Anti Diabetes dan Jantung Makin Sehat, Ini 7 Manfaat Puasa Ramadhan yang Harus Kamu Tahu!

author photo
Manfaat Puasa untuk Kesehatan - Masih seputar puasa ramadhan, sobat muslim pasti tahu jika bulan penuh berkah sebentar lagi tiba. Hayo, persiapan apa yang sudah sobat siapkan untuk menyambut bulan penuh ampunan dan rachmat Allah tersebut? Bukan perbekalan makanan dan minuman, tapi sambutlah ramadhan dengan hati yang bersih agar kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan full satu bulan penuh.

Ini 7 Manfaat Puasa Ramadhan yang Harus Kamu Tahu

Berbicara soal puasa, terutama puasa ramadhan, tentu terfikir apa sih manfaat puasa bagi kesehatan tubuh kita? Dibalik wajibnya menjalankan ibadah rukun islam ini, pasti tersimpan banyak sekali manfaat yang tak banyak diketahui oleh seseorang. 

Manfaat puasa menurut dunia kedokteran ternyata sangat baik untuk menjaga sistem metabolisme, kesehatan jantung, dan bagi Anda penderita diabetes, puasa sangat baik untuk mengobati penyakit yang Anda derita. Simak selengkapnya dibawah ini yuk.

Manfaat Puasa Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

Dilansir dari laman vemale.com, puasa terutama pada bulan ramadhan adalah salah satu metode non-obat untuk mengurangi tekanan darah, sehingga risiko aterosklerosis dapat diturunkan. Aterosklerosis adalah kondisi dimana terjadi penyempitan dan pengerasan didalam pembuluh darah arteri akibat dari pengendapan kolesterol serta zat kimia yang masuk didalam tubuh.

Selama kita berpuasa, metabolisme pada tubuh akan semakin stabil. Tekanan darah juga ikut berkurang dan normal. Dengan demikian, jantung akan semakin sehat dan detaknya pun akan semakin stabil.

Manfaat Puasa Dapat Meningkatkan Kemampuan Otak

Manfaat selanjutnya jika kita berpuasa, tubuh kita akan memproduksi hormon neurotropik dalam jumlah yang lebih banyak. Dan sel-sel otak akan lebih banyak juga diproduksi sehingga otak semakin baik. 

Manfaat Puasa Dapat Membuat Sistem Pencernaan Lebih Sehat

Jangan hanya karna malu atau gengsi, niatlah berpuasa demi menjalankan ibadah semata-mata demi mendapatkan ridho Allah SWT. Dengan demikian, tubuh akan dengan sendiri mengondisikan untuk tetap berfungsi dengan baik dan lebih baik meski seharian tak makan nasi dan minum. 

Nah, dibalik rasa lapar dan haus kita, ternyata sistem metabolisme kita semakin sehat dan efisien. Sebab, proses pemecahan makanan dapat lebih stabil dan pelepasan energi akan mengikuti pola yang seharusnya. Sistem pencernaan akan memperoleh waktu untuk merevetilasasi dan meningkatkan fungsinya dengan baik.

Manfaat Puasa Dapat Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat lainnya dari puasa akan membuat tubuh semakin maksimal meningkatkan produksi limfosit dalam jumlah 10 kali lipat. Hal ini akan sangat baik bagi tubuh sehingga dapat lebih kebal dari serangan virus yang membuat tubuh kita terserang penyakit. 

Manfaat Puasa Dapat Mengeluarkan Racun dari Dalam Tubuh

Dalam dunia kesehatan, puasa disebut juga metode detoksifikasi alami yang paling ampuh untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Dalam penelitian, racun dari sisa metabolisme yang dikibatkan penggunaan zat kimia dari produk yang telah dikonsumsi seseorang dapat lebih maksimal dikeluarkan dari dalam tubuh.

Manfaat Puasa Dapat Mengurangi Kadar Gula Darah

Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh antara lain dapat meningkatkan pemecahan glukosa agar tubuh dapat memperoleh energi yang dibutuhkan. Selain itu, saat cadangan glukosa sudah mulai sedikit, maka tubuh akan memecah lemak untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan. Selain itu, dengan menjaga pola makan yang lebih sehat dan teratur saat puasa, berat badan akan semakin terkontrol.

Manfaat Puasa Menurunkan Risiko Diabetes Dan Penyakit Jantung

Manfaat puasa selanjutnya yang juga sobat harus tahu adalah dapat memberikan manfaat kesehatan yang cukup signifikan, terutama bagi sobat yang berpotensi tinggi memiliki risiko diabetes dan penyakit jantung. Hal ini diungkapkan oleh pakar kesehatan jantung ternama di dunia.

Menurut para peneliti, seseorang yang menjalankan puasa dengan rutin dapat membantu menurunkan risiko diabetes dan penyakit lain yang masih berhubungan dengan jantung. Selain dapat membantu menormalkan kadar gula dalam tubuh, puasa yang dikerjakan secara teratur, terutama pada bulan ramadhan juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat 12 persen hingga 15 persen.

Nah, itulah informasi manfaat puasa untuk bulan ramadhan bagi kesehatan terutama jantung dan mengobati diabetes. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kepada kita semua dan memperkuat niat kita untuk menjalankan puasa dibulan ramadhan nanti. 

> KOMENTAR SPAM & LINK AKTIF TIDAK AKAN DITAMPILKAN

Click to comment