4 Cara Screenshot di Laptop & PC Windows Paling Mudah Tanpa Aplikasi

Cara screenshot pada laptop & PC Windows yang mudah itu harus kalian ketahui karena suatu saat kalian pasti membutuhkannya, sebagai contoh jika kalian seorang blogger, cara ini dapat digunakan untuk meng- capture layar gambar di internet, atau untuk tugas sekolah, kantor, editing photo atau aktivitas lain yang dibutuhkan mengambil tangkapan layar di laptop atau PC Windows kalian.

Sebenarnya, sudah banyak tutorial serupa yang membagikan cara ini. Tapi tidak ada salahnya pada kesempatan kali ini zallegiance.com berbagi tutorial yang sama karena mungkin ada diantara kalian yang belum mengetahui cara mudah screenshot ini.

4 Cara Screenshot di Laptop & PC Windows Paling Mudah Tanpa Aplikasi

Tanpa perlu berlama-lama lagi berikut 4 cara mudah screenshot di laptop dan PC berbasis Windows yang mudah dilakukan, bahkan ada yang tanpa software aplikasi tambahan.

Cara Mengambil Screenshot di Laptop


Untuk cara yang paling mudah mengambil screenshot pada laptop Asus, Acer, Lenovo, HP, Toshiba dan tipe lainnya atau komputer berbasis Windows 7, 8 dan 10 tanpa aplikasi, kalian dapat menggunakan langkah-langkah dibawah ini.

1. Menggunakan Tombol Print Screen


Ini adalah cara yang paling banyak digunakan oleh pengguna terutama laptop yang berbasis Windows, yaitu tombol Print Screen. Tetapi, meski sudah banyak digunakan ternyata masih ada juga yang bingung menggunakan cara mudah ini.

Jika kalian termasuk salah satu diantaranya, berikut zallegiance berikan tutorialnya secara detail untuk membantu kalian. Simak langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Silahkan buka, atau langsung tekan tombol Print Screen. Tombol sudah ada disetiap laptop atau PC dan biasanya diberi nama PrtScn / PrntScrn / PrintScr / PrtSc / Prt Scrn SysRq atau semacamnya.

4 Cara Screenshot di Laptop & PC Windows Paling Mudah Tanpa Aplikasi


Note: Untuk pengguna laptop terkadang harus menekan tombol Function / Fn + tombol Print Screen.

2. Selanjutnya, silahkan buka aplikasi image editor apa saja yang sudah kalian install, seperti Paint kemudian buat halaman baru dan langsung saja tekan tombol Ctrl + V (Paste) disana.

4 Cara Screenshot di Laptop & PC Windows Paling Mudah Tanpa Aplikasi

3. Kemudian Save As tangkapan layar yang sudah kalian buat tadi.

Jika kalian tidak memiliki aplikasi image editor apapun, kalian bisa menggunakan Microsoft Word 2010 sebagai sarana untuk menyimpannya. Caranya, silahkan buka Ms. Word 2010, kemudian tekan tombol Ctrl + V (Paste) pada aplikasi tersebut. Selanjutnya, klik kanan mouse kemudian pilih Save as Picture.

4 Cara Screenshot di Laptop & PC Windows Paling Mudah Tanpa Aplikasi

2. Menggunakan Snipping Tools Windows 7


Selanjutnya, kalian dapat memanfaatkan aplikasi bawaan Windows-- saya menggunakan Windows 7, yaitu Snipping Tools. Tools ini sangat berguna untuk membantu mengambil tangkapan layar yang dapat dengan mudah kalian atur.

Snipping tools juga dapat dijalankan pada Windows 8, dan juga Windows 10. Jadi kalian tidak perlu khawatir ketika ingin mengambil screenshot yang mudah tanpa aplikasi tambahan.

1. Pertama, klik Start Menu atau tekan tombol berlogo Windows.

2. Ketikkan perintah "Snipping Tool" dan pilih tools tersebut.

4 Cara Screenshot di Laptop & PC Windows Paling Mudah Tanpa Aplikasi

3. Selanjutnya, klik dan drag menggunakan kursor bagian mana yang hendak di screenshot.

4. Preview screenshot akan ditampilkan dan kalian bisa mengeditnya. Jika ingin langsung kalian simpan, silahkan pilih File --> Save As. Jangan lupa, pilih format gambar yang ingin kalian gunakan.

4 Cara Screenshot di Laptop & PC Windows Paling Mudah Tanpa Aplikasi

3. Menggunakan Aplikasi Lightshot


Selanjutnya, selain menggunakan tombol Print Screen bawaan Windows kalian juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang gratis dan sangat mudah digunakan. Aplikasi ini cukup populer dan sudah digunaka oleh banyak pengguna Macebook, Windows 7, 8, dan 10. Kalian juga dapat mencobanya sendiri, simak langkahnya dibawah ini.

1. Download aplikasi Print Screen Lightshot Windows Disini - Macebook Disini. Selanjutnya install seperti biasanya kalian menambahkan aplikasi di laptop atau PC.

2. Jika sudah, tekan tombol Print Screen sampai tampilan layar terlihat sedikit redup.

3. Pilih atau klik mouse dan drag area yang hendak di screenshot atau diambil gambarnya. Jangan lupa lepaskan kursor jika sudah selesai.

4. Sampai disini, kalian masih dapat mengedit gambar tersebut seperti menambahkan coretan atau tanda panah, teks dan lain sebagainya.


5. Jika sudah, klik ikon Save dan simpan di direktori yang kalian kehendaki. Jangan lupa, rubah type gambar yang ingin kalian simpan ya.

4. Cara Screenshot Panjang di Laptop, PC/ Komputer


Terakhir, jika kalian berencana mengambil screenshot satu halaman penuh sebuah website di internet tanpa terpotong, kalian bisa memanfaatkan add-on Google Chrome. Cara ini menurut saya cukup simpel dan mudah dan kebetulan sering kali saya gunakan ketika ingin mengambil tangkapan layar sebuah website yang sedang saya baca.

Namun, sebelum mengikuti cara ini pastikan kalian menggunakan web browser Google Chrome di Laptop atau PC yang kalian gunakan. Selanjutnya, ikuti langkahnya dibawah ini.

1. Pasang dan tambahkan add-on Awesome Screenshot. Ikuti instruksi seperti mendaftar gratis untuk pertama kali jika kalian sebelumnya belum pernah menggunakan add-ons ini.

4 Cara Screenshot di Laptop & PC Windows Paling Mudah Tanpa Aplikasi


2. Jika sudah terpasang di Google Chrome, cari halaman web yang ingin kalian capture panjang secara utuh.

3. Selanjutnya, klik ikon tersebut dan pilih menu Screenshot, dan Capture Entire Page. Tunggu proses screenshot seluruh halaman penuh hingga selesai.

4 Cara Screenshot di Laptop & PC Windows Paling Mudah Tanpa Aplikasi

4. Jika sudah selesai, kalian akan diarahkan ke laman untuk melakukan penyuntingan (edit). Jika menurut kalian sudah selesai, silahkan klik tombol Done di pojok kanan atas.

5. Kalian akan diberikan opsi untuk menyimpan capture tersebut di Laptop atau PC, membuat PDF, mencetak, atau disalin ke clipboard.

4 Cara Screenshot di Laptop & PC Windows Paling Mudah Tanpa Aplikasi

Bagaimana menurut kalian? Itulah uraian cara screenshot di Laptop dan PC yang mudah dilakukan versi zallegiance. Masih banyak cara serupa yang bisa kalian terapkan. Meski demikian, 4 cara screenshot diatas adalah yang paling banyak saya temui dan saya praktikkan sendiri selama ini.

Lihat juga: Widiynews.com | Share, Inspiring, Stories

Jika kalian memiliki cara tersendiri yang lebih praktis, kalian dapat berbagi dengan saya melalui kolom komentar dibawah ini. Jangan sungkan untuk berbagi tutorial ini di media sosial yang kalian miliki supaya teman dan saudara kalian mendapatkan informasi bermanfaat ini. Terima kasih sudah berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel