-->

Ingin Jantung Sehat? Lakukan Tips Sehat Ini

Advertisement

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian utama di dunia. Meski lebih dikenal sebagai penyakit yang diderita para kaum pria, wanita pun tetap harus waspada. Sebuah penelitian di UCLA (University fo California, Los Angeles) menemukan tekanan darah pada 17.061 wanita setengah baya lebih tinggi dua kali lipat dibandingkan pria. Gaya hidup modern membuat wanita lebih mudah stress, memiliki pola makan yang buruk dan kurang beristirahat.

Ingin Jantung Sehat? Lakukan Tips Sehat Ini

Waspada pada ancaman penyakit jantung, tak cukup dengan melakukan tes kesehatan setahun sekali, lakukan sepanjang tahun dengan panduan tips jantung sehat yang kami bagikan pada kesempatan kali ini.

Kenali Resiko Anda
Lakukan check-up kesehatan dan catat angka penting, seperti tekanan darah, kolesterol, berat badan dan ukuran lingkar pinggang. Berdasarkan hasil check-up, dokter dapat mengupayakan pengobatan dini atau pencegahan bagi yang beresiko.

#1. Ukur lingkar perut
Jumlah lemak pada bagian perut lebih menentukan resiko penyakit jantung daripada lemak pada daerah tubuh lain. Tumpukan lemak di perut dapat mengganggu alirah darah ke seluruh bagian tubuh yang menjadi penentu kerja jantung. Lingkar perut wanita idealnya kurang dari 80 cm. Pengukuran diambil tepat dibawah pusar, dilakukan saat duduk dan sambil membuang nafas. Jika Anda kelebihan berat badan karena lemak perut, lakukan olahraga aerobik. Latihan aerobik adalah pilihan terbaik untuk menghilangkan timbunan lemak di daerah perut.

#2. Catat riwayat jantung keluarga
Resiko anak terkena penyakit jantung akan meningkat apabila orangtua memiliki riwayat terserang penyakit ini pada usia sebelum 55 tahun (ayah) dan 65 tahun (ibu). Caritahu juga riwayat panyakit saudara kandung Anda, gejala penyakit dan pada usia berapa. Jika keluarga pernah mengalami, Anda harus segera mengunjungi dokter.

#3. Berhentilah merokok
Merokok dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Merokok sedikitnya 1-4 batang sehari dapat menyebabkan serangan jantung yang mematikan. Rokok dengan ratusan kandungan kimia di dalamnya dapat menyebabkan kerusakan struktur otot jantung dan pembuluh darah jantung. Bahkan nikotin dan karbon monoksida saja sudah cukup untuk menyakibatkan kerusakan jantung.

Langkah Selanjutnya : Ubahlah pikiran Anda bahwa Anda sudah cukup sehat tanpa harus melakukan check-up. Ketahui berapa kadar kolesterol konvensional (kolesterol total, ditambah kolesterol LDL dan HDL) trigliserida dan kadar gula darah Anda. Lakukan pemeriksaan labolatorium rutin setahun sekali. Pastikan dokter menjelaskan setipa detail angkanya. Jangan lekas menerima ucapan seperti "semuanya baik-baik saja". Jadialah pasien yang kritis, tanyakan arti dari setiap angka.

Mulailah Program Diet
Bermacam-macam cara dilakukan untuk menjauhkan resiko penyakit jantung, namun pola makan selalu menjadi salah satu cara yang paling penting. Misalnya dengan konsumsi setengah cangkir kacang merah sehari dalam 8 minggu dapat memangkas kolesterol jahat LDL sebesar 8%. Setiap persen pada LDL Anda dapat menurunkan resiko penyakit jantung hingga 3%.

#1. Ubahlah menu sarapan
Penting untuk menjaga jumlah kalori sarapn Anda antara 300-500 kalori. Pilihlah menu sarapan yang rendah kalori seperti roti dan gandum atau bisa juga roti panggang. Sereal juga bisa menjadi pilihan yang sangat tepat, namun perhatikan jumlah kalori yang tertera pada label nutrisi pada kemasan produk yang Anda konsumsi.

#2. Ganti minyak
Singkirkan mentega dan mulailah memasak dengan minyak zaitun atau canola. Kedua minyak tersebut kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan polifenol, yaitu senyawa yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh kita dan dapat mengurangi resiko pembekuan darah.

#3. Konsumsi kacang-kacangan
Mengunyah kacang kenari, almond, pistachio atau jenis kacang lain beberapa kali seminggu bisa menurunkan resiko penyakit jantung sebesar 35%. Kombinasikan juga dengan potonga buah atau irisan sayur sabagai camilan sehat Anda. Kandungan lemak baik pada kacang akan meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh 18 kali lebih banyak.

#4. Perbanyak buah dan sayuran makan
 Cobalah membiasakan diri makan dengan perhitungan. Untuk sarapan, taburi buah pada sereal atau campurkan irisan pisang dan selai kacang pada roti panggang. Saat makan siang, Anda dapat menyiapkan wortel atau tomat dalam menu. Sedangkan untuk makan malam, pilihlah salad. Jika diinginkan, Anda juga dapat minum segelas sayuran setiap hari untuk memenuhi lima porsi sayur sehat. Sebaiknya Anda juga rutin makan ikan. Ikan memiliki kandungan EPA dan DHA yang tinggi. Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 pada ikan juga dapat mencegah timbulnya penyakit jantung dan melawan inflamasi. Omega-3 ini juga dapat mencegah aritmia (ketidakteraturan irama jantung). Bagi Anda yang vegetarian, dapat mengonsumsi suplemen omega-3 berbasis alga.

Langkah Selanjutnya : Pola makan yang tepat adalah menenuhi menu Anda dengan sayur dan buah. Konsumsi juga biji-bijan dalam porsi moderat, dua porsi ikan dalam seminggu, dan susu bebas lemak setiap hari. Gunakan minyak pengganti mentega. Tambahkan kacang-kacangan dalam menu dan hindari mengonsumsi lemak jenuh dari daging.


Ayo Bergerak!
Aktif bergerak dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung sebesar 50%. Tekanan darah sistolik bisa turun sebanyak lima poin hanya dalam waktu 3x10 menit berjalan tiga kali seminggu. Jika Anda rajin bergerak, maka kolesterol HDL Anda akan meningkat dan melindungi jantung dari penyakit jantung koroner.

#1. Luangkan waktu selama 10 menit
Lakukan aktivitas fisik tanpa ada jeda. Ada banyak manfaat yang kita dapatkan dengan melakukan aktivitas fisik moderat, salah satunya meningkatkan kebugaran dan menyehatkan jantung. Para ahli merekomendasikan berjalan 10.000 langkah perhari untuk mendukung aktivitas fisik dan mendapatkan manfaat kesehatan. Target Anda minggu ini adalah tiga kali 10 menit berjalan kaki (atau dua kali 15 menit) selama lima hari.

#2. Puncaknya untuk mendapatkan keuntungan maksimal bagi jantung
Lakukan latihan pada tingkat yang membuat Anda bernafas agak sulit dan merasakan jantung Anda berdetak lebih cepat. Cobalah berjalan lebih cepat atau pilihlah jalur dengan tanjakan. 

Kalahkan Stress
Stress berkepanjangan adalah hal yang buruk karena bisa menyebabkan sakit kepala, tegang otot, gangguan pencernaan, kesulitan tidur hingga depresi. Selain itu stress dapat mengganggu sistem kerja otak sehingga sering kali ketika orang stress, maka akan terjadi penggumpalan darah beku di otak. Selain karena gumpalan, pada jantung, stress akan menimbulkan irama detak jantung tak teratur hingga menimbulkan gangguan pembuluh darah jantung (penyakit jantung koroner).

#1. Jawablah pertanyaan penting ini
Dalam dua minggu terakhir, apakah Anda :

1. Merasa kurang menyukai dan menikmati aktivitas Anda?
2. Merasa sedih, depresi dan putus asa?

Jika jawabannya adalah "IYA", maka segeralah pergi kedokter atau mengunjungi pakar psikolog. Bisa berbicara terbuka akan membuat jantung Anda lebih baik. Saran-saran dari orang terpercaya ini juga akan membantu Anda mengatasi depresi lebih mudah, misalnya dokter menyarankan Anda untuk mengubah pola makan dan mulai berolahraga.

#2. Bicarakan persoalan
Yang Anda hadapi dengan teman dekat yang bisa dipercaya. Penelitian di Swedia menemukan bahwa gejala depresi lebih banyak ditemukan pada orang-orang yang tidak memiliki teman (anti-sosial)

#3. Identifikasi penyebab stress
Dalam hidup Anda, misalanya stress karena pekerjaan. Peneliti asal Duke University menemukan kadar hormon stress pada ibu bekerja leih tinggi, meski saat mereka tidak bekerja. Hal ini membuat mereka memiliki resiko terkena serangan jantung lebih tinggi. Mulai di minggu ini, catatlah kapan dan mengapa Anda merasa stress, kemudian atasilah segera mungkin.

Langkah Selanjutnya : Setelah mengetahui penyebab dan tingkat stress Anda, cobalah temukan solusinya segera. Anda memegang kendali penuh untuk rasa stress yang Anda alami. Alihkan pikiran dari masalah yang belum teratasi dengan melakukan kegiatan seperti yoga, meditasi dan menari atau juga bisa dengan latihan fisik. Aktivitas ini akan membantu melindungi jantung Anda. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang memiliki resiko penyakit jantung namun dapat mengatasi stress, maka 74% lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal dunia karena serangan jantung mematikan.

Jangan pernah malas untuk bisa hidup sehat, sehat itu kan pilihan terbaik daripada Anda harus membayar dokter untuk bisa memulihkan kesehatan Anda. Jangan jadikan penyakit jantung sebagai alasan Anda memulai hidup sehat lagi, lakukanlah dari sekarang, sebelum penyakit jantung lebih dulu merenggut kesehatan Anda.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ingin Jantung Sehat? Lakukan Tips Sehat Ini

Advertisement
Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

> Komentar yang Anda kirim sepenuhnya dimoderisasi oleh Admin.
> Komentar yang mengandung Link aktif (spam) akan kami hapus
> Tidak Perlu Menulis Nama Blog Anda Disini, Saya Pasti Kunjungi Blog Anda
.

Advertiser