Cara Setting HTTP ke HTTPS Blogspot Custom Domain Step by Step

Cara setting Https (Hypertext Transfer Protocol Secure) atau Sertifikat SSL untuk blog custom domain ternyata sangatlah mudah sekali dan gak seribet yang dibayangkan. Cukup berbeda memang jika sahabat blogger memilih ngeblog menggunakan Wordpress yang dihosting sendiri atau Self Hosting. Karena jika dalam paket pembelian tidak disediakan, maka sobat blogger harus membelinya secara terpisah. Meskipun tak mahal, tapi lumayanlah jika dananya dialokasikan untuk beli domain baru.

Tapi, tidak perlu khawatir. Bagi sobat yang memilih Wordpress Self Hosting sebagai senjata utama untuk ngeblog, sobat bisa menggunakan fitur CDN gratis terbaik seperti Cloudflare karena disana sobat bisa menggunakan SSL gratis sehingga blognya bisa langsung di migrasi ke Https.

Untuk panduannya setting dan menggunakan Https dari Cloudflare, sobat bisa langsung Googling saja karena saat ini sudah banyak artikel yang membahas trik tersebut.

Sebenarnya, zallegiance sudah lama ingin posting artikel ini, namun karena memang blog ini juga belum lama beralih dari Http ke Https. Bukan cuma sekedar ikut-ikutan, tapi karena memang penting, fitur security ini juga sangat berpengaruh pada SEO sebuah blog. Nah, buat sobat blogger yang belum menggunakan fitur ini, yuk ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Apa itu HTTPS?

Sebelum berbicara lebih jauh, sudah tahu belum apa itu HTTPS? 

HTTPS atau singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure adalah protokol komunikasi internet yang melindungi integritas dan kerahasiaan data pengguna antara perangkat yang digunakan pengguna dan situs. 

Cara Setting HTTP ke HTTPS Blogspot Custom Domain Step by Step Terbaru 2018

Para pengguna berharap mendapat pengalaman online yang terbaik, nyaman, dan aman serta bersifat pribadi saat menggunakan situs. Itu sebabnya, Anda para pemilik web dan blog diharuskan mengadopsi Https untuk melindungi koneksi pengguna ke situs blog Anda. Itu semua terlepas dari konten yang Anda suguhkan.

Manfaat SSL atau Https

Manfaat Https atau SSL adalah mengamankan data para pengguna situs atau blog. Karena data yang dikirim menggunakan HTTPS diamankan menggunakan protokol Transport Layer Security (TLS). Berikut beberapa manfaat Sertifikat SSL :

Encrypted Communication dan Data

Apakah web visitor atau customer Anda harus login dengan alamat email dan memasukkan beberapa informasi atau data sensitif seperti identitas atau nomor kartu kredit pada website Anda? Jika jawabannya ya, maka Anda perlu SSL Certification. Karena tanpa SSL, para peretas akan sangat mudah mengintervensi jalur komunikasi yang ada antara klien dengan server. Anda pasti tidak mau itu terjadi pada para pengguna website Anda.

Performance dan HTTP/2

Sekarang ini, para pengguna internet mulai beralih ke versi baru dari HTTP, yaitu HTTP/2. Hal ini disebabkan oleh keunggulannya yaitu setelah melalui beberapa perbaikan menjadi lebih bagus kinerjanya dibanding HTTP sebelumnya. Peningkatan yang dihasilkan sekitar 50-70% lebih baik dibanding situs yang melalui HTTP/1.1. Lalu apa hubungannya dengan SSL? Jika Anda hendak memanfaatkan HTTP/2 untuk meningkatkan performa website Anda seperti yang telah kami sebutkan tadi, Anda perlu SSL Certificate. Seluruh server Dewaweb saat ini sudah support HTTP/2 sehingga setiap website yang menggunakan sertifikat SSL bahkan SSL gratis sekalipun akan merasakan performa maksimal pada websitenya.

SEO dan Ranking di Google

Pada tahun 2014 lalu, Google sempat mengumumkan bahwa HTTPS menjadi salah satu faktor ranking di mesin penelusurnya. Karena hal itu, banyak pengelola website yang mengalihkan websitenya dari HTTP menjadi HTTPS. Mereka tentu tidak ingin mendapatkan penalti dari Google. 

Penalti ini dapat menurunkan peringkat website mereka di SERP atau halaman hasil pencarian Google, yang juga dapat berdampak pada kecilnya kemungkinan website mereka mendapat visitor dari browser yang dipakai banyak orang itu. Brian Dean, seorang ahli di bidang SEO, sempat melakukan penelitian terhadap 1 juta hasil pencarian dan menemukan fakta bahwa korelasi HTTPS dengan Google Rank itu benar. Tetapi jangan khawatir, terkait itu juga, sebelumnya kami telah membuat panduan lebih lengkap agar Anda dapat membuat konten yang berperingkat tinggi dan terhindar dari penalti Google .

Membangun Kepercayaan Klien

Berhubungan dengan manfaat-manfaat yang telah kami infokan sebelumnya di atas, SSL Certificate dapat menolong bisnis Anda bertumbuh dengan lebih baik. Bagaimana caranya? SSL Certificate ini membangun kepercayaan di antara para pengguna atau klien Anda.

Mengingat bahwa Google sudah memberikan posisi yang lebih tinggi ke situs web yang aman dalam hasil pencariannya dan dengan dirilisnya Chrome 68 Google akan mulai menampilkan peringatan tersebut ke semua situs web yang tidak memiliki SSL yakni ditandai dengan indikator "Not Secure".

Mengatasi iklan yang dimasukkan oleh ISP

ISP atau Internet Service Provider sering menyisipkan iklan ketika Anda membuka sebuah website. Mungkin Anda pernah mengalami ini ketika Anda browsing sesuatu – apalagi dari handphone – dan ada iklan dari provider Anda. Jika Anda memiliki sebuah website, sisipan-sisipan iklan seperti ini dapat merugikan Anda. Lalu bagaimana cara menghentikannya? Dengan memasang sertifikat SSL dan mengganti protocol Anda menjadi HTTPS, Anda sudah bisa menghentikan sisipan-sisipan iklan dari Internet Service Provider ini. Mudah bukan?

Bagaimana Cara Beralih Https untuk Blog yang Sudah Custom Domain?

Kalau sudah tahu apa saja manfaatnya dan keuntungan menggunakan Https, baiklah langsung saja kita mulai cara untuk memunculkan menu HTTPS di setelan blog silahkan sobat blogger ketikkan atau copas draft.blogger.com ke tab pencarian. 

Setelah itu klik menu Setelan > Dasar > HTTPS, klik pilihan Ya pada menu ketersedian HTTPS seperti gambar dibawah ini.

Bagaimana Cara Beralih Https untuk Blog yang Sudah Custom Domain

Kalau sudah diaktifkan, tunggu beberapa saat sampai menu migrasi HTTPS terbuka. Cobalah untuk klik tombol refresh di browser atau klik F5 pada keyboard Anda. Kalau sudah terbuka, silahkan pilih Ya pada menu pengalihan HTTPS seperti gambar dibawah ini.

Bagaimana Cara Beralih Https untuk Blog yang Sudah Custom Domain

Jika sudah selesai, langkah selanjutnya adalah merubah semua url yang diawali dengan Http:// menjadi Https:// pada template yang Anda gunakan. Untuk menghemat waktu, sobat blogger bisa menggunakan aplikasi Dreamwaver atau Notepad++ dan sejenisnya. Setelah itu save template sobat.

Mendaftarkan Blog HTTPS ke Webmaster Tools

Sama halnya seperti membuat blog baru, blog yang sudah dialihkan menggunakan HTTPS harus didaftarkan ulang di Webmaster Tools (Search Console Google).

Caranya, hapus properti lama non HTTPS dan buat properti atau daftarkan blog yang sudah menggunakan HTTPS

Setting Ulang Pengaturan Google Analytics

Setelah dialihkan HTTPS, jangan lupa juga blog baru yang baru saja sobat daftarkan di Search Console dikaitkan dengan properti Analytics yang ada. 

Buka Google Analytics, silahkan cari property yang sebelumnya digunakan untuk blog sobat. Silahkan perhatikan gambar-gambar dibawah ini.

Setting Ulang Pengaturan Google Analytics

Setting Ulang Pengaturan Google Analytics

Setting Ulang Pengaturan Google Analytics

Setting Ulang Pengaturan Google Analytics

Sedikit informasi tambahan, seperti yang sudah dijelaskan oleh Google dan yang saya alami selama proses pengalihan, visitor dan pendapatan akan turun drastis, tapi tidak perlu khawatir karena ini hanya berlangsung selama beberapa hari saja dan selanjutnya akan kembali seperti semula. 

Jika Anda memigrasikan situs dari HTTP ke HTTPS, Google memperlakukan proses ini hanya sebagai pemindahan situs dengan perubahan URL. Proses ini dapat memengaruhi beberapa jumlah traffic Anda untuk sementara. Lihat halaman ringkasan pemindahan situs untuk mempelajari lebih lanjut (Source).

Demikian informasi tentang Cara Setting HTTPS untuk Blogspot Custom Domain yang dapat zallegiance bagikan. Mohon maaf jika terdapat kekurangan. Mari bertukar pendapat melalui komentar. Salam.

Referensi: https://goo.gl/4wfHaJ - https://goo.gl/EayYME

Related Post

Loading...

0 Response to "Cara Setting HTTP ke HTTPS Blogspot Custom Domain Step by Step"

Post a Comment

> KOMENTAR SPAM & LINK AKTIF TIDAK AKAN DITAMPILKAN

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel