Mengenal Perbedaan Content Writer, Content Creator, dan Copy Writer

Melihat perkembangan dunia internet dan gurihnya penghasilan di media sosial, belakangan ini marak sebuah profesi yang cukup menggiurkan, yaitu menjadi content writer atau membuat konten. Bahkan, beberapa kali saya mendapat email penawaran kerjasama oleh terkait profesi ini. Tak hanya itu, beberapa pesan yang masuk juga mengajak saya untuk menjadi Content Writer, Content Creator, dan Copywriter.

Sebenarnya, menggeluti pekerjaan membuat konten sangat menyenangkan, karena kita tidak terikat waktu seperti halnya bekerja di kantor atau jenis pekerjaan pada umumnya.

Lebih menariknya, kita juga tidak memerlukan tempat khusus, dimana saja asal bisa terhubung internet dan bisa buka laptop, kita sudah bisa membuat konten dengan mudah.

Melihat tinggi dan semakin banyaknya website di internet, maka tak heran jika belakangan ini banyak sekali para pemilik website atau perusahaan yang menawarkan kerjasama untuk dibuatkan konten baik berupa tulisan, gambar, video suara maupun gabungan dari beberapa materi.

Pada awalnya, saya masih sedikit bingung tentang apa perbedaan content writer, content creator dan copywriter. Tapi setelah memanfaatkan hasil riset di pencarian mbah Google. Terungkap sudah perbedaan dari ketiga jenis pekerjaan di internet ini.

Karena menurut saya mungkin ada sebagian orang yang mengalami hal serupa atau bingung tentang bagaimana cara kerja ketiga profesi ini. Maka tidak ada salahnya saya membuat artikel singkat yang sedang kalian baca kali ini.

Sebenarnya, ketiga pekerjaan ini merupakan pekerjaan dimana orang yang akan membuat konten baik berupa tulisan, gambar, video bersuara, atau gabungan dari semua materi. Konten ini nantinya akan di publikasikan di website/blog, di share di berbagai media sosial atau media offline.

Back to topic, meski memiliki deskripsi pekerjaan yang sama, tapi ketiganya tetap memiliki perbedaan. Yuk, cari tahu apa saja perbedaan dan bagaimana cara kerja profesi content writer, conten creator, dan coprywriter dibawah ini.

Content Writer


Content Writer, yups inilah profesi yang paling saya suka dari ketiga pekerjaan ini. Perlu kalian ketahui, content writer adalah seorang penulis profesional yang dimana hasil tulisannya akan dimuat atau dipublikasikan di internet.

Mengenal Perbedaan Content Writer, Content Creator, dan Copy Writer

Pekerjaan content writer saat ini banyak sekali dibutuhkan oleh perusahaan, terutama para pemilik website. Perusahaan atau pemilik akan menugaskan para content writer ini untuk dibuatkan konten-konten yang berkualitas dan dapat menarik para pembaca untuk membaca artikel para website perusahan tersebut.

Syarat untuk menjadi seorang content writer, kalian harus memiliki keahlian dalam menulis sebuah konten. Tak hanya itu, seorang content writer juga harus tahu betul apa yang bisa membuat para pembaca tertarik dan mendatangi kembali website untuk membaca artikel yang telah dipublikasikan.

Melakukan riset juga sangat penting bagi seorang content writer. Riset dibutuhkan untuk mengembangkan suatu konten yang akan mereka tulis. Riset dapat dilakukan dengan melakukan tinjauan, wawancara, atau searching di internet dan mengumpulkan data-data terkait konten yang akan dibuat.

Menurut kaca mata pribadi saya, seorang content writer tak hanya bertanggung jawab membuat konten saja, tapi juga bertanggung jawab penuh untuk meningkatkan jumlah pengguna website dengan tulisannya.

Para content writer juga harus continue dalam membuat dan memproduksi konten-konten yang menarik dan lebih menarik lagi dengan cara meningkatkan kualitas artikel yang akan dipublikasikan. 

Content Creator


Namanya sih hampir sama, tapi jelas kedua profesi ini punya tugas yang berbeda. Content creator punya tugas yang lebih luas dibanding content writer. 

Mengenal Perbedaan Content Writer, Content Creator, dan Copy Writer

Dimana jika content writer hanya punya tugas menulis, maka content creator memiliki lebih banyak fokus diantaranya membuat video, menulis juga iya, mendesain gambar dan juga foto serta masih banyak lagi terkait konten.

Seperti dilihat dari ramainya media sosial, para content creator belakangan menjadi profesi yang cukup menjanjikan lo sobat blogger. 

Biasanya, kreasi konten yang dibuat oleh para content creator akan dibagikan di media sosial, website, media online dan offline. 

Tujuannya tentu disesuaikan dengan kebutuhan yang pemesan atau perusahaan yang telah menjalin kerjasama, baik itu sekedar untuk menghibur, mendidik, atau mempromosikan suatu produk dan jasa. 

Jika kalian tertarik dengan profesi yang konon berbuah manis ini, kalian harus memiliki beberapa keahlian, tiga diantaranya yang juga sangat penting adalah memiliki keahlian khusus dalam bidang media produksi, komunikasi dan share atau berbagi konten yang telah dibuat tersebut.

Content creator juga wajib punya skil edit foto, gambar, video dan lain sebagainya untuk menunjang kualitas konten.

Copywriter


Sedangkan untuk copywriter sendiri memiliki job description yang hampir sama seperti content writer. Kedua jenis profesi yang kini banyak digeluti oleh blogger Indonesia ini sama bekerja dalam bidang tulis menulis

Mengenal Perbedaan Content Writer, Content Creator, dan Copy Writer

Meski demikian, copywriter dan content writer memiliki perbedaan yang mendasar yakni terkait tujuannya. 

Copywriter punya tujuan penulisan yaitu untuk meningkatkan ketertarikan seseorang yang berperan sebagai konsumen untuk melakukan suatu tindakan (action) setelah membaca tulisan yang dibuat. 

Lebih mudahnya, copywriter juga bisa disebut sebagai pelaku promosi, yang bertujuan untuk mempromosikan suatu barang dan jasa. 

Biasanya, bidang pekerjaan ini banyak dipakai oleh pelaku, atau perusahaan yang bergerak pada bidang jasa jual beli barang dan jasa serta banyak ditemukan diperusahaan agensi kreatif dan agensi marketing.

Untuk menjadi seorang copywriter profesional, kalian juga memerlukan keahlian khusus. Dan salah satu yang paling penting untuk menjadi copywriter adalah pandai merangkai kata-kata, untuk menarik minat masyarakat terhadap suatu barang dan jasa yang bertujuan untuk promosi.

Nah itulah informasi perbedaan antara content writer, content creator, dan copywriter yang dapat zallegiance bagikan pada kesempatan kali ini. Nah, menurut kalian, mana antara ketiga jenis pekerjaan ini yang bisa dan yang paling kalian sukai? Jangan lupa komen dan share ya.

Related Post

Loading...

0 Response to "Mengenal Perbedaan Content Writer, Content Creator, dan Copy Writer"

Post a Comment

> KOMENTAR SPAM & LINK AKTIF TIDAK AKAN DITAMPILKAN

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel