-->

Pusing Saat Hamil? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya

Advertisement

Cara Mengatasi Pusing Saat Hamil - Masa kehamilan adalah moment indah yang tidak akan pernah terlupakan bagi setiap pasangan. Tak hanya indah, moment berharga ini juga banyak dinanti-nanti para pasangan muda yang baru menikah, lantaran berharap bisa mendapatkan anugrah seorang anak yang lucu dan menggemaskan. Bagi ibu-ibu yang sedang hamil tentu pernah merasakan pusing, namun pusing yang dirasakan tentu berbeda dengan pusing orang-orang yang biasa atau tidak sedang hamil. 

Pusing Saat Hamil? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya

Selain itu, bagi pasangan yang baru mengalami masa kehamilan biasanya menderita pusing-pusing yang tidak menentu yang kurang lebih selama 40 hari setelah masa kehamilan dimulai. Pusing saat hamil bisa menjadi hal yang menakutkan bagi para pasangan muda. Namun tenang saja, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi apa saja yang menyebabkan pusing saat hamil dan bagaimana cara mengatasi pusing saat hamil. Mari kita simak ulasannya dibawah ini.

#Mari kita mulai dengan penyebab-penyebabnya.

1. Gula Darah Rendah
Ketika sistem gula darah Anda rendah, maka Anda dapat mengalami beberapa gejala buruk seperti cepat letih dan lemas, pusing, denyut jantung berdetak lebih cepat dan alami haus berlebihan.

2. Dehidrasi
Selain makan untuk kebutuhan dua orang, Anda juga minum untuk mencukupi dua tubuh yang menjadi satu. Wanita yang sedang hamil lebih mudah terserang dehidrasi, maka berhati-hatilah dengan point ini.

3. Tingkat Progesteron
Peningkatan kadar progesteron mendorong darah dalam jumlah yang besar mengalir ke bayi Anda, dan mengurangi aliran darah ke otak Anda sehingga dapat menurunkan tekanan darah Anda. Hal inilah yang menyebabkan Anda sering pusing selama masa hamil.

4. Sistem Peredaran Darah
Sistem peredaran darah tumbuh pada tingkat yang cepat dan tubuh wanita yang hamil tidak memproduksi cukup darah untuk mengisinya. Hal inilah yang menyebabkan Anda lemas terasa mau pingsan.

5. Overhating
Menghabiskan waktu telalu banyak waktu diruang panas, kantor atau restoran akan menyebabkan tubuh menjadi terlalu panas (overheating), sehingga Anda bisa saja mengalami pusing berlebihan.

6. Tekanan Darah Rendah
Bayi Anda tumbuh sedemikian rupa bahwa hal inilah yang menyebabkan tekanan darah pada pembuluh darah Anda menjadi lebih besar. Saat Anda berbaring terlentang, maka tingkat progesteron akan mendorong pembuluh darah untuk melebar. Ini berarti darah akan mengalir dalam jumlah yang ekstra untuk bayi yang kandung, dan tingkatnya pun lebih tinggi dibanding sedang tidak hamil, sedangkan darah untuk tubuh Anda tidak begitu banyak, karena saat proses ini tubuh akan mengurangi tekanan darah Anda. 

Jadi, sekarang Anda sudah tahu kan mengapa hal ini (pusing) bisa terjadi. Mari kita lanjut ke pembahasan selanjutnya tentang cara mengatasi mual disaat hamil.

Cara Mengatasi Pusing dan Kelelahan Saat Hamil

Cobalah berbaring dan mengangkat kedua kaki Anda sampai Anda merasa benar-benar OK lagi. Jika Anda merasa tidak nyaman saat berbaring, cobalah dengan duduk. Dari posisi duduk membungkuk ke bawah dan mencoba untuk menyentuh kaki Anda. Kami tidak menyarankan Anda benar-benar menyentuh kaki Anda, tapi cukup searah saja. Begitu Anda sudah merasa sediki membaik, silahkan lakukan tiga hal dibawah ini :
  1. Pastikan pakaian yang Anda gunakan tidak terlalu ketat
  2. Memiliki segelas besar air putih dan makan ringan
  3. Berjalan-jalan kecil di luar rumah setidaknya selama 5 menit
Jangan lakukan kegiatan apapun sebelum rasa pusing Anda benar-benar teratasi dan sampai benar-benar Anda stabil.

1. Hati-hati dalam melangkah 
Ketika bangun tidur, usahakan jangan terburu-buru dari posisi berbaring untuk duduk ataupun sebaliknya, lakukanlah dengan hati-hati, dan begitupula saat Anda mulai melangkah saat bangkit dari duduk, ambillah jeda beberapa detik untuk membuat tubuh stabil terlebih dulu.

2. Konsumsi Makanan Yang Baik
Anda harus memastikan semua makanan yang Anda konsumsi adalah baik untuk tubuh dan bayi dalam rahim Anda. Saat hamil, biasanya Anda memiliki nafsu makan yang lebih banyak, cobalah sediakan cemilan sehat setiap saat. Hindari makan-makanan yang dapat meningkatkan gula darah Anda meningkat.


3. Menghirup Udara Segar
Pastikan untuk mendapatkan udara segar di luar ruangan sesering yang Anda bisa. 

4. Tidur dengan Posisi Miring
Berbaring telentang adalah ide yang buruk untuk menghindari pusing, sebab bayi akan menekan vena kava Anda sehingga akan memperlambar aliran darah. Cobalah untuk tidur sambil berbaring miring, dengan posisi perut berada disamping.

5. Dress in Layers
Dengan cara ini Anda dapat menambahkan lapisan pakaian apapun yang Anda inginkan untuk mendapatkan suhu tubuh yang tepat.

6. Hindari Berdiri Terlalu Lama
Berdiri untuk jangka waktu yang lama sangat tidak dianjurkan,karena itu cobalah sediakan kursi di dekat Anda, atau tempat dimana Anda bisa duduk dengan nyaman.

7. Banyak Minum
Minumlah setidaknya delapan gelas air atau jus setiap hari. Jangan sampai dehidrasi, ingat Anda minum bukan untuk diri Anda sendiri, tapi ada bayi yang juga minum melalui minuman yang Anda minum.


NOTE : Jika pusing Anda tidak kunjung membaik, segeralah periksakan ke dokter untuk memeriksa kondisi tubuh Anda.


Nah, demikian cara mengatasi pusing dan kelelahan saat hamil yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, memang tidak semua orang hamil mengalami hal yang sama, begitu juga dengan pusing saat hamil atau kelelahan. Setidaknya artikel ini dapat berguna untuk menjaga kesehatan Anda dan juga bayi yang ada didalam kandungan Anda. 

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pusing Saat Hamil? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya

Advertisement
Advertisement

4 komentar:

  1. Gue baru tahu kalo hamil bisa kayak gini juga. Belom pernah hamil, sih. Muehehehe.
    Tapi infonya bagus, nih. Buat pembelajaran kedepan. Makasih yaaa :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama kak Deva, gimna mau hamil, undangannya aja belum di kirim ke saya? Hehehe,...semoga bermanfaat ya artikelnya, makasih juga udah mau berkunjung kak

      Delete
  2. aku kayaknya nggak akan pernah hamil deh :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abang febri bisa aja, emang abang pingin hamil juga ya??? hehehe

      Delete

> Komentar yang Anda kirim sepenuhnya dimoderisasi oleh Admin.
> Komentar yang mengandung Link aktif (spam) akan kami hapus
> Tidak Perlu Menulis Nama Blog Anda Disini, Saya Pasti Kunjungi Blog Anda
.

Advertiser