-->

Kata Kata Bijak tentang Sombong (Kesombongan)

Advertisement

Zallegiance - Kata Kata Bijak - Pada kesempatan kali ini Admin ingin berbagi kumpulan kata kata mutiara bijak tentang sombong atau kesombongan. Dimana sifat tidak terpuji ini sering kali membuat kita lupa diri bahwa apa yang kita miliki bukanlah milik kita, melainkan hanya titipan dari Tuhan Yang Maha Esa. Sudah sepatutnya yang namanya titipan, kelak akan diambil atau kembali kepada-Nya. Namun, kerap kali kita dibutakan oleh manis dan nikmatnya dunia yang sesaat.

Kata Kata Bijak tentang Sombong (Kesombongan)

Ada banyak dampak negatif dari sifat sombong, dimana orang yang memiliki sifat ini akan selalu menganggap orang lain lebih rendah dari dirinya sendiri. Pemilik sifat buruk ini akan selalu meremehkan orang lain, tidak dapat menolak kebenaran, tidak suka dikritik walaupun sudah jelas ia salah atau dalam posisi tidak benar. Lebih dari itu, mereka tidak akan pernah suka jika melihat kemajuan yang dicapai orang lain (sirik). Sudah sepantasnya kita sebagai manusia yang dilahirkan hanya dari segumpal tanah tidaklah pantas memiliki sifat yang tidak disukai oleh Tuhan ini.

Salah satu hal yang dapat menjadikan segala amal bajik yang kita lakukan adalah rasa bangga pada diri sendiri. Penyakit ini akan merembes masuk ke dalam jiwa untuk menjadikan jiwa manusia ternoda dan menghancurkan seluruh amal sholeh, hingga apa yang kita lakukan akan menjadi sia-sia. Marilah kawan-kawan, dan seluruh pengunjung setia situs/blog ini kita jauhi sifat terkutuk ini dan berdo'a kepada Tuhan agar tidak memiliki rasa bangga, riya' dan sombong terhadap diri sendiri.

Kumpulan Kata Kata Mutiara Bijak tentang Sombong


Diam itu emas, jika Anda tidak memiliki jawaban yang tepat lebih baik untuk berdiam diri.

Kerendahan hati akan menuntun pada kekuatan bukan pada kelemahan. Mengakui kesalahan dan melakukan perubahan atas kesalahan adalah bentuk tertinggi dari penghormatan pada diri sendiri.

hati-hatilah terhadap sifat sombong! Karena tidak akan bisa masuk syurga orang yang dihatinya tersimpan setitik kesombongan (Imam Kazhim A.S)

Sesungguhnya Allah mengharamkan syurga bagi pencela yang tidak tahu malu dan tidak memikirkan apa yang keluar dari mulutnya serta apa yang dikatakan orang lain kepadanya (Imam Kazhim A.S)

Setengah pintar yang disertai tawadhu' lebih disenangi oleh hati manusia dan lebih bermanfaat bagi masyarakat dibandingkan dengan kecerdasan dan kepandaian yang tinggi namun disertai dengan kesombongan (Musthafa Assibai)

Kesombongan itu datang karena hati tidak memiliki iman yang kuat. Jika Kamu ingin terhindar dari sifat sombong, maka kuatkanlah imanmu kepada-Nya.

Apa yang kita tanam, maka kelak itulah yang akan kita panen.

Tidak perlu menyombongkan diri, karena apa yang kita miliki saat ini tidaklah kekal.

Hidup ini hanya sementara, apa yang ada didunia ini juga tidak akan pernah kekal. Buat apa engkau membanggakan apa yang kamu miliki.

Manusia itu tidak pantas untuk sombong dan meminta di hormati, karena yang pantas hanyalah Allah. Ia lah pemilik alam semesta dan seluruh isi-isinya, maka Dia-lah yang hanya pantas memiliki sifat sombong.

Setiap orang pasti memiliki kelebihan yang tanpa harus di tonjolkan dengan kesombongan.

Jangan pernah bangga terhadap apa yang kita miliki, karena bisa saja Tuhan sewaktu-waktu mengambil apa yang kita punya.

Kesombongan itu dalah menolak kebenaran dan merendah-rendahkan orang lain (Hr. Muslim)

Janganlah berjalan di muka bumi ini dengan kepala menengadap keatas (sombong)...

Orang yang paling jauh dariku pada hari kiamat kelak dalah orang yang banyak omong, yang membual serta menyombongkan diri... (HR. Ahmad)

Untuk apa membangga-banggakan harta dan kedudukan di dunia, kelak saat mati keduanya tidak akan dibawa-bawa.

Kita dilahirkan dari tanah liat, meka kelakpun kita akan kembali menjadi tanah..ingatlah kawan-kawanku.

Gunung yang tinggi, besar, luas dan gagah perkasapun tidak pernah bangga. Lalu kenapa engkau yang hanya sejentiknya berani sombong. Malulah sama gunung!

Demikian kumpulan kata kata mutiara bijak tentang sombong/kesombongan. Semoga artikel ini bisa menjadikan kita inspirasi dan motivasi untuk memperbaiki diri sehingga kita bisa menjauhi sifat tidak terpuji ini. Akhir kata, mari kita sama-sama saling introspeksi diri, tidak perlu meremehkan orang lain. Karena apa yang kita lihat secara kasat mata, belumlah tentu sama dengan aslinya. 

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kata Kata Bijak tentang Sombong (Kesombongan)

Advertisement
Advertisement

2 komentar:

  1. Mas butuh motivasinya waktu mas ditolak saat upgrade akun adsense untuk blog ini apa saja yang mas perubahi dalam blog ini, saya mendapati di forum adsense pas mas menanyakan tentang di tolak adsense karena kebijakan adsense

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, motivasi apa ni gan...panjang ceritanya gan...nanti kapan-kapan saya buat artikelnya buat sobat-sobat blogger lain. Saya lihat blog agan sudah muncul iklan Adsense, memang ada masalah apa dengan iklannya gan...

      Delete

> Komentar yang Anda kirim sepenuhnya dimoderisasi oleh Admin.
> Komentar yang mengandung Link aktif (spam) akan kami hapus
> Tidak Perlu Menulis Nama Blog Anda Disini, Saya Pasti Kunjungi Blog Anda
.

Advertiser