-->

Trik Mengatasi Kecanduan Belanja Online

Advertisement

Trik Mengatasi Kecanduan Belanja Online - Berbelanja online dapat memudahkan Anda mendapatkan barang tanpa harus keluar rumah. Namun, jika Anda tidak dapat mengontrol diri, kemudahan itu bisa membuat Anda kecanduan. Kalau sudah begitu, bukan tidak mungkin bahwa Anda bisa sangat boros.

Nah, artikel kali ini kami akan sharing sedikit cara mudah untuk mengatasi kecanduan berbelanja online, silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Trik Mengatasi Kecanduan Belanja Online

1. Cermati Kepraktisan
Faktor pertama yang mendorong seseorang berbelanja online adalah kepraktisan. Tanpa harus beranjak dari tempat duduknya atau meninggalkan kantor atau rumah, ia bisa melihat berbagai macam barang yang diperdagangkan didunia maya. Dari satu toko ke toko lainnya. Ia bisa menghemat waktu, tenaga serta biaya dibandingkan datang berbelanja ke toko secara langsung.

2. Tahan Emosi
Emosi yang dimaksud disini adalah berupa rasa penasaran. Pembeli akan terus bertanya apalagi barang baru yang ditawarkan di toko online. Memang salah satu kunci sukses menjual secara online adalah jual barang-barang yang cukup unik, yang jarang diperjualbelikan oleh toko lain ataupun toko nyata. Perasaan senang dan bangga bisa memiliki barang-barang yang unik yang tidak dimiliki oleh orang lain atau yang baru pertama kali dirilis akan mendorong orang untuk terus mengintip content website toko online, pada awalnya, yang dibeli hanyalah barang-barang yang relatif murah. Namun, lama-kelamaan, tanpa disari, harga menjadi sesuatu yang sangat relatif dibandingkan kepuasannya bisa mendapatkan barang yang diinginkannya

3. Pikirkan hal yang lebih penting
Seorang pecandu belanja secara online akan menjadikan harga sebagai sesuatu yang sangat relatif bila dibandingkan dengan kepuasannya dalam mendapatkan barang yang diinginkan. Tanpa disadari, ia akan terus mengeluarkan uang untuk barang yang sebenarnya kurang atau belum ia butuhkan. Hal ini tentu akan menjadi kurang baik seandainya dana yang digunakan untuk berbelanja tersebut, pada hakikatnya berasal dari pos pengeluaran yang lain dan bukan untuk berbelanja barang tersebut. Hal ini tentu saja dapat mengakibatkan kebutuhan lain yang lebih penting menjadi tidak terpenuhi.

4. Cek kartu kredi Anda
Kemudahan cara pembayaran menggunakan kartu kredit, yang biasanya diberikan oleh para penjual online, terkadang membuat konsumen semakin gelap mata. Dan yang menjadi kebiasaan kurang baik adalah bila tagihan lebih sering minimal payment karena memang sebenarnya dia tidak memiliki bujet untuk membeli barang tersebut. Akibatnya, akumulasi pembayaran justru akan semakin besar karena bunga berbunga.

5. Tanya pada diri sendiri
Sebenarnya tidak ada masalah bila seseorang kecanduan berbelanja online. Sepanjang semua kebutuhan lainnya seperti untuk menabung, berinvestasi, membayar cicilan hutang dan kebutuhan sehari-hari sudah terpenuhi. Namun, bila masih ada yang belum terpenuhi, maka kebiasaan tersebut akan menjadi suatu hal yang kurang baik. Bila berbelanja online telah menjadi hal yang kurang baik, langkah pertama untuk mengendalikannya adalah tanyakan pada diri sendiri. Kira-kira apa yang akan terjadi pada hidup kita untuk beberapa waktu ke depan bila kita terus-menerus "memelihara" kebiasaan buruk tersebut? Apakah membuat rencana kita punya rumah sendiri menjadi sirna karena uang yang seharusnya kita tabung untuk pembayaran DP-nya sudah habis duluan? Ataukah mungkin rencana kita untuk bisa menyekolahkan anak di sekolah terbaik menjadi buyar karena uang yang seharusnya dialokasikan untuk tabungan pendidikan mereka telah berubah menjadi barang-barang yang seharusnya tidak terlalu kita perlukan? Jadi, cobalah tanyakan pada diri sendiri apa hal buruk yang akan terjadi bila kecanduan terus berlangsung.

6. Putus semua akses
Sebagai penguat kita dalam mengurangi kecanduan berbelanja online, persulit atau putuskan semua akses yang biasanya menjadi sarana kita dalam berbelanja. Bisa itu dengan tidak membuka situs-situs belanja online, atau bila tidak sanggup dengan godaannya, setting-lah komputer Anda agar mem-block situs-situs tersebut. Berikutnya, tinggalkan kartu kredit Anda di rumah atau jangan biarkan dia berda di dompet Anda bila memang Anda tidak bisa mengendalikan diri untuk tidak menggunakannya. Pada kasus kecanduan akut, sebaiknya tutup saja kartu kredit Anda.

7. Hapus semua aplikasi
Hapus semua aplikasi SMS banking, telephone banking ataupun internet banking dari gadget ataupun komputer Anda. Dengan tidak adanya fasilitas tersebut, tentu rasa kepraktisan yang kita rasakan bila berbelanja online akan menjadi berkurang dan akan membuat kita jadi malas untuk bertransaksi. Bila perlu, sama halnya dengan kartu kredit, jangan biarkan juga kartu ATM berada dekat-dekat kita, agar kita tidak tergoda untuk menggunakannya


Nah, demikian cara yang bisa saya bagikan tentang bagaimana mengatasi kecanduan berbelanja online pada kesempatan kali ini. Semoga tip dan trik ini bermanfaat untuk Anda semua. Jangan lupa nantikan tips menarik lainnya dari kami. Jangan lupa share dan komentnya jika Anda menyukai artikel dari kami. Thanks and Nice Share

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Trik Mengatasi Kecanduan Belanja Online

Advertisement
Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

> Komentar yang Anda kirim sepenuhnya dimoderisasi oleh Admin.
> Komentar yang mengandung Link aktif (spam) akan kami hapus
> Tidak Perlu Menulis Nama Blog Anda Disini, Saya Pasti Kunjungi Blog Anda
.

Advertiser