Cara Mengatasi CPU Fan Error Press F1 Saat Booting pada Laptop dan PC

Laptop tiba-tiba muncul pesan CPU Fan Error Press F1 to Run Setup? Tenang jangan panik dulu ya.

Kasus ini biasanya muncul secara tiba-tiba dan lebih banyak terjadi pada seri Asus, baik untuk laptop maupun pc.

Meski demikian, penyebab CPU Fan Error ini dapat diketahui melalui beberapa cara mudah dibawah ini.

Cara Mengatasi CPU Fan Error Press F1 Saat Booting pada Laptop dan PC

Dengan mengetahui penyebabnya, kalian dapat dengan cepat dan mudah mengambil langkah yang paling tepat untuk mengatasi masalah kipas atau Fan laptop atau komputer kalian dirumah.

Langsung saja simak beberapa penyebabnya dibawah ini:

Penyebab CPU Fan Error pada Laptop dan PC


  1. Kipas Fan Laptop atau PC Kotor
  2. Pengaturan Fan BIOS Tidak Sesuai (Salah)
  3. Masalah Konektor Fan
  4. Fan CPU Sudah Rusak

Cara Mengatasi CPU Fan Error


Banyak faktor penyebab Fan CPU pada laptop dan komputer dapat rusak dan muncul pesan error ketika proses booting, dua diantaranya adalah pesan "CPU Fan Error Press F1 to Run Setup" atau "CPU Fan Error Press F1 to Resume".

Kedua pesan error ini paling banyak ditemui oleh pengguna laptop merek Asus dan komputer yang menggunakan motherboard tipe Asus.

Walau tidak semua tipe Asus mengalami kasus ini, tapi memang paling banyak permasalahan ini ditemui oleh pengguna.

Tapi tidak menutup kemungkinan, masalah ini juga dapat terjadi pada laptop atau komputer merek selain Asus. Jadi, jika kalian mengalami error seperti yang sudah saya jelaskan diatas, kalian dapat mengikuti beberapa cara mudah dibawah ini untuk mengatasi.

1. Mengatur Ulang Fan BIOS


Cobalah kalian ingat-ingat kembali, apakah sebelum terjadi error ini kalian sempat mengatur beberapa informasi atau merubah pengaturan yang ada di dalam BIOS, terutama pada bagian Fan Control.

Jika jawabannya benar, maka sebaiknya kalian reset pengaturan Fan Control pada BIOS laptop atau PC kalian. Kemudian Save ulang, restart, dan lihat apakah pesan error ini masih ada atau tidak.

Jika tidak mengalami perubahan, coba kembali masuk ke BIOS dan cari pusat control atau pengaturan Fan. Rubah dari setup Normal, Silent, Optimal, dan mode Performance. Coba saja otak-atik bagian yang ini. Jangan lupa simpan dan restart laptop/ PC kalian untuk melihat hasilnya.

2. Mengatur Menu Boot


Jika cara pertama tidak memberikan perubahan, coba kembali masuk BIOS kemudian cari dibagian atau menu Boot, Boot Setting Configuration, Wait For F1if Error atau semacamnya, ganti pengaturannya menjadi Disable.

Jangan lupa simpan perubahan ini untuk melihat hasilnya.

3. Bersihkan Fan CPU

Cara Mengatasi CPU Fan Error Press F1 Saat Booting pada Laptop dan PC

Jika cara pertama masih juga tidak kunjung berhasil. Cobalah untuk membongkar CPU Fan laptop/ PC. Bersihkan menggunakan kuas atau kain kering yang halus.

Caranya, lepaskan dulu PIN, kabel, atau konektor yang tersambung pada Fan. Gosok dengan kain kering halus secara perlahan.

Bersihkan juga bagian thermal paste di bagian heatsink dan prosesor. Ganti dengan thermal paste yang baru. Kamudian pasang Fan seperti posisi semula.

Nyalakan laptop/ PC dan lihat bagaimana hasilnya. Apakah pesan CPU Fan Error sudah hilang atau belum.

4. Periksa Konektor Fan

Cara Mengatasi CPU Fan Error Press F1 Saat Booting pada Laptop dan PC

Periksa juga bagian konektor Fan laptop dan PC kalian. Pastikan konektor sudah terpasang dengan benar dan tidak longgar.

Sebab, jika konektor tidak terpasang dengan benar serta longgar, Fan tidak dapat berputar dengan maksimal dan biasanya tidak berputar sama sekali.

Kalau tidak beputar dan tidak maksimal, prosesor bisa cepat panas dan kinerja laptop dan PC tidak bisa maksimal menjalankan multitaskingnya.

5. Ganti Fan CPU dengan yang Baru


Jika cara pertama sampai yang keempat sudah dicoba, tapi masih juga muncul pesan CPU Fan Error, maka menurut saya sudah dapat dipastikan jika Fan CPU laptop/ PC kalian memang sudah rusak dan tidak dapat berputar sama sekali.

Itu artinya, cara satu-satunya yang dapat dilakukan adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Jika memiliki budget yang cukup, segeralah untuk menggantinya dengan yang baru.

Jika bisa mengganti sendiri, akan jauh lebih irit biaya dibanding dibawa ke jasa service. Kalian dapat memanfaatkan cara yang ada di internet, seperti di Youtube dengan mencari video cara mengganti Fan CPU yang tepat.

Itulah ulasan tentang cara mengatasi CPU Fan Error Press F1 to Run Setup yang dapat penulis jabarkan melalui artikel kali ini. Semoga informasi ini dapat membantu kalian yang mengalami error ini.

Usahakan jangan buru-buru panik dan mendiagnosis Fan CPU terutama laptop/ PC rusak. Dengan mengetahui cara memperbaikinya diatas, maka kalian tidak perlu repot-repot membawa laptop/ PC kalian ke jasa service yang mungkin biayanya tidaklah murah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel