dan nikmat bingit. 

Kue kacamata sangat terkenal berbagai daerah, salah satunya Jawa Barat dan disana dikenal dengan nama khas yaitu Kue putri noong. Sedangkan didaerah Jawa Tengah disebut kue moto kebo (kue mata sapi) dan ada juga yang menyebutnya kue moto roda atau juga kue janda. Beda daerah, maka beda pula warna serta rasa kue ini. Karena setiap daerah memiliki khas cita rasa sendiri yang membuat kue ini menjadi jajanan tradisional yang wajib di coba dan dipraktekkan dirumah.

Jajanan pasar atau kue daerah ini, agak sedikit susah ditemui di kota-kota besar. Karena biasanya kue-kue ini hanya dijual di pasar-pasar tradisional dan ketika ada acara-acara penting, seperti hajatan atau acara-acara kampung. Nah, untuk menyiasati agar dapat menikmati kue yang nikmat ini maka kita harus lebih kreatif membuatnya dirumah sendiri. 

Nah, pada kesempatan kali ini zallegiance.com akan berbagi resep kreatif membuat kue kacamata yang dizamin nikmat, legit dan tidak kalah rasanya dengan kue aslinya. Nah, bagi anda yang penasaran, silahkan dicoba resep dan cara membuatnya untuk disajikan di bulan ramadhan.

Resep Kreatif Kue Kacamata 1
Nah, buat sahabat dan pecinta jajanan Indonesia yang ingin mempraktekkan dirumah, monggo di ikuti langkah-langkahnya dibawah ini. 

Resep Kreatif Kue Kacamata

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan :
  • 1 kg singkong. Usahakan untuk memilih singkong yang besar-besar, agar lebih mudah dalam proses memarutnya. Dan kalau bisa diparut sendiri agar rasa singkongnya jauh lebih nikmat daripada di giling atau lainnya
  • 100 gram gula pasir 
  • 1 sendok teh garam
  • 1/8 sendok teh vanilla
  • 125 gram kelapa, silahkan parut memanjang, atau jika tidak bisa parut seperti biasanya
  • 2 buah pisang tanduk
  • Siapkan pewarna hijau khusus pewarna makanan
  • Siapkan pula pewarna merah khusus untuk makanan
  • Beberapa lembar daun pisang, bersihkan dengan lap
  • Tali

Cara membuatnya :
  1. Kukus pisang tanduk sampai matang. Kemudian kupas kulitnya dan sisihkan terlebih dulu
  2. Campur parutan singkong, gula pasir, garam, vanilla dan 75 gram kelapa yang sudah diparut, sisahkan jangan dihabiskan parutannya. Aduk sampai merata ke semuanya
  3. Buat adonan menjadi dua bagian. Satu bagian diberi pewarna makanan berwarna hijau dan satu bagian lagi diberi warna merah.
  4. Ambil daun pisang, letakkan adonan warna meran dan warna hijau secara bersebelahan.
  5. Masukkan pisang tanduk, kemudian bungkus seperti membuat lontong. Usahakan pisang tertutup dengan adonan tadi.
  6. Ikat kedua ujungnya dengan tali atau jepit dengan lidi agar tidak berantakan
  7. Kukus selama 30 menit. Setelah itu angkat dan lepaskan dari daun pisang
  8. Potong setebal 2cm. Kemudian taburi dengan sisa parutan kelapa yang masih ada, boleh diberi taburan garam ataupun gula pasir.

Resep Kreatif Kue Kacamata Sagu Ambon

Kue Kacamata Sagu Ambon
foto : cookpad.com

Nah, resep yang kedua ini adalah resep yang unik dan kreatif. Dimana kue kacamatanya menggunakan sagu ambon, dimana biasanya bahan kue kacamata ini berbahan dasar singkong. Warnanya menjadi coklat yang khas dan rasanya juga tidak kalah enaknya loh. Tanpa bahan pengawet serta pewarna tambahan. Alami, nikmat dan legit pastinya. 

Bahan-bahan yang disiapkan :
  • 200 gram sagu ambon
  • 700 mili liter air 
  • 100 gram kelapa. Parut seperti biasanya
  • 150 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 6 buah pisang uli
  • 3 lembar daun pandan
  • Daun pisang secukupnya

Cara membuatnya ;
  1. Rendam sagu ambon dengan air semalaman. Kemudian tiriskan
  2. Siapkan wadah, masukkan sagu ambon, parutan kelapa, gula dan garam. Campur menggunakan tangan anda, sampai semua bahan tercampur rata
  3. Siapkan daun pisang, garang (panaskan di atas api) terlebih dulu agar lemas dan tidak mudah robek. Telakkan daun pandan, adonan sagu ambon dan letakkan pisang diatasnya, dan tutup kembali dengan adonan sagu ambon
  4. Gulung seperti membuat lontong. Sematkan kedua ujungnya dengan lidi, atau tusukan gigi. Adonan ini bisa menghasilkan 3 bungkus kue kacamata.
  5. Kukus selama kurang lebih setengan jam
  6. Angkat dan biarkan dingin dulu. Pisahkan daun pisang dengan kue kacamata. Potong-potong dan sajikan dengan taburan parutan kelapa diatasnya, tambahkan sedikit taburan garam atau gula pasir.

Nah, gimana? Sangat mudah dan praktis bukan? Kue kacamata, kue moto roda, kue moto kebo atau kue putri noong ini juga bisa dijadikan hidangan selama buka puasa di bulan ramadhan. Kue-kue ini bisa mengingatkan kembali rasa khas kampung halaman. Dan pastinya pingin cepet-cepet pulang kampung dah jadinya.

Silahkan mencoba dan semoga tips resep kue ini bermanfaat untuk anda semua ya. 

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 2 Resep Kreatif Membuat Kue Kacamata

Advertisement
Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

> Komentar yang Anda kirim sepenuhnya dimoderisasi oleh Admin.
> Komentar yang mengandung Link aktif (spam) akan kami hapus
> Tidak Perlu Menulis Nama Blog Anda Disini, Saya Pasti Kunjungi Blog Anda
.

Advertiser