Lupakan Masalah Pendapatan Blog, Lakukan 6 Tips Blogger Sukses Ini

Sukses Blogger – Banyak orang yang sukses lewat blog tak terkecuali anda yang mungkin saat ini sedang membaca tulisan di blog saya saat ini atau mungkin anda adalah salah satu calon blogger yang sukses di kemudian hari. Ah, siapa orang bisa yang tahu nasibnya sendiri di masa depan. Yang pasti, bagi anda yang sedang menggeluti dunia blogging harapan satu-satunya adalah bisa sukses serta dapat meraup jutaan hingga miliaran rupiah tiap bulannya.

Berbicara soal sukses, terutama masalah pendapatan yang belakangan memang jadi trending topik di dunia blogging alangkah baiknya jika kita membahas hal penting selain soal memusingkan pendapatan yang kita merosot tiap bulan.

Lupakan Masalah Pendapatan, Lakukan 6 Tips Blog Sukses Ini

Topik apa yang saya maksudkan disini? Lantas apakah saya melalui blog ini sudah bisa meraup pendapatan yang fantastis seperti para blogger yang sudah master lainnya? Belum dan tidak menutup kemungkinan itu bisa terjadi pada saya dan juga anda.

Saya tidak perlu memamerkan berapa pendapatan saya, tapi yang pasti saya bangga dengan jerih payah serta usaha yang telah saya lakukan hari demi hari, minggu demi minggu hingga berbulan-bulan demi mengumpulkan recehan dollar dari Adsense dan jaringan iklan lain yang saya kelola di beberapa blog saya saat ini.

Silahkan simak 6 tips blogger sukses dibawah supaya pendapatan iklan Adsense dan blog semakin ramai pengunjung setiap hari.

1. Blogwalking

Saat anda yang sedang pusing dengan masalah pendapatan blog yang tidak tentu, coba deh berkunjung ke blog lain untuk sekedar blogwalking. Tapi jangan suka nyepam, karena akan membuat anda dan blog memiliki citra buruk di mata blogger lain serta mesin pencari seperti Google.

Tujuan utama blogwalking (BW) tidak sekedar mencari backlink gratisan dengan komen sekedarnya yang kadang tidak nyambung dengan topik artikel (out off topic). Terus berharap di mendapat klik balik setelah komen spam.

Lupakan Masalah Pendapatan Blog, Lakukan 6 Tips Blogger Sukses Ini

Mulai sekarang, berhentilah melakukan kesalahan ini. Malas nulis artikel tapi pingin update setiap hari? Ini caranya.

Yang perlu anda tahu bahwa blogwalking memiliki banyak manfaat salah satunya untuk mencari ide atau topik, mencari teman sesama blogger, berdiskusi, sekaligus mencari inspirasi.

Tak sedikit anda juga bisa mendapatkan motivasi dari konten yang anda baca dari blog lain.

Temukan banyak motivasi dan inspirasi baru melalui artikel yang anda baca. Berkunjunglah ke beberapa blog yang tema yang sama, termukan perbedaan dan poin dari artikel yang telah anda baca.

Jika perlu boomark dan simpan untuk dibaca kembali di lain waktu. Jika tersedia ruang diskusi melalui komentar, jangan lupa tinggalkan jejak untuk sekedar bertanya atau memberikan tanggapan dari artikel yang anda baca.

Cobalah lupakan sejenak masalah pendapatan, dan blogwalking sebisa mungkin untuk mengenal kisah sukses blogger lain yang mungkin bisa anda dapatkan dari blog lain untuk menginspirasi terus berkarya melalui blog. Jika perlu, undang pemilik blog dan orang lain melalui komentar untuk berkunjung balik. Semakin banyak orang yang berkunjung maka tidak menutup kemungkinan pendapatan pun akan naik dengan sendirinya.

2. Rajin Update Artikel

Jangan malas update jika memang tujuan utama anda adalah pendapatan. Karena blog tidak akan menghasilkan apa-apa jika tidak ada nilai jualnya.

Nilai jual sebuah blog tentu dilihat dari kualitas kontennya.

Karena konten itulah yang bisa mendatangkan pengunjung yang nantinya bisa menghasilkan sesuatu, tergantung dari tujuan utama anda. Baca Cara Menghasilkan Uang dari Blog Disini

Lupakan Masalah Pendapatan Blog, Lakukan 6 Tips Blogger Sukses Ini

Blog yang baik adalah yang selalu rajin update. Tidak setiap hari memang, tapi mereka memiliki jadwal (scheduling) yang tepat.

Jika anda tidak bisa meng-update artikel setiap hari, tapi minimal buatlah jadwal dua kali, dalam satu minggu, tiga kali, atau empat kali. Tidak perlu dipaksakan. Aturlah sesuai waktu dan kemampuan anda dalam menulis.

Tujuan utamanya tidak lain agar blog anda tetap eksis dan pengunjung setia anda tidak selalu berharap dan kecewa karena tidak ada konten baru dari blog anda.

Dan tahukah anda, saat ini pertumbuhan blog kian pesat. Banyak blog baru yang bermunculan. Blog-blog bari ini akan menjadi pesaing anda di internet. Jika tidak anda tidak rajin, maka blog anda akan kalah bersaing.

Meski berat, cobalah untuk tetap membuat artikel yang berkualitas agar reputasi blog anda semakin baik di mesin pencari.

Kembali lagi pada tujuan utama, jika Adsense dan pendapatan iklan adalah tujuan utamanya maka anda harus cerdas mendatangkan pengunjung ke blog anda. Baca Cara Meningkatkan Pendapatan Google Adsense

3. Berhenti Gonta-Ganti Tema

Saya pernah melakukan kesalahan ini, bahkan kesalahan ini berulang kali saya lakukan hingga akhirnya saya tersadar bahwa kesalahan ini tidak seharusnya terjadi lagi di lain waktu.

Lupakan Masalah Pendapatan Blog, Lakukan 6 Tips Blogger Sukses Ini

Sederhananya begini teman-teman. Mengganti template dan melakukan pengaturan pada template baru tidaklah sebentar. Anda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengatur ulang agar tampilannya rapi dan sesuai seperti yang anda harapkan.

Coba anda fikirkan kembali. Jika waktu tersebut anda gunakan untuk membuat konten atau menulis artikel, sudah berapa kata yang bisa anda tulis.

Jika anda sudah professional, mungkin waktu itu cukup untuk menulis satu artikel lengkap dengan gambar visualnya. Atau konten tinggal proses editing saja. Atau mungkin sudah separuh.

Lebih lanjut, sering gonta-ganti template juga bisa berpengaruh pada reputasi blog anda di mesin pencari karena beda template (tema) maka beda pula kode css, java scrip, serta kode html pendukung yang di gunakan.

Hal ini juga membuat mesin robot pencari terpaksa harus merayapi ulang seluruh isi web atau blog anda setelah proses pergantian template tadi.

Belum lagi jika ada masalah lain yang terjadi karena efek pergantian template atau theme. Seperti, loading web blog semakin lamban, error, tampilan berantakan, dan visitor anjlok dan masih banyak lagi dampak negatifnya yang tidak bisa anda duga.

Saya sarankan sebelum mengganti template, carilah referensi situs atau blog yang menyediakan template terbaik dan sudah SEO Friendly seperti dibawah ini :

  • Adhy Suryadi : Kompiajaib.com
  • Arlina : arlinadzgn.com
  • Naminakiky : naminakiky.com
  • Igniel : Igniel.com
  • Bung Franki : bungfrangki.com
  • Mas Sugeng : sugeng.id

Menurut saya, 6 situs ini adalah tempat terbaik bagi anda yang sedang membutuhkan template blog (blogspot) yang reputasi SEO Friendly –nya sudah tidak diragukan lagi.

Banyak review dan bukti kepuasan pelanggan dari kalangan blogger yang telah menggunakan template blog dari masing-masing situs diatas. Anda pun bisa mencobanya dan merasakan bagaimana dampaknya.

Tidak instan memang, karena semua hal membutuhkan proses yang mungkin tidak singkat, termasuk efek dari menggunakan template dari masing-masing pembuat yang sudah saya cantumkan diatas.

Yang terpenting menurut hemat saya, kalau sudah ada mastahnya, kenapa kita harus sibuk memilih dan gonta-ganti template? Benar bukan…

Anda tinggal menyerahkan sepenuhnya pada ahlinya dan anda cukup fokus membuat artikel baru yang lebih berkualitas untuk mendulang traffic.

Selanjutnya, tinggal menunggu giliran blog anda yang kebanjiran pendapatan karena traffic terus naik…

4. Memperbaiki Tulisan

Jika blog anda tidak kunjung ramai dan pendapatanpun tidak ada peningkatannya. Jangan langsung pusing dan menyerah begitu saja. Coba terus dan terus dicoba.

Langkah yang paling tepat adalah memperbaiki tulisan. Karena mungkin dua permasalahan diatas terletak pada konten yang anda bagikan. Belajarlah membuat konten yang ramah mesin pencari dan pembaca.

Lupakan Masalah Pendapatan Blog, Lakukan 6 Tips Blogger Sukses Ini

Cobalah buat artikel dengan memilih satu topik untuk dibahas. Jangan lupa lakukan reset keyword. Meskipun ini tidak jadi tolak ukur tulisan anda bakal page one (muncul dihalaman pertama pencarian) tapi setidaknya keyword yang anda temukan dapat mempermudah ketika membuat konten atau artikel.

Lakukan juga 4 hal sederhana ini agar tulisan anda blog semakin baik:

  1. Jangan lupa untuk memperbanyak kosa kata agar tulisan anda semakin renyah dibaca pengunjung.
  2. Perbaiki kata kata dari setiap kata yang anda tuliskan terlihat natural dan tetap mengandung kata kunci yang sudah anda bidik
  3. Jangan lupa baca kembali tulisan sebelum anda benar-benar memutuskan mempublikasikannya.
  4. Sertakan gambar atau visual pendukung yang menarik dan sesuai dengan topik yang dibahas. Jika anda memiliki kemampuan editing dan desain grafis, kenapa tidak mengasah kemampuan anda dengan cara membuat gambar kreatif untuk ditampilkan.

5. Mempromosikan Tulisan

Awalnya saya selalu ragu dan takut untuk mempromosikan tulisan saya di media sosial. Takut mendapat kritikan dan lain sebagainya. Tapi lama kelamaan saya berfikir keras hingga akhirnya saya memutuskan untuk mulai membagikan (share) tulisan saya di media sosial menggunakan akun pribadi. 

Lupakan Masalah Pendapatan Blog, Lakukan 6 Tips Blogger Sukses Ini

Jika anda pernah mengalami hal serupa, cobalah untuk merubahnya dan mulai membagikan tulisan anda setiap kali membuat tulisan. Jangan pernah ragu. Jaring pengunjung blog dari mana saja. Promosikan sebanyak dan sebisa mungkin.

Seperti hasil riset yang saya temukan dari beberapa website yang ada. Media sosial adalah tempat terbaik berkumpulnya para pengguna internet. Hampir setiap hari orang membuka media sosial. Dan hal ini bisa manfaatkan untuk meningkatkan jumlah pengunjung di blog kita.

Jika anda memiliki budget yang cukup untuk mempromosikan blog, cobalah untuk mulai menggunakan jasa promosi online seperti:

  1. Google Ads
  2. Facebook Ads
  3. Twitter Ads
  4. Instagram Ads
  5. Pasang banner di blog lain yang memiliki DA dan PA tinggi

5 cara diatas juga diklaim ampuh membuat blog anda sukses menjaring banyak visitor. Seperti sudah saya katakana diatas, pendapan Adsense dan iklan apapun yang anda pasang di blog bergantung pada pengunjung.

Maka tidak ada salahnya anda mencoba promosi, baik yang gratisan atau yang berbayar seperti 5 cara diatas.

6. Belajar SEO

Jangan pernah malas untuk belajar apalagi merasa bahwa anda sudah paling bisa karena mungkin jam terbang anda sudah lama di dunia blogging. Jika ketertarikan anda pada blog masih tinggi, terus belajar dengan hal-hal yang masih berkaitan dengan blog salah satunya adalah SEO.

Lupakan Masalah Pendapatan Blog, Lakukan 6 Tips Blogger Sukses Ini

SEO adalah kunci utama selain konten yang bekualitas supaya blog dan tulisan bisa page one sekaligus ramai dikunjungi visitor.

SEO itu ibarat rahasia yang tak terpecahkan karena banyak hal misterius didalamnya. Coba pelajari satu persatu yang berkaitan dengan SEO, seperti optimasi template (blogspot) / theme (wordpress), optimasi off page untuk konten dan masih banyak lagi lainnya.

Coba manfaatkan waktu luang untuk mempelajarinya satu persatu lalu terapkan ilmu yang sudah anda dapatkan. Lalu pantau hasil penerapan tersebut dalam satu minggu, satu bulan, dua bulan dan seterusnya.

Bagi anda yang ingin belajar panduan SEO dan internet marketing, beberapa situs ini mungkin bisa menjadi jawaban anda.

1. PanduanIm.com

Sesuai namanya, situs ini amat populer dikalangan internet marketing dan blogger Indonesia.

Anda bisa belajar banyak hal baru disana, termasuk belajar bagaimana praktik SEO dan cara membuat konten atau artikel yang nantinya bisa dengan sendiri meroketkan pendapatan blog.

2. Rohadiright.com

Walau blognya terakhir kali di update 8 November 2017, tapi soal kualitas artikelnya tidak usah diragukan lagi. Anda dapat belajar teknis SEO dan promosi untuk meningkatkan branding blog disana.

Bahkan, sang empunya juga menyediakan jasa link service untuk meningkatkan backlink blog agar blog anda semakin di lirik oleh mesin pencari.

3. Maxmanroe.com

Nama pemiliknya adalah Marikxon Manurung. Ia adalah salah satu pakar internet marketing yang namanya sudah dikenal luas kalangan blogger.

Didalam blognya maxmanroe.com, ia membagikan artikel seputar SEO, internet marketing dan info usaha yang bisa anda pelajari.

Dan masih banyak lagi lainnya yang mungkin tidak bisa saya sebutkan satu persatu disini. Tapi menurut saya, tiga blog diatas adalah blogger sukses yang berhasil menjaring ribuan hingga ratusan ribu pengunjung setiap harinya.

Tips Cara Sukses Menjadi Blogger Sejati

Selama tujuan utama anda adalah uang, maka sampai kapanpun dan selamanya anda akan mudah menyerah dan sulit sekali berkembang jatuh karena gagal ngeblog. Tapi jika niat utama anda adalah sharing (berbagi) maka semangat ngeblog akan tetap ada meskipun pendapatan naik turun.

Soal penghasilan, saran saya jangan hanya terpaku pada Adsense. atau jaringan iklan yang sudah anda pasang saja. Cobalah anda perluas lagi mengenai lingkup untuk mengukur kesuksesan menjadi seorang blogger.

Sebab, jika anda selalu mengukur berapa pendapatan Adsense dan iklan di blog, maka selamanya anda akan dipusingkan dengan berapa jumlah pengunjung, jumlah klik, iklan jenis apa yang paling bagus mendatangkan CPC tertinggi, dan banyak lagi. Silahkan baca, Penyebab Utama Hilangnya Semangat Nge-Blog

Santai saja...jangan terlalu dipusingkan.

Fokuslah pada konten terlebih dahulu baru fokus masalah pendatapan. Seperti kata para mastah, Content is King (Konten adalah Raja). Dengan konten yang powerfull, maka pendapatan itu akan dengan sendiri menghampiri anda. Bukankan demikian?

Jika perlu, lakukan teknik menjual produk, menawarkan layanan atau jasa pribadi, bisnis affiliasi, dropshipper, atau referral marketing yang keuntungannya lumayan jika dikelola dengan baik. Jangan hanya terpaku pada Adsense saja, yang lebih utama adalah kembangkan skill atau keterampilan lain yang anda miliki. Dengan keterampilan yang semakin terasah, anda akan merasakan bagaimana rasanya sukses melalui blog. Semoga bermanfaat, jangan lupa tinggalkan komentar anda ya.

> KOMENTAR SPAM & LINK AKTIF TIDAK AKAN DITAMPILKAN
EmoticonEmoticon