10 Khasiat dan Manfaat Kacang Polong yang Mengejutkan, Jangan Abaikan Informasi Ini!

author photo
Advertisement
Manfaat Kacang Polong - Berbicara soal kacang-kacangan, Indonesia banyak banget tuh yang jenisnya, dari mulai kacang tanah, kacang hijau, kacang merah, kacang panjang dan ada juga kacang polong. Nah, manfaat kacang polong ini juga sama banyaknya seperti yang lainnya untuk kesehatan tubuh kita.

10 Khasiat dan Manfaat Kacang Polong yang Mengejutkan


Seperti saran pakar kesehatan, lebih baik mengonsumsi sayur dibanding makanan cepat saji. Meski terkesan sederhana, namun dibalik sayuran hijau dan tanaman sehat lainnya mengandung nutrisi penting yang amat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Salah satunya seperti kacang polong. Tanaman penghasil biji ini memiliki ciri khas berwarna hijau dan mengandung zat tepung yang sangat tinggi. Biasanya, kacang polong dicampur dengan masakan lain sebagai tambahan. Namun sejatinya, sayuran yang satu ini memiliki manfaat kesehatan yang sangat melimpah. Berikut seperti dilansir dari Boldsky.com.

Manfaat Kacang Polong untuk Kesehatan

#1. Menurunkan Kolesterol

Salah satu manfaat penting kacang berwarna hijau ini adalah dapat menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Kandungan nutrisinya dapat membantu juga untuk meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam darah dan menurunkan kolesterol jahat. So, kamu bisa mengucapkan selamat tinggal kolesterol buruk menggunakan kacang polong.


#2. Mengatasi Konstipasi

Konstipasi dapat terjadi jika kamu kekurangan serat dan ketika mengonsumsi makanan yang kurang serat. Dan ternyata, kacang polong mengandung serat yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita. Selain itu, manfaat kacang polong juga dapat memperlancar sistem pencernaan tubuh.

#3. Menjaga Jantung Tetap Sehat

Gak mau kan kamu terkena serangan jantung. Kacang polong mengandung zat anti peradangan dan beberapa jenis anti oksidan yang dapat membantu kesehatan jantung dan mencegah penyait pada jantung.

#4. Membantu Menurunkan Berat Badan dan Menjaganya

Bagi kamu yang memiliki masalah berat dan saat ini ingin memiliki berat badan yang ideal, makan saja kacang polong. Kacang polong dapat membantu kamu menurunkan berat badan karena mengandung kadar lemak yang rendah.

Tapi jangan lupa imbangi pula dengan berolahraga secara rutin, karena makan kacang polong saja tak cukup!

#5. Bikin Kulit Makin Cerah

Kalian pasti mau dong memiliki kulit bersih dan cerah dan terhindar dari penuaan dini? Ya, kandungan anti oksidan dalam kacang polong akan membantu kamu tetap awet muda. Hal ini karena kadar flavonoid, phytonutrient, karotenoid, dan asam phenolic yang terkandung didalamnya.


#6. Mencegah Alzheimer

Penyakit Alzheimer belakangan ini sedang marah dibicarakan di media sosial. Seperti diketahui, Alzheimer adalah suatu penyakit yang menyerang otak manusia. Seseorang yang terkena Alzheimer dapat hilang ingatan dan beberapa fungsi otak lainnya.

Bahan anti peradangan yang terkandung dalam kacang polong ini dapat membantu kamu terhindar dari Alzheimer. Mengonsumsi kacang polong juga bisa membantu kamu menangkal osteoporosis secara bronchitis. Ajaibkan?

#7. Mengontrol Gula Darah

Tak perlu takut dengan gula darah. Sebab, kandungan protein dan serat yang ada dalam kandungan kacang polong tak hanya baik untuk sistem pencernaan saja, tapi juga untuk menurunkan tingkat gula darah.

Jika kamu memiliki masalah dengan gula darah yang tinggi saat ini atau mudah naik, tidak ada salahnya camilanmu saat ini diganti dengan camilan sehat kacang polong. Dan rasakan manfaatnya secara signifikan.

#8. Mengobati Kanker

Dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa kacang polong baik untuk mencegah kanker perut. Mengonsumsi dua miligram kacang polong saja setiap hari diketahui efektif melawan kanker. Kenapa harus mengonsumsi obat-obatan jika ada bahan alami dan sehat tanpa efek samping untuk mencegah kanker?

#9. Mengandung Vitamin K Tinggi

Salah satu kelebihan kacang-kacangan, termasuk kacang polong atau ercis adalah mengandung vitamin K dan dapat memberikan manfaat super untuk menjaga tulang kamu. Sayuran ini juga baik untuk menangkal osteoporisis serta membantu menjaga kesehatan tulang lain didalam tubuh.

#10. Masih Penasaran Manfaat Kacang Polong?

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat kacang polong untuk kesehatan tubuh kita. Meski demikian, beberapa saran dan informasi lain juga menyebutkan bahwa mengonsumsi kacang polong juga terdapat efek sampingnya, diantaranya alergi gatal-gatal.

Nah, itulah informasi tentang manfaat kacang polong, ercis atau kacang ercis yang dapat kami bagikan untuk kamu. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita semua dan semoga bermanfaat. Baca juga info lainnya: Anti Diabetes dan Jantung Makin Sehat, Ini 7 Manfaat Puasa Ramadhan! 
Advertisement
Loading...

> KOMENTAR SPAM & LINK AKTIF TIDAK AKAN DITAMPILKAN

Click to comment