-->

Susah Tidur? Coba Saja Dengarkan Musik Klasik

Advertisement

Manfaat Musik Klasik Untuk Tidur  - Anda susah mendapatkan tidur yang nyenyak? Atau Anda penderita insomnia? Mungkin ada baiknya sesekali Anda mencoba mendengarkan musik klasik sebelum tidur dimalam hari. Sebab, tidak hanya mampu mengurangi stres saja, mendengarkan musik klasik juga mampu meningkatkan fokus dalam belajar, dan bahkan mampu menurunkan tekanan darah pada tubuh serta dapat menjadi obat bius untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas bagi sebagian orang. 

Susah Tidur? Coba Saja Dengarkan Musik Klasik
Manfaat Musik Klasik

Tapi bagaimana dengan penderita insomnia? Dapatkan musik yang indah ini benar-benar membantu mereka untuk memiliki tidur yang berkualitas dan tenang? Nah, berikut ini adalah 4 asalan mengapa para penggemar musik klasik bisa mendapatkan tidur berkualitas dan bagaimana mereka memanfaatkannya untuk bisa mendapatkan tidur yang tenang sepanjang malam dengan mimpi-mimpi yang indah tanpa khawatir tentang insomnia.

1. Membantu Pikiran Anda Lebih Rileks
Dimalam hari saat kantuk datang, seluruh anggota tubuh membutuhkan suasana yang tenang untuk dapat beristirahat. Mendengarkan musik klasik dapat membantu otak kita menjadi lebih rileks, sebab irama-irama yang dihasilkan akan membantu untuk memperlambat gelombang otak kita.

Para ahli bersepakat bahwa musik dengan irama yang teratur sekitar 60-80 BPM (denyut per menit), pithces yang rendah, serta lagu yang santai dapat membantu meningkatkan konsentrasi kerja otak menjadi lebih baik.

2. Membantu Tubuh Menjadi Lebih Santai
Pikiran tidak karuan akibat stres dan cemas terlalu tinggi dapat menyebabkan detak jantung tak beraturan sehingga sulit untuk membuat mata terlelap tidur. Penelitian menunjukkan bahwa, mendengarkan musik mampu memperlambat pernafasan dan jantung lebih tenang. Saat hendak tidur, kita membutuhkan keadaan yang tenang untuk membuat tubuh mulai rileks.

Sebuah studi yang dilakukan para Peneliti di Taiwan, menemukan bahwa orang dewasa dan orang lebih tua yang mendengarkan musik klasik secara rutin secara signifikan kualitas tidur mereka meningkat pesar, bahkan setelah itu mereka dapat mendapatkan istirahat malam yang baik tanpa membutuhkan alat bantu tidur.

3. Musik Klasik Memiliki Kekuatan untuk Menyembuhkan
Saat Anda tidak enak badan atau sakit, terkadang sangat sulit sekali untuk bisa tidur dengan lelap tanpa harus bangun di tengah malam. Sebuah penelitian yang dilaporkan oleh The Journal of Advanced Nursing, mengungkapkan bahwa musik membantu mengurangi rasa sakit rematik sebesar 21% dan depresi sebesar 25%.

Demikian pula, pasien stroke di Finlandia memiliki kemajuan signifikan dalam memori dan gerak spontanitas tubuh ketika mereka mendengarkan musik (klasik atau jazz). Mereka yang mendengarkan jauh lebih baik daripada kelompok lain yang tidak mendengarkan musik apapun.

4. Mendengarkan Musik Juga Mengurangi Kebisingan Dimalam Hari
Saat malam hari, mungkin ada pemilik rumah lain yang memiliki binatang peliharan seperti anjing dan lalu lintas jalanan yang membuat bising, belum lagi alarm pencuri dan tetangga yang berisik. Untuk bisa mendapatkan suasana yang tenang mungkin Anda bisa menghindarinya dengan pergi ke daerah pedesaan atau pegunungan, namun tidak mungkin Anda harus pergi setiap malam untuk bisa tidur nyenyak.

Cara terbaik untuk mengurangi semua kebisingan ini adalah dengan mendengarkan musik klasik, terutama jika Anda tahu bahwa musik jenis ini juga sangat baik untuk kesehatan dan memperkuat kinerja otak Anda. 

Jika Anda menderita gangguan tidur atau insomnia, Anda bukanlah kaum minoritas, sebab ada hampir 40 juta orang di Amerika dan dunia yang memiliki masalah tidur seperti Anda dan ini adalah masalah yang global atau umum. Mungkin sudah saat Anda mulai mencoba mendengarkan musik klasik dan menjadikannya bagian dari rutinitas Anda sebelum tidur. Selamat mencoba dan semoga mimpi indah. 

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Susah Tidur? Coba Saja Dengarkan Musik Klasik

Advertisement
Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

> Komentar yang Anda kirim sepenuhnya dimoderisasi oleh Admin.
> Komentar yang mengandung Link aktif (spam) akan kami hapus
> Tidak Perlu Menulis Nama Blog Anda Disini, Saya Pasti Kunjungi Blog Anda
.

Advertiser