Cara Cek Kuota Internet Telkomsel Semua Paket Terbaru dan Lengkap

Cek kuota internet memang kerap kali dianggap sepele oleh sebagian pengguna. Tapi sebenarnya manfaatnya banyak sekali salah satu kita dapat mengontrol penggunaan kuota internet setiap harinya dan menghemat kuota. Sebelumnya, saya sudah membagikan cara paling mudah dan lengkap cek kuota kartu Axis. Dan seperti title yang Anda baca kali ini saya akan membagikan tutorial yang sama yakni cek kuota internet Telkomsel untuk semua jenis paket data.

Yang seperti sobat sudah ketahui mungkin, Telkomsel adalah provider atau operator telepon terbesar dan paling tua di Indonesia. Bahkan, sebelum saya memiliki hp saja telkomsel sudah ada. Bahkan, dulu ketika pertama kali memiliki hp operator yang paling terkenal adalah perusahaan ini.

Cara Cek Kuota Internet Telkomsel Semua Paket Terbaru dan Lengkap
Sumber gambar: Telkomsel.com



Back to point, untuk mengontrol penggunaan data internet dan hemat kuota, memang sedikit cukup rumit. Selain membatasi penggunaannya, penting sekali mengontrol pengaturan aplikasi, pengaturan smartphone, hingga cek pemakaian setiap hari, minggu atau perbulan.

Cara Cek Kuota Telkomsel Lengkap


Cara cek kuota Telkomsel ini memang secara khusus kami sediakan untuk para penggunanya saja, seperti Simpati, AS, Halo, dan Loop. Bagi kalian yang menggunakan salah satu provider ini silahkan ikuti cara cek kuota internetnya melalui beberapa langkah dibawah ini yang akan zallegiance bagikan.

Cek Kuota Telkomsel Simpati via Dial Kode


Langsung saja ke langkah pertama, yakni melalui fitur dial kode. Cara ini memang cukup mudah dan juga gratis tidak dikenakan pulsa atau biaya tambahan. Bagi Anda yang ingin mencoba cek silahkan lakukan langkah-langkah dibawah ini:

  • Masuk ke fitur panggilan telepon
  • Ketikkan kode *888# kemudian call (panggil)
  • Didalam kotak pesan yang muncul, pilih atau ketik nomor 3 (Cek Kuota)
  • Lanjut, pilih nomor 2 (Cek Kuota Internet)
  • Selanjutnya, kalian akan menerima notifikasi pesan SMS dari telkomsel (3636) secara detail tentang kuota yang kalian miliki.

Cek Kuota Telkomsel Simpati Melalui SMS


Langkah kedua ini memang sedikit jadul kali ya. Ya, semenjak adanya aplikasi pesan instan, SMS memang jarang sekali terpakai. Kalian pasti setuju dengan pendapat saya yang satu ini.

Cek Kuota Telkomsel Simpati Melalui SMS
Sumber gambar: Ponseli.com

Tapi meski jarang terpakai, kalian bisa memakai fitur SMS untuk mengetahui berapa sisa kuota internet telkomsel kalian secara detail dan yang pasti gratis sama seperti cara pertama diatas. Berikut cara cek kuota internet telkomsel via sms.

  • Buka fitur pesan SMS
  • Ketik kata "UL" lalu kirim ke nomor 3636
  • Setelah itu, kalian akan mendapatkan balasan berupa pesan infomari paket internet telkomsel yang sedang kalian miliki saat ini.
  • Jika tidak bisa, kalian juga bisa mengirimkan kata Flash (spasi) infov2 lalu kirim ke nomor 3636.

Cek Kuota Internet Telkomsel Melalui Aplikasi


Saat ini, hampir seluruh operator telepon sudah meluncurkan aplikasi baik bagi pengguna Android maupun iOS. Begitu pula untuk telkomsel yang sudah memiliki aplikasi MyTelkomsel.

Melalui aplikasi ini, kalian juga bisa menemukan data detail tentang sisa kuota atau paket internet yang kalian miliki dan digunakan.

Cek Kuota Internet Telkomsel Melalui Aplikasi


Silahkan download aplikasi MyTelkomsel terlebih dulu bagi kalian yang belum memiliki DISINI.

Setelah download dan install, silahkan login atau daftar menggunakan nomor kartu telkomsel apa saja yang kalian gunakan.

Oh ya, melalui aplikasi ini kalian juga bisa membeli paket internet, cek sisa bonus panggilan dan bonus sms yang kalian dapat dari setiap pengisian pulsa atau peket data.

Selain itu, dapatkan juga penawaran terbaik dari telkomsel setiap hari, minggu dan bulanan yang diberikan kepada masing-masing pengguna. Salah satunya adalah promo harga paket yang lebih murah dari harga biasanya.

Cara Memaksimalkan Penggunaan Kuota


Seiring berkembangnya teknologi, internet sepertinya menjadi salah satu kebutuhan yang wajib dipenuhi bagi sebagian orang, mungkin salah satunya adalah kalian para generasi milenial.

Cara diatas hanyalah sekedar untuk mengetahui penggunaan data internet, sedangkan untuk membantu memaksimalkan penggunaannya kalian bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini agar kuota internet kalian tidak boros setiap bulannya.

1. Menonaktifkan Aplikasi Boros Kuota


Ada beberapa aplikasi yang ternyata memakan banyak kuota atau boros data. Aplikasi ini bisa lebih cepat menguras kuota internet kalian. Pastikan kalian sudah mengetahui beberapa aplikasi yang kalian install yang paling banyak memakan kuota. Jika belum, silahkan cari rekomendasi atau daftarnya di internet karena saat ini sudah banyak yang menyediakan.

2. Mengontrol Penggunaan Aplikasi dan Game


Sebut saja seperti game online yang kalian install adalah salah satu aplikasi yang mungkin paling sering kalian gunakan. Batasi bermain game dalam satu hari agar kuota internet kalian tidak cepat habis. Buatlah jadwal bermain game online. Jika perlu, hentikan bermain game atau aplikasi online lainnya yang jika terasa kuota sudah semakin boros atau menipis. Pakai kuota internet untuk kebutuhan yang lebih penting.

3. Mengontrol Sisa Kuota Internet


Selain dua cara diatas, pastikan kalian mengetahui minimal beberapa hari atau setiap minggu sisa kuota internet yang kalian miliki. Sehingga, kalian dapat lebih mudah mengontrol penggunaan kuota atau data internet untuk hal yang lebih penting.

4. Menonaktifkan Auto-Sync Smartphone


Fitur auto sync merupakan fitur yang diberikan oleh google melalui smartphone Android untuk selalu mensinkronkan data atau penyimpanan ponsel ke penyimpanan berbasis online (awan) yang secara otomatis terus menerus berjalan jika tidak dihentikan. Selain membuat boros data internet, fitur ini juga dapat membuat baterai lebih cepat habis.

Selain google, sejumlah aplikasi seperti WhatsApp, Line dan aplikasi lainnya juga menggunakan fitur sinkronisasi otomatis. Jika terasa jaringan sudah mulai lambat (lemot), coba periksa sisa kuota dan matikan fitur auto-sync sinkronisasi ponsel dan aplikasi kalian.

5. Memilih Jenis Browser yang Lebih Efisien


Cobalah untuk beralih menggunakan browser yang dapat membantu menghemat kuota internet. Aplikasi browser bawaan biasanya lebih banyak menyedot kuota. Saat ini ada bebearapa aplikasi browser terbaik yang bisa membantu kuota lebih irit, salah satunya adalah Opera Mini. Kalian bisa mencobanya untuk berselancar di internet tanpa harus kehilangan banyak kuota.

6. Batasi Update Aplikasi


Secara default, aplikasi dan sistem akan di update secara otomatis ketika terhubung ke jaringan internet. Itu artinya, kuota akan cepat terkuras ketika ada salah satu aplikasi yang diperbarui. Nah, tips menghemat kuota selanjutnya yang bisa kalian coba adalah merubah pengaturan update aplikasi dan sistem hanya ketika terhubung ke jaringan WiFi.

Untuk mengaktifkannya kalian bisa masuk ke Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

Itulah tutorial cara cek kuota internet telkomsel untuk semua jenis paket data terbaru yang dapat saya bagikan. Sebaiknya, kita lebih bijak dalam memakai kuota internet salah satunya menghemat penggunaan setiap harinya agar tidak boros, silahkan gunakan cara menghemat data diatas seperti yang telah bagikan untuk kalian. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Cek Paket Kuota Internet Axis

Jika menurut kalian bermanfaat, silahkan share cara ini ke Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya, GRATIS!

> KOMENTAR SPAM & LINK AKTIF TIDAK AKAN DITAMPILKAN
EmoticonEmoticon