-->

Panduan Memilih Template Blog Yang Baik dan Benar

Advertisement

Panduan Memilih Template Blog Yang Baik dan Benar - Sebenarnya memilih template bukanlah hal yang wajib dilakukan, hanya saja Google saat ini telah menekankan kepada para pemilik situs untuk memiliki situ yang ramah dengan ponsel atau disebut Mobile Friendly sehingga mau tidak mau kita para publisher iklan dan para pemilik situs harus bisa menyesuikan dengan kebijakan terbaru Google tersebut agar situs kita tetap dapat tampil dihalaman pertama percarian Google sesuai dengan niche blog kita masing-masing. Sehingga setiap situs yang memiliki tampilan ramah ponsel akan lebih banyak nongol dipencarian mobile (ponsel), begitulah inti dari kebijakan tersebut. Kendati demikian, walaupun situs anda tidak memiliki kriteria tersebut juga akan tetap tampil namun mungkin dihalaman entah keberapa dan lebih parahnya jauh dari hasil  pencarian Google dalam versi mobile.

Memilih template terkadang juga membingungkan, terlebih bagi mereka yang awam seperti saya yang tidak tahu sedikitpun ilmu tentang coding dan HTML yang cuma bisa menulis ini. Sehingga kerap kali ke-galauan melanda saya untuk memilih kriteria template blog seperti apa agar tetap dicintai oleh Google dan tentunya ramah bagi pengunjung agar mau berlama-lama berada di blog saya.

Berdasarkan pengalaman saya, ternyata tidak semua tampilan blog yang kita terapkan membuat situs kita tetap menarik bagi orang lain dan juga bagi si-Mbah Google. Kenapa? Karena sejatinya yang menikmati blog kita bukanlah hanya diri kita saja, tetapi situs pencari Google dan orang yang membaca artikel yang kita publikasikan. Sehingga terkadang setiap desain yang kita buat sedimikian rupa belum tentu sesuai, malah terkadang membuat pengunjung enggan datang kembali.

Panduan Memilih Template Blog Dengan Baik dan Benar

Panduan yang akan saya bagikan kali ini dalam cara memilih template blog yang baik dan benar adalah mengacu kepada kaidah SEO Friendly sehingga pada nantinya saat anda akan mengoptimasi secara on page akan menjadi lebih mudah dan hasilnya akan lebih maksimal bagi perkembangan blog, berikut ini ulasannya :

Cara Memilih Template Untuk Blog Yang Benar


Sebenarnya bebas saja untuk menggunakan template seperti apa yang ingin anda terapkan pada blog/web anda, yang terpenting adalah kita bisa menulis dan mempublikasikan tulisan kita pada halaman web/blog yang kita miliki. Kita juga bebas untuk mengedit sedemikian rupa agar blog kita memiliki tampilan yang menarik untuk dipandang mata.

Tetapi, yang perlu kita ketahui kembali adalah kita membuat blog dan menulis sebuah postingan blog untuk dibaca dan dikenali oleh mesin pencari Google, Bing dan search engine lainnya. Jadi kita harus menyesuaikan keinginan-keinginan mereka semua, jangan hanya egois untuk mementingkan apa yang kita sukai. Salah satunya harus sesuai dengan kebijakan dari Google dan search engine termasuk para pembaca blog anda nantinya. Tampilan blog bagus, memiliki banyak corak warna namun tetap sepi yang mengunjungi untuk apa? Itu dikarenakan blog anda mungkin tidak SEO dan Responsive dan memiliki kekurangan dari segi yang lainnya, namun kita tidak membahas hal tersebut disini.

Berdasarkan pengalaman saya selama nge-blog ada hal-hal dan point penting yang harus anda perhatikan ketika anda hendak mengganti atau memilih sebuah template yang ingin anda terapkan pada sebuah blog, diantaranya :

1. Responsive
Sesuai dengan kebijakan baru dari Google yakni MobileGeddon yang dimana Google akan lebih mencintai situs web yang ramah terhadap penggunaan ponsel. Untuk menyesuaikan kebijakan tersebut, sehingga kita perlu mencari atau merubah template kita agar bisa tampil responsive, template yang sudah responsive nantinya akan secara otomatis baik itu fitur dan tampilannya akan menyesuaikan dengan perangkat yang sedang digunakan oleh pengunjung.

Manfaatnya tentu sangat banyak sekali, mengingat para era saat ini penggunaan smartphone meningkat dibandingkan penggunaan dekstop. Sehingga dapat diartikan orang lebih banyak mengakses dunia internet untuk mencari sumber informasi menggunakan sebuah smartphone atau ponsel cerdas dibandingkan menggunakan sebuah dekstop atau PC.
Dengan menggunakan template yang sudah responsive, bagi anda para publisher adsense dan periklanan lain tentunya ini akan sangat menguntungkan bukan?

2. User Friendly
Pengunjung akan lebih suka dan berdiam lama didalam halaman blog anda jika semua tools yang disediakan dapat dengan mudah untuk digunakan, seperti menu navigasi yang baik, dan fitur tambahan seperti back to top dan tombol share untuk berbagi konten yang anda miliki melalui media sosial. Struktur yang teratur juga akan lebih memudahkan pengunjung untuk mencari informasi yang diinginkannya.

3. Clean atau Rapih
Perlu diingat kembali, kita membuat blog untuk dibaca oleh seseorang bukan hanya oleh mesin pencari. Dan ternyata jenis template yang rapih dan bersih ini lebih banyak disukai pembaca serta Google. Sehingga penting sekali membuat blog kita tampak rapih dan bersih, selain enak untuk dipandang mata, tampilan blog yang rapih juga akan membuat pengunjung lebih nyaman untuk membaca artikel kita.

Selain itu, kombinasi warna juga mempengaruhi blog kita, karena template yang memiliki kombinasi warna yang baik akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengunjung untuk mengakses informasi blog kita. Sehingga akan mempengaruhi jumlah pageview halaman blog.

4. Simple dan Fast Loading
Menilik sejumlah blogger profesional yang ada, ternyata mereka lebih banyak menggunakan jenis template yang simple dan memiliki loading yang cepat. Karena kebanyakan pengunjung tidak ingin berlama-lama dalam menunggu loading blog, blog yang lamban juga akan memperburuk masa depan situs web/blog anda. Jadi pilihlah template yang memiliki loading yang cepat.


5. SEO
Perlu anda ketahui, bahwa keempat kriteria diatas adalah acuan template yang sudah mengandung unsur SEO. Sehingga utamakan memilih template yang mengandung ke lima unsur ini agar blog anda ramai pengunjung dan sesuai dengan kebijakan Google dan search engine lainnya.

6. Valid HTML dan CSS
Usahakan template yang anda pilih sudah valid HTML dan CSS. Karena jika banyak error yang disebabkan penggunaan template anda maka akan menghambat proses pengindekan oleh Google. Biasanya template yang sudah SEO Friendly akan menggunakan tag HTML dan CSS yang sudah valid.

Demikian semoga dapat memberikan manfaat untuk anda dalam memilih template yang akan digunakan. Pilihlah template yang pas dan sesuai dengan kriteria niche dan keenam panduan yang saya sebutkan diatas. Pemilihan template akan sangat berpengaruh pada search engine dan juga pengunjung blog, sehingga perlu sekali untuk cermat dalam memilih sebuah template yang baik dan benar. Nice Share!

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Panduan Memilih Template Blog Yang Baik dan Benar

Advertisement
Advertisement

2 komentar:

  1. Replies
    1. Terima Kasih gan. Semoga dapat memberikan manfaat.....salam

      Delete

> Komentar yang Anda kirim sepenuhnya dimoderisasi oleh Admin.
> Komentar yang mengandung Link aktif (spam) akan kami hapus
> Tidak Perlu Menulis Nama Blog Anda Disini, Saya Pasti Kunjungi Blog Anda
.

Advertiser