Supaya Tetap Nyaman dan Betah, Ini 5 Cara Ajari Anak Pakai Masker Saat Keluar Rumah

Cara Mengajarkan Anak Pakai Masker - Mengenalkan anak tentang hal baru tidaklah mudah, terutama tentang cara memakai masker ditengah pandemi COVID-19 atau yang bisa dikenal virus Corona. Apalagi, anak-anak dan orang berusia dewasa adalah yang paling rentan terpapar virus mematikan ini. 

Supaya Tetap Nyaman dan Betah, Ini 5 Cara Ajari Anak Pakai Masker Saat Keluar Rumah

Ada beberapa tips yang harus diperhatikan orang tua agar anak mau menggunakan masker. Salah satu diantaranya adalah memilih bahan masker yang tepat untuk anak. Pilihlah masker kain yang dikhususkan untuk anak usi anda. Saat ini juga tersedia masker kain dengan motif karakter. Pilihlah beberapa karakter kesuksaan anak, sehingga anak lebih nyaman dan betah saat menggunakan masker. 

Ajarkan juga beberapa hal baik kepada anak selama wabah virus corona, diantaranya mencuci tangan setelah menyentuh sesuatu. Nah, berikut 6 cara ajari anak pakai masker supaya tetap nyaman dan betah saat keluar rumah. Simak selengkapnya dibawah ini. 

#1. Memberi Masker Khusus Anak 

Pastikan masker yang diberikan untuk anak adalah sesuai untuknya, mulai dari ukuran, dan bentuk. Jangan berikan masker orang dewasa untuk anak, sebab bisa mengganggu pernapasan anak. 

Supaya Tetap Nyaman dan Betah, Ini 5 Cara Ajari Anak Pakai Masker Saat Keluar Rumah

Untuk membuatnya lebih nyaman, berikan masker dengan karakter atau bentuk khusus anak-anak. Pastikan juga bahan yang digunakan selalu tepat, sehingga walau menggunakan masker dalam waktu lama pernapasan anak tidak terganggu. 

#2. Berikan Penjelasan Pada Anak tentang Pentingnya Masker 

Bagi usia anak, menggunakan masker mungkin terlihat sedikit aneh dan merupakan hal baru. Ajarkan lebih dulu kepada anak tentang cara memakai masker. Jika sudah cukup besar dan mengerti, jelaskan mengapa mereka harus menggunakan masker. 

Jelaskan pada mereka tentang pentingnya mencuci tangan secara rutin dan menggunakan masker ketika keluar rumah. Bantu mereka untuk lebih mudah memahami kondisi yang sedang terjadi saat ini. 

Anda bisa mencoba mencari video tentang dua hal ini yang ada di Youtube. Manfaatkan konten anak untuk mengajarkan kepada mereka tentang hal penting selama pandemic corona saat ini. 

#3. Jadikan Penggunaan Masker Seperti Sebuah Permainan 

Cara mudah mengajarkan anak untuk mengikuti kita adalah dengan cara sambil bermain. Bermain adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. 

Supaya Tetap Nyaman dan Betah, Ini 5 Cara Ajari Anak Pakai Masker Saat Keluar Rumah


Saat Anda dan anak sama-sama mengenakan masker, cobalah membuat sebuah permainan agar ia mulai terbiasa menggunakan masker, seperti permainan menebak ekspresi. 

#4. Ajarkan Keberanian Padanya

Tak sedikit anak-anak yang merasa takut saat mengenakan masker. Salah satu cara yang bisa Anda ajarkan kepadanya adalah sebuah keberanian. 

Supaya Tetap Nyaman dan Betah, Ini 5 Cara Ajari Anak Pakai Masker Saat Keluar Rumah

Sampaikan pada anak bahwa menggunakan masker adalah sesuatu yang normal bukan hal menakutkan. Jika perlu, tunjukkan padanya beberapa foto Anda saat menggunakan masker bersama teman-teman Anda. 

#5. Berikan Hadiah untuk Anak 

Walau cara ini sebenarnya terbilang klasik, tapi ini cukup baik untuk mulai mengajarkan buah hati mengenakan masker dan membiasakan betapa pentingnya cuci tangan setelah menyentuh sesuatu. 

Supaya Tetap Nyaman dan Betah, Ini 5 Cara Ajari Anak Pakai Masker Saat Keluar Rumah

Berikan hadiah kepada anak jika ia berhasil mengenakan masker selama beberapa saat ketika keluar rumah. 

Sehingga, nantinya anak akan mulai terbiasa dengan sendirinya tanpa harus diminta. Berikan beberapa contoh perbuatan baik untuk membantu anak lebih mengenal hal baru, terutama hal-hal sehat selama pandemic COVID-19 saat ini. 

Usia Berapa Sebaiknya Anak Menggunakan Masker? 

Mungkin Anda pernah bertanya-tanya, usia berapakah sebenarnya anak sebaiknya mulai menggunakan masker saat keluar rumah? Kemudian, haruskan bayi dan anak-anak menggunakan masker ? 

Jawabannya adalah, “TIDAK”. 

Apa alasannya? : 

Seperti dilansir dari beberapa situs, penasihat utama Cleo, Rebekah Wheeler memberikan jawaban dari dua pertanyaan ini. 

Menurutnya, penutup wajah apapun tidak boleh digunakan pada wajah anak-anak dibawah usia dua tahun. 

Selain anak-anak, orang-orang yang memiliki masalah pada pernapasan, orang yang sudah tidak mampu melepas masker tanpa bantuan juga tidak disarankan memakai masker. Sedangkan untuk bayi, masker sangat berisiko mengganggu proses pernapasannya. 

"Masker tanpa sadar bisa membatasi oksigen yang masuk ke dalam tubuh bayi dan mereka tidak bisa melepasnya sendiri," kata Wheeler. 

Sumber lain juga mengatakan, bayi dan anak dibawah tiga tahun juga tidak dianjurkan mengenakan masker. Alasannya, mereka semua belum bisa menggunakannya secara efektif. 

"Beberapa sumber mengatakan, anak di bawah usia tiga tahun tidak perlu masker karena mereka masih sulit menjaga masker digunakan dengan cara yang tepat," kata Co-founder Cleo, Dr. Chitra Akileswaran. 

Demikian ulasan singkat mengenai cara mengajarkan anak menggunakan masker. Terima kasih sudah bersedia mampir di blog zallegiance.com. Semoga informasi ini dapat membantu anda semua yang sudah bersedia membacanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel