-->

Cara Mudah Mengatasi Layar Monitor Tidak Bisa Terhubung dengan CPU

Advertisement

Cara Mudah Mengatasi Layar Monitor Tidak Bisa Terhubung dengan CPU - Saya tidak tahu apa awal mula penyebab layar monitor komputer saya dirumah tiba-tiba tidak dapat terhubung dengan CPU. Namun yang jelas, gara-gara kejadian ini saya tidak bisa menulis di beberapa blog kesayangan saya. 

Cara Mudah Mengatasi Layar Monitor Tidak Bisa Terhubung dengan CPU

Saya sempat berfikir kalau monitor yang saya gunakan sudah rusak. Sebab, sebelum kejadian ini layar tersebut sempat terjatuh hingga penyangga monitor tersebut patah. Meski demikian, saya tidak langsung menganggap asumsi saya tersebut benar. Karena penasaran, saya coba ganti menggunakan layar monitor lainnya yang masih dalam keadaan normal. Alhasil tetap saja tidak bisa terhubung. 

Setelah muter-muter kesana dan kemari. Saya baru ingat kalau saya punya mbah Google yang selalu setia kapan saja dengan segudang ilmu yang dapat dengan mudah kita baca dan kita pahami. Dan akhirnya layar tersebut kini pun kembali normal dan terbuatlah postingan yang sedang Anda baca saat ini. 

Ada banyak hal yang menyebabkan monitor tidak bisa terhubung dengan perangkat CPU, diantaranya layar dalam keadaan rusak, kabel bermasalah, VGA mati atau rusak, dan masih banyak lagi penyebabnya. Untuk meringkas itu semua. Silahkan ikuti beberapa langkah dibawah ini untuk mengatasi layar monitor Anda yang tidak dapat terhubung dengan CPU. 

1. Cek Kondisi Monitor

Sebelum Anda dipusingkan dengan berbagai hal, sebaiknya pastikan layar yang Anda miliki dalam keadaan baik-baik saja. Sebab, masalah yang kita hadapai adalah bagian layar. Sehingga penting sekali untuk mengetahui apakah layar kita tidak dalam keadaan rusak. 

2. Ganti Kabel Penghubung Layar

Coba ganti kabel penghubung CPU ke layar Anda dengan yang lain atau yang masih baru. Jika masih tidak dapat terhubung, monitor dalam keadaan baik-baik saja, dan kabel sudah diganti dengan yang baru, maka besar kemungkinan CPU Anda yang bermasalah.

3. Bersihkan RAM

Coba lepas dan bersihkan RAM CPU yang Anda gunakan. Biasanya saya menggunakan penghapus pensil untuk membersihkan perangkat ini. Gosok secara perlahan bagian yang berwarna kuning keemasan dan bagian-bagian diatasnya. 

Setelah dibersihkan, pasang kembali RAM tersebut ditempat semula atau pada slot yang masih kosong. 

4. Lepas Kabel Power

Lepas semua kabel mainboard yang terhubung langsung dengan kabel power upply. Kemudian pasang kembali seperti semula. Jangan lupa, periksa kabel-kabel yang terhubung dengan mainboard. Apakah ada yang tidak kencang atau mungkin tidak terpasang seperti yang seharusnya. 

Jika semua sudah beres. Coba pasang kabel penghubung layar monitor dengan CPU dan tekan tombol power. Sampai disini, jika layar Anda normal dan tidak bermasalah, seharusnya monitor Anda sudah dapat terhubung dengan baik seperti semula. Namun, jika masih tetap tidak bisa silahkan lanjutkan cara dibawah ini. 

5. Ganti Baterai CMOS

Jika cara-cara diatas masih tidak bisa juga, coba cek baterai CMOS CPU Anda. Jika diperlukan, Ganti atau bongkar pasang baterai CMOS Anda dengan yang baru. Karena bisa saja baterai yang Anda gunakan sudah rusak atau mungkin diperbaruai karena sudah lama tidak diganti.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini terkait cara mengatasi layar monitor yang tidak dapat terhubung dengan CPU. Ini berdasarkan pengalaman saya beberapa waktu lalu. Dan alhamdulillah, kini monitor saya sudah kembali normal dan bisa menulis kembali di blog tercinta. Semoga berhasil.

TAG :
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mudah Mengatasi Layar Monitor Tidak Bisa Terhubung dengan CPU

loading...

0 komentar:

Post a Comment

> KOMENTAR SPAM & LINK AKTIF TIDAK AKAN DITAMPILKAN