Berapa Lama Review ke-2 Adsense, Apa Yang Harus Anda Lakukan?

Berapa Lama Review Ke-2 - Diterima Adsense adalah suatu anugrah tersendiri bagi saya, karena masih banyak sobat blogger yang sampai detik ini digantung oleh Google Adsense karena masih dalam tahap review kedua. Selain proses pendaftaran yang susah, ternyata review kedua pendaftaran Adsense pun dirasa sangat lama oleh sebagian blogger, sehingga kerap kali mereka galau dan bingung harus berbuat apa agar proses review tersebut cepat di proses hingga diterima menjadi publisher Adsense

Berapa Lama Review Adsense Ke-2, Apa Yang Harus Anda Lakukan?
Lama Review Google Adsense

Bukan hanya berharap, tetapi menjadi publisher Adsense adalah cita-cita terbesar bagi sebagian blogger termasuk saya sendiri. Perih rasanya saat kita menerima penolakan melalui email yang dirimkan oleh pihak Google saat kita daftar Adsense. Padahal jelas, jelas kita sudah berusaha untuk memperbaiki situs blog yang sedang kita kelola agar layak masuk ke dalam daftar calon publisher yang disetujui, namun, Google berkata lain.

Membangun sebuah blog butuh kerja keras dan keseriusan untuk bisa mendapatkan penghasilan dari Adsense. Bagi sobat yang sampai saat ini masih dalam tahap "digantung" dan tidak ada kejelasan oleh Adsense sobat bisa sedikit menerapkan cara saya dibawah ini agar proses review ke dua Anda cepat selesai dan berhasil diterima oleh Google.

Berapa Lama Review Kedua Adsense Untuk Blog/Web?

Mungkin sobat masih bertanya-tanya tentang berapa lama sih proses review? Untuk lama atau tidaknya sebenarnya tergantung dari banyak jumlah antrian yang masuk pada proses pendaftaran di Google, paling cepat-cepatnya antara 2-3 hari sudah diberikan jawaban. Namun ada juga yang sampai 1 minggu belum juga mendapatkan email balasan dari Google. Namun ada juga yang lebih dari 1 bulan tidak mendapatkan balasan, jika demikian biasanya permohonan Anda ditolak oleh pihak Google.

Alhamdulillah, saya bisa diterima hanya dalam waktu 3 hari saja. Ini bukanlah rahasia yang umum, karena ada juga sobat lain yang hanya butuh waktu hitungan jam saja sudah bisa diterima oleh Google. Tetapi ini semua tergantung dari blognya masing-masing, karena blog yang kita daftarkan inilah yang dinilai oleh team Google. Mungkin sobat bertanya-tanya, bagaimana saya bisa diterima dan kenapa hanya butuh 3 hari saja? Silahkan Anda simak dibawah ini sedikit penjelasan dari saya.

Apa Yang Harus Dilakukan Pada Tahap Review Kedua Adsense?

Jika sobat sampai saat ini masih menunggu email balasan dari pihak Google terkait pendaftaran sobat saat ini, maka ada baiknya sobat melakukan beberapa hal ini untuk mempercepat proses review tersebut.

1. Rubah Template Sobat Menggunakan Template Yang Sederhana

Google lebih suka dengan blog yang sederhana saat didaftarkan, tidak terlalu banyak desain atau terlalu rapih. Jika kita menggunakan template dan mendesain blog dengan sangat rapih, maka Google akan mengira kita adalah pengoleksi akun Adsense, dan yang dinilai oleh Google adalah isi konten bukan template blog kita. Bahkan jika kita melihat blog Linda Ikeji sampai saat ini blog tersebut masih menggunakan template bawaan blogger dan tidak terlalu banyak dikostum. 

Mungkin sobat melihat saat ini saya menggunakan template yang dibuat oleh Mas Sugeng, template ini terkesan sangat sederhana, tidak terlalu banyak di kostum oleh mas Sugeng. Dan ternyata, setelah hampir 25 kali saya ditolak oleh Google karena "situs tidak sesuai dengan kebijakan Google" kemudian saya ganti menggunakan template ini, alhamdulillah saya bisa diterima.

2. Siapkan 5 Halaman Penting Ini Didalam Blog Anda

Selaian memilih template yang sederhana, maka sobat juga harus memiliki 5 halaman penting untuk menunjang diterima proses pendaftaran sobat, diantaranya :

a. Halaman About
b. Halaman Contact. Langkah membuatnya DISINI 
c. Halaman Privacy Policy. Langkah membuatnya DISINI
d. Halaman Disclaimer
e. Halaman Sitemap. Langkah membuatnya DISINI

Kelima halaman ini harus ada dan memang harus dibuat saat pertama kali membuat blog. Dan fungsinya bukan sekedar membuat blog profesional saja, melainkan memiliki peran penting untuk diterima atau tidak blog sobat oleh Google. 

Saran saya, jika selama ini sobat menggunakan menu untuk meletakkan link-link artikel atau label tertentu, lebih baik sobat gunakan untuk meletakkan kelima halaman tersebut didalam menu sobat, dan untuk-link-link label atau artikel sobat hapus terlebih dahulu. Atau sobat bisa juga meletakkan kelima halaman tersebut dibagian sidebar blog. 

3. 6 Widget Penting Yang Harus Ada Didalam Blog

Selain kelima halaman penting diatas, ada juga widget yang memang harus sobat siapkan untuk memenuhi persyaratan Google, diantaranya :

a. Widget Popular Post
b. Widget Google Plus (Profil) atau Google + Badge
c. Widget Contact
d. Widget Google Seach (Jangan gunakan kotak search kostum, lebih gunakan widget ini dahulu)
e. Widget Label 
f. Widget Arsip Blog

Nah, letakkan semua widget yang telah saya sebutkan dibagian sidebar sobat semuanya, untuk widget yang lainnya silahkan tiadakan sementara dulu saat proses review, karena menuru saya Google tidak ingin dimadu atau di selingkuhi, jadi Google ingin semua yang ada didalam blog kita berasal alami dari bawaan blogger. 

Saran saya, minimalisir berbagai jenis widget yang mengarah ke berbagai situs lain, seperti Alexa, Histats, atau widget-widget lain yang bukan disediakan secara langsung oleh Google.

4. Minimalisir Penggunakan Link Inbound

Kesalahan awal saat kita membangun blog adalah berharap semua artikel kita dibaca oleh pengunjung, sehingga tidak sedikit diantara kita yang meletakkan link terlalu banyak didalam satu halaman artikel, dan lebih buruknya lagi link tersebut tidak sesuai dengan pembahasan artikel kita. Dan ternyata ini akan dianggap tidak sesuai dengan kebijakan "webmaster tools" pada email yang dirimkan oleh pihak Google kepada kita. 

Maka kurangilah link-link inbound yang ada didalam halaman artikel sobat, saran saya jangan melebihi dari dua link. Karena jika terlalu banyakpun para pengunjung blog akan sangat kebingungan jika harus bolak balik membaca dari satu artikel ke artikel lainnya.

5. Hindari Membuat Artikel Review atau Affiliasi

Pada kesempatan yang lalu saya sempat menulis sebuah artikel review tentang BliBli.com dan sekarang artikel tersebut saya hapus. Saat mendaftar Google Adsense, Google tidak suka dengan artikel yang membanging-bandingkan produk satu dengan lainnya, sehingga alangkah baiknya artikel ini dihapus atau jangan dibuat terlebih dulu, jika sudah terlanjur dibuat, sobat bisa mengeditnya dan dikembalikan ke dalam draft blog sementara, jika sudah diterima sobat bisa publish kembali artikel tersebut. 

Selain artikel review, ternyata saya mendapat beberapa referensi dari sahabat saya untuk tidak membuat artikel program affiliasi. 

Seperti contaoh : Sobat mengikuti  program affiliasi dari si A, kemudian sobat membuat sebuah artikel review produk si A dan memberikan link yang disertai kode Affiliasi yang diberikan oleh si A kepada Anda.


Maka hindarilah artikel ini untuk proses awal pendaftaran, sekali lagi saya ingatkan bahwa Google tidak ingin dimadu. Jadi kita harus berhati-hati.

6. Jangan Gunakan Short Link Pihak Ke-3

Entah apa namanya, namun saya menyebutnya sebagai pihak ke-3. Mungkin Anda kenal dengan situs short link yang dapat menghasilkan uang (dollar) seperti contohnya adalah Adf.ly dan beberapa situs lainnya. Situs Adf.ly ini sangat familiar sekali di Indonesia, selain kita bisa membuat link menjadi lebih pendek, link tersebut jika diklik akan memberikan keuntungan bagi kita. 

Dan ternyata cara ini dianggap akan "membingungkan pengunjung, silahkan siapkan menu navigasi" oleh Google kepada kita melalui emailnya. Pada awalnya saya menggunakan situs tersebut, tapi sekarang sudah saya hapus dan saya ganti dengan link yang asli.

7. Perbaiki Isi Konten

Selama dalam masa review, blog kita sedang diawasi oleh Google, karena Google selalu cermat dalam memilih calon publishernya. Oleh sebab itu, tunjukkanlah keseriusan Anda melalui isi konten Anda, yakni dengan cara memperbaiki kesemua isinya, dari mulai penulisan hingga banyak kata yang digunakan. Jika sobat menerapkan beberapa pengalaman saya diatas, insya Allah jika memang rizqi untuk Anda, saya yakin bisa diterima.

Selain itu, updatelah terus blog Anda dengan konten-konten yang berkualitas dan hasil karya Anda sendiri. Hindari menulis dari hasil copy paste milik orang lain, karena hal ini akan membuat Anda tidak bisa kreatif dalam jangka panjang.

Sukses menjadi blogger tidak hanya lulus dalam masa pendaftaran Google Adsense saja, tapi kita harus membuktikan bahwa melalui Adsense kita bisa berkarya dan yang pastinya bisa mendapat pundi-pundi dollar yang Anda idam-idamkan selama ini.

NOTE : Ini adalah hasil pengalaman pribadi saya. Setiap blogger memiliki trik sendiri untuk mendaftar hingga diterima menjadi publisher Google.

Sekian sedikit sharing saya mengenai lama masa review Adsense ke2 (dua) yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini berdasarkan pengalaman saya. Jika Anda memiliki pertanyaan, silahkan Anda ajukan melalui komentar dibawah ini, saya akan sangat senang menjawabnya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel