Khasiat Buah Pala, Bumbu Dapur Berkhasiat Obat

author photo
Advertisement
Manfaat Buah Pala, Bumbu Dapur Berkhasiat Obat - Hampir semua orang mengenal buah pala. Ibu-ibu dirumah biasanya menggunakan bijinya sebagai bumbu penyedap masakan. Selain melezatkan masakan pala ternyata juga memiliki beragam khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. 

Selain bijinya masih banyak bagian lain dari buah pala yang bisa dimakan, seperti kulit pala dan bunga pala. Biji pala sering kali digunakan sebagai bumbu masakan dagin, sup, maupun masakan bersantan terasa lebih harum dan lezat dengan menambahkan sedikit bumbu pala. Sedangkan kulitnya banyak diolah sebagai manisan buah pala. Selubung kulit ari dan biji pala yang berwarna merah, sering disebut fuli. Fuli ini banyak digunakan sebagai campuran minuman, jamu maupun pengharum kue dan masakan.

Khasiat Buah Pala Bumbu Dapur Berkhasiat Obat

Ada tiga bagian dari buah pala yang bernilai ekonomis tinggi. Pertama daging buah yang berwarna keputihan. Daging buah pala dapat diolah menjadi manisan atau direbus dengan gula menjadi sirup pala yang terkenal lezat dan harum. Berikutnya adalah fuli, sebagian orang menyebutnya dengan bunga pala. Fuli banyak digunakan sebagai bumbu dapur atau diekstrak sarinya menjadi bahan baku kosmetik dan parfum. Terakhir, bagian bijinya yang berwarna merah kecoklatan, pada bagian ini paling banyak dimanfaatkan. Dihaluskan menjadi beragam bumbu masakan, parfum, kosmetik, minyak atsiri dan bahan pengawet.

Kandungan Kimia Yang Bermanfaat

Tanaman pala dinamakan tanaman multiguna, maksudnya tanaman ini mengandung manfaat yang beragam. Untuk jamu, bumbu, campuran kosmetik, minyak wangi, dijadikan makanan seperti manisan, serai, sirup, dan lain sebagainya. Dibagian kulit pala juga tekandung vitamin C, A, kalsium, dan fosfor yang dapat memperbaiki sistem pencernaan, menghilangkan kembung, serta meningkatkan nafsu makan. Sedangkan didalam bijinya terdapat zat yang bersifat spasmolitik, yaitu zat yang menghilangkan kejang otot dan menenangkan. Karenanya, pala banyak dicampur sebagai ramuan obat tidur karena bisa menimbulkan rasa kantuk.

Berdasarkan hasil riset penelitian yang dilakukan National Science and Technology Authority, dalam bukunya Guidebook on the proper use of medichal plants. Buah pala mengandung senyawa-senyawa kimia yang bermanfaat untuk kesehatan. Kulit dan dagingnya banyak mengandung minyak atsiri dan zat samak. Sedangkan fuli atau bunganya mengandung minyak atsiri, zat samak, dan zat pati. Sedangkan dari bijinya sangat tinggi kandungan minyak atisiri, saponin, miristisin, elemisi, enzim lipase, pektin, lemonena dan asam oleanolat.

Hampir semua bagian buah pala mengandung senyawa kimia yang bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya dapat membantu mengobati masuk angin, insomnia, bersifat stomakik atau memperlancar pencernaan dan meningkatkan selera makan, memperlancar buang angin, mengatasi rasa mual dan kembuh, muntah, dan nyeri haid, dan juga obat rematik.

Ramuan Tradisional

Ramuan tradisional berikut dipercaya secara turun temurun dapat membantu meringankan beberapa gangguna kesehatan ringan. Tidak ada salahnya Anda mencoba sebagai alternatif terapi herbal selain pengobatan medis. 

Nyeri Haid

Ambil 1/2 sdt pala halus, 2 cm kunyit, 6 butir ketumbar, 1 buah cengkeh dan satu gelas air. Campur semua bahan dan rebus dengan api kecil sampai airnya tinggal setengah. Saring dan minum selagi hangat.

Insomnia

Campur 1 sdt biji pala, 1 gelas susu segar, 1 sdt madu, 1 sdt pala halus dan 1/2 sdt gula batu. Rebus susu sampai mendidih, angkat dan campur dengan pala, madu dan gula batu. Aduk hingga merata, saring dan minum selagi hangat.

Mengatasi Rasa Mual dan Muntah

Seduh 1 sdt pala halus dengan 1/4 sdt garam halus dan 1 gelas air hangat. Aduk rata dan minum selagi hangat beserta ampasnya.

Maag, Masuk Angin dan Cegukan

Siapkan 100 ml air hangat, campur dengan 1 sdt pala halus dan 2 sdt bubuk buah pisang batu. Minum beserta ampasnya selagi hangat. Sebaiknya pengobatan diulang sampai sembuh.

Suara Parau

Campur 2 sdm pala halus dengan 2 sdm jahe parut, 1 sdt cengkeh halus dan 3 tetes minyak kayu putih. Campur semua bahan sampai terbentuk adonan menyerupai pasta. Oleskan pada leher seperti memakai masker, biarkan meresap selama 3 jam. Ulangi pengobatan sampai sembuh.

Rematik

Bagi penderita rematik, mandilah dengan sabun pala secara teratur dan gosok pada bagian yang sakit dengan balsem pala. Kedua bahan ini dapat diperoleh di apotik atau toko obat.


Dikutip dari majalah DOKTERKITA 66-68 edisi 2014
Advertisement

> KOMENTAR SPAM & LINK AKTIF TIDAK AKAN DITAMPILKAN

Click to comment