-->

5 Tips Sehat Agar Puasa Tetap Lancar

Advertisement

Tips sehat ramadhan agar tetap lancar puasanya - Tidak terasa puasa ramadhan sudah menginjak pertengahan, itu artinya dalam hitungan beberapa minggu lagi ramadhan akan berlalu. Sayang sekali, jika bulan penuh berkah dan ampunan ini berlalu begitu saja. Nah, penting sekali bagaimana caranya puasa tetap jalan tapi badan juga tetap sehat bugar dan lancar.

5 Tips Sehat Agar Puasa Tetap Lancar

Jangan jadikan sakit dan kesibukan pekerjaan menjadi alasan untuk tidak berpuasa. Sayang sekali tentunya, jika bulan yang sangat spesial ini harus kita lalui tanpa berpuasa. Menurut ilmu kedokteran, berpuasa selain menjadi ibadah, ada banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Bahkan, penelitian ini bukan hanya umat muslim saja yang menelitinya, umat non-muslim pun mengakui kehebatan dari puasa ini.


Selain mengandung detoks bagi beberapa penyakit berbahaya, berpuasa juga akan menjadi salah satu jalan terbaik untuk mengatur pola makan kita selama bulan-bulan lainnya. Sehingga badan menjadi lebih sehat dengan pengaturan menu makan selama berpusa ini.

Selama berpusa, tentu kita ingin tetap sehat, bugar sehingga tetap produktif dalam menjalankan rutinitas kita sehari-hari selama puasa ramadhan. Nah, itu sebabnya penting sekali menjaga asupan dan pola hidup selama satu bulan penuh.

Nah, pada kesempatan kali ini zallegiance.com akan berbagi 5 tips penting yang harus diperhatikan selama puasa ramadhan agar tetap sehat dan puasanya juga tetap lancar selama satu bulan full. Yuk, simak apa saja tipsnya dibawah ini.

1. Memilih Daftar Menu Yang Tepat
Selama satu hari full kita berpuasa, dan perut dalam keadaan kosong tidak terisi air dan juga makanan. Sehingga, terkadang saat berbuka puasa kita langsung menyantap apa saja yang ada seperti orang kelaparan atau balas dendam. Hindarilah hal ini, selain tidak diperbolehkan oleh islam, hal ini malah memperburuk kesehatan anda.

Memilih menu daftar makanan selama sahur dan berbuka puasa adalah penting. Buatlah dafat atau sebuah rencana menu makanan apa saja yang harus dipersiapkan selama satu bulan di ramadhan ini. Seperti resep membuat takjil, jus dan minuman yang sehat dan resep makanan yang komplit dan juga seimbang nutrisinya.

2. Buah Dan Sayur Sangat Baik Untuk Ramadhan
Bulan ramadhan, harus pintar-pintar memilih resep yang sehat. Buah dan sayur adalah menu yang sangat wajib ada dan perlu ditambahkan selama bulan ramadhan. Karena sumber makanan ini banyak sekali mengandung vitamin dan juga karbohidratnya sehingga sangat baik untuk membantu kita tetap sehat dan segar bugar.

3. Istirahat Dengan Cukup
Selain menjaga pola makan dan asupan makanan yang baik dari buah dan sayuran, tubuh juga memerlukan istirahat yang cukup. Karena kita akan bangun dini hari untuk menjalankan ibadah sahur, sehingga tidur dimalam hari akan berkurang sehingga esok harinya sering kali kita akan terasa ngantuk

Jika memang setelah shalat tarawih kita tidak ada kegiatan yang begitu penting, usahakan langsung tidur dan beristirahat. Agar esok harinya kita tidak lemas dan ngantuk saat bekerja dan menjalankan rutinitas harian.

4. Berolahraga
Nah, puasa kok suruh olahraga sih. Bisa cepet lemes dan malah gak kuat dong nantinya. 
Puasa bukan berarti malas-malasan ya. Justru dengan berolahraga tubuh akan tetap sehat. Karena justru beberapa pakar kesehatan menyarankan hal ini selama puasa.

Olahraganya tidak harus yang berat-berat, cukup berolahraga yang ringan-ringan saja. Seperti jalan santai setelah shalat subuh atau sebelum berangkat ke kantor. Yang terpenting adalah tubuh tetap gerak dan keringat tetap keluar, namun jangan sampai terlalu banyak juga mengeluarkan keringat. Justru malah akan mengakibatkan dehidrasi nantinya. 

Jalan santai keliling komplek atau dekat-dekat rumah juga baik koq. Yang penting jalan sampai ke kampung sebelah, nanti malah pulang-pulang gak kuat puasa terus batal dah puasanya.

5. Minum Air Putih Dengan Cukup
Lemes, pusing dan kelelahan ini adalah alasan yang paling banyak di keluhkan selama berpuasa. Ini bisa jadi disebabkan karena tubuh anda dehidrasi atau kekurangan asupan air selama berpuasa.

Itu sebabnya penting sekali mencukupi kebutuhan cairan tubuh selama puasa. Untuk mencukupinya, anda bisa mencoba 3 pola minum air putih yang cukup sederhana ini, yaitu :
  • 2 gelas setiap berbuka puasa
  • 4 gelas di saat malam hari atau sebelum pergi tidur
  • 2 gelas saat sahur
Pola minum ini sangat baik sekali loh, sehingga tubuh kita akan terhindar dari dehidrasi saat puasa. Selain itu penting sekali memperhatikan asupan nutrisi makanan saat berbuka dan sahur. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlebihan, selain tidak dianjurkan oleh agama justru malah kesehatan anda juga tidak baik pula. Nah, demikian tips sehat selama puasa ramadhan yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat ya sahabat muslim.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Tips Sehat Agar Puasa Tetap Lancar

Advertisement
Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

> Komentar yang Anda kirim sepenuhnya dimoderisasi oleh Admin.
> Komentar yang mengandung Link aktif (spam) akan kami hapus
> Tidak Perlu Menulis Nama Blog Anda Disini, Saya Pasti Kunjungi Blog Anda
.

Advertiser