-->

Update: Ini Dia 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2016

Advertisement

Forbes belum lama ini merilis update orang terkaya di Indonesia 2016. Data yang sajikan tidak hanya berlaku untuk Indonesia saja, tapi juga termasuk nama-nama konglomerat di seluruh dunia, sehingga jika diurutkan kita akan mendapati daftar orang terkaya berdasarkan asal negara masing-masing yang kita butuhkan. Beberapa waktu lalu, kami juga merilis nama orang terkaya di Indonesia tahun 2015. Dan ternyata ada beberapa nama yang masih menyabet kedudukan konglomerat di tahun 2016 ini, dan sebagian nama lain tergeser keluar dari posisi 10 besar. 

Ini Dia 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2016

Sebagai bahan motivasi dan inspirasi Anda semua, memang tidak ada salahnya kami hadirkan deretan 10 nama tersebut kepada Anda. Bukan tidak mungkin, jika dikemudian hari nama Anda bisa menggantikan posisi dari kesepuluh daftar konglomerat di Indonesia tersebut. Nah, berikut ini 10 nama orang terkaya di Indonesia tahun 2016.

1) Budi Hartono masih tetap berada di puncak daftar ini. Total kekayaan yang dimilikinya yaitu US$ 8,1 miliar jika di rupiahkan sekitar Rp 105,3 triliun. Sumber kekayaanya berasal dari bisnis utamanya yaitu Rokok serta memiliki sebagian besar saham Bank BCA. Grup Djarum merupakan pilar bisnis yang dia geluti bersama dengan sang kakak Michael Hartono. Kini usaha mereka telah merambah berbagai sektor termasuk bank BCA. 

2) Michael Hartono Sama seperti adiknya, Budi Hartono, sang kakak Michael Hartono juga masih menempati posisi kedua dari 10 orang terkaya di Indonesia. Tahun ini, Michael menempati peringkat 146 orang terkaya di dunia. Bersama sang adik, Michael juga memegang aset berharga di Bank Central Asia. Hal lain yang menyumbang pendapatan besar Michael adalah dari industri rokok kretek yang merupakan perpaduan cengkeh, tembakau dan bahan lainnya.

3) Chairul Tanjung merupakan pengusaha Indonesia yang berusia 53 tahun. Ia memiliki total harta senilai US$ 4,9 miliar atau setara dengan Rp 63.7 triliun. Bisnisnya meliputi berbagai bidang seperti media, perbankan, hiburan, kuliner, perkebunan, dan gaya hidup. CT merupakan nama sapaannya dan menjadi nama induk perusahaan yaitu CT Corp yang membawahi berbagai anak perusahaan termasuk Trans Corp. CT sendiri kini menduduki peringkat 286 dunia.


4) Sri Prakash Lohia Peringkat kekayaannya turun satu tangga dibanding tahun lalu. Sumber kekayaan pria keturunan India ini datang dari perusahaan tekstilnya yang berada di 18 negara, yakni Indorama Group. Indorama memulai bisnisnya dalam pembuatan benang pintal pada 1976. Kini mereka lebih bergerak pada produk industri termasuk polietilen, polypropylene yang digunakan untuk thermoplastic dan sarung tangan medis.

5) Selanjutnya adalah Bachtiar Karim, Pengusaha yang menduduki peringkat 527 orang terkaya di dunia ini sangat suskes di sektor perkebunan sawit. Bachtiar Karim mendirikan kantor pusatnya, PT Musim Mas di Medan, Sumatera Utara. Musim Mas merupakan perusahaan minyak sawit yang terbesar dan menjadi penyuplai untuk banyak bisnis. Jaringan distribusinya bahkan telah mencapai ke 80 negara. Musim Mas baru saja bergabung dengan Indonesian Palm Oil Pledge. Perusahaan itu menandatangani perjanjian pada 2015 dengan perkebunan kelapa sawit Malaysia.

6) Mochtar Riady seorang pengusaha dan sekaligus CEO Lippo Group ini menduduki peringkat 6 dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia. Lippo Group yang saat ini yang kini dijalanlan anaknya James dan Stephen membawahi berbagai bidang usaha, antara lain di perbankan, properti, dan rumah sakit. Keberadaan Lippo Group sendiri bermula dari dioperasikannya Lippo Bank. Dari Lippo Bank inilah akhirnya Lippo Group tumbuh pesat, bahkan hingga merambah ke luar negeri.

7) Tahir adalah pemilik Mayapada Group dan juga pemilik lisensi Forbes Indonesia. Pada tahun 2015, ia menjual saham Bank Mayapada senilai lebih dari 150 juta dolar. Hasilnya ia belikan dua bangunan, satu di Indonesia dan satu lagi di Jepang. Tercatat ia juga masih memiliki setengah miliar saham di bank dan bisnis properti lain di Indonesia dan Singapura. Tahun ini Tahir menduduki daftar 10 orang terkaya di Indonesia, sebelumnya ia tidak berada pada daftar tersebut.

8) Murdaya Poo adalah orang terkaya ke-8 di Indonesia. Di dunia, ia menjadi orang terkaya ke-959 dengan kekayaan mencapai US$ 1,9 miliar atau setara Rp 25,2 triliun. Murdaya juga tercatat sebagai pemilik Jakarta International Expo yang merupakah salah satu venue konvensi dan pameran terbesar di Jakarta.

9) Peter Sondakh nama besar kesuksesan Rajawali Group selama ini ada dibalik kerja keras Peter. Beliau bukan hanya konglomerat yang sukses menjalankan usaha di sektor pertambangan dan perkebunan saja. Ia juga membangun St Regis, sebuah superblock serba guna di Jakarta yang akan selesai awal 2016 ini.

10) Eddy Kusnadi Sariaatmadja adalah pengusaha berusia 62 tahun. Ia bergelut di bisnis media. Dari bisnisnya itu ia memiliki harta sekitar US$ 1.6 miliar atau setara Rp 20.8 triliun. Elang Mahkota Teknologi adalah salah satu induk perusahaanya yang membawahi perusahaan media diantaranya adalah Liputan6.com dan SCTV. Pada peringkat dunia ia tercatat di urutan ke-1121 dunia.

Dikarenakan ada beberapa nama baru yang masuk ke daftar 10 besar orang terkaya Indonesia 2016 ini maka sudah pasti ada yang tergeser. Berikut nama-nama yang posisinya kini keluar dari 10 besar, ada Susilo Wonowidjojo – Gudang Garam, Eka Tjipta Widjaja – Sinar Mas, Antoni Salim – Indofood, Boenjamin Setiawan – Kalbe Farma.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Update: Ini Dia 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2016

Advertisement
Advertisement

2 komentar:

  1. thx informasinya bos. mantap22 tuh uangnya yah, pada nyetak sendriri pa gimana kok bisa banyak gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo nyetak si enggak bos, mereka memiliki bisnis(usaha) yang luar biasa dan tentunya diserta dengan usaha, kerja keras dan semangat luar biasa yang patut dijadikan inspirasi...bukankah begitu bos?

      Delete

> Komentar yang Anda kirim sepenuhnya dimoderisasi oleh Admin.
> Komentar yang mengandung Link aktif (spam) akan kami hapus
> Tidak Perlu Menulis Nama Blog Anda Disini, Saya Pasti Kunjungi Blog Anda
.

Advertiser