-->

7 Cara Terbaik Kenalkan Internet Kepada Anak

Advertisement

Internet sudah bukan merupakan hal asing bagi anak. Internet sudah menjadi sumber informasi, pengetahuan, permainan dan bahkan komunikasi yang mengasyikkan untuk anak-anak. Saat ini, ada banyak sekali media sosial. Dan tentunya tidak semua media itu cocok dengan usia buah hati kita. Semuanya memberikan pengaruh besar untuk anak-anak, baik positif dan negatif. Jika orang tua tidak memberikan arahan yang bak, anak akan sangat mudah terbawa pada hal-hal negatif. 

7 Cara Terbaik Kenalkan Internet Kepada Anak
 
Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengenalkan dunia internet kepada anak anda.

1. Sesuaikan Dengan Usia Anak
Tidak semua media sosial cocok untuk anak. Oleh karena itu, orang tua harus tahu media sosial mana yang layak digunakan oleh mereka. Jangan sampai mereka memanipulasi data agar mereka bisa menjadi bagian dari media sosial tersebut. Jelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan media sosial agar anak memiliki gambaran yang jelas

2. Komunikasi Harus Terbuka
Banyak hal yang tidak diketahui anak, sehingga mereka bertanya kepada orang tua. Sebagai orang tua, anda harus bisa menjadi teman mereka untuk berdiskusi. Ajarkan anak agar tidak mengerti dalam media sosial tersebut. Dan berikan pengertian yang baik kepada mereka, sehingga mereka percaya bahwa anda berpihak kepada mereka.

3. Arahkan dan Awasi
Ketika anak mengakses internet, sebaiknya orang tua tahu, sehingga orang tua dapat memberikan arahan sekaligus mengetahui dengan siapa saja buah hatinya bergaul di media sosial. Ajarkan kepada anak-anak agar mereka tidak terlalu sering berkomunikasi dengan orang-orang yang tidak mereka kenal. Tidak banyak memberi komentar dan tidak mengumbar hal-hal yang bersifat pribadi di dalam media sosial.

4. Saling Belajar
Tak jarang anak lebih pandai bermedia sosial dibandingkan dengan orang tuanya. Sebagai orang tua, anda tidak boleh malu bertanya kepada mereka tentang apa yang tidak anda ketahui. Begitu pula sebaiknya. Anak boleh saja lebih tahu tentang cara bermedia sosial, tetapi orang tualah yang lebih tahu mengenai perilaku manusia yang akan memberi pengaruh negatif maupun positif bagi anak di media sosial.

5. Batasi Waktu
Hampir semua anak ingin menggunakan internet sepanjang waktu. Peran orang tua sangat penting dalam pengaturan waktu untuk mereka. Buat kesepakatan dengan mereka. Berapa lama mereka boleh bermedia sosial?

6. Mengetahui Orang Yang Akan Dijadikan Teman
Beritahu kepada anak bahwa tidak semua orang di media sosial bisa dijadikan teman. Mereka hanya boleh mengkonfirmasi teman-teman yang mereka kenal atau menjadikan teman orang-orang yang sebaya dengan mereka. 

Jangan sampai mereka berteman dengan orang yang usianya jauh diatas mereka. Berikan aturan pada mereka boleh berteman dengan orang yang tidak mereka kenal atas seizin orang tua.

7. Ajarkan Untuk Mengatur Hal-hal Pribadi
Ajarkan kepada anak bahwa dia harus bisa memilih hal-hal apa saja yang bisa di-share kepada orang lain atau hanya dengan keluarga atau teman dekat. Jangan sampai hal-hal pribadi buah hati kita yang di-share di media sosial disalahgunakan oleh orang lain yang akhirnya dapat membahayakan buah hati kita.

Itulah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menjaga anak anda dari pengaruh buruk internet. Menjaga anak dari pengaruh buruk berarti menyiapkan jalan lapang untuk masa depannya. 

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Cara Terbaik Kenalkan Internet Kepada Anak

Advertisement
Advertisement

2 komentar:

  1. kalau sudah ada internet, sepertinya kita sudah tidak perlu televisi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nampaknya begitu gan, saat ini internet dapat menyajikan berbagai kebutuhan kita dengan sangat lengkap. Apa saja bisa kita cari, bahkan layanan tv streaming juga ada saat ini

      Delete

> Komentar yang Anda kirim sepenuhnya dimoderisasi oleh Admin.
> Komentar yang mengandung Link aktif (spam) akan kami hapus
> Tidak Perlu Menulis Nama Blog Anda Disini, Saya Pasti Kunjungi Blog Anda
.

Advertiser