Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Partner Media


Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Niat Doa Sebelum Belajar Lengkap Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahan Artinya

Sebelum belajar, kita dianjurkan untuk membaca niat dan doa oleh Rosulullah SAW. Belajar adalah bagian dari menuntut ilmu seperti yang diwajibkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada seluruh umat Islam. Seperti kisah Ibnu Hajar, menuntut ilmu ternyata tidaklah mudah. Banyak rintangan dan cobaan yang harus dilewati untuk bisa mendapatkan ilmu yang berkah dan bermanfaat.

Belajar memang tidak harus disekolah formal, di tempat non-formal juga kita bisa belajar dan menuntut ilmu. Untuk Anda yang saat ini sedang menempuh dunia pendidikan, sebaiknya membaca doa sebelum belajar dibawah ini. Doa ini disertai tulisan Arab, Latin dan terjemahannya sehingga lebih mudah untuk dipahami maknanya.

Niat Doa Sebelum Belajar Lengkap Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahan Artinya

Melalui doa belajar ini, kita kembali diingatkan bahwa menuntut ilmu juga harus dengan niat. Doa haruslah dibaca dengan khusu’ serta benar-benar mengharap kepada Allah supaya ilmu yang sedang dipelajari kelak dapat memberikan manfaat dan mendatangkan keberkahan dalam hidup.

Doa Sebelum Belajar Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya

Ada empat doa yang dapat Anda amalkan setiap saat hendak memulai belajar, salah satunya doa yang diajarkan oleh Imam Abdullah Al-Haddad yang dikenal ‘alim dikalangan umat Islam.

Berikut doa sebelum belajar lengkap Bahasa Arab, Latin dan terjemahannya yang dapat kalian hafalkan dan dibaca sebelum memulai aktivitas belajar mengajar.

#1. Doa Sebelum Belajar Pertama

سْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

نَوَيْتُ التَّعَلُّمَ وَالتَّعْلِيْمَ، وَالتَّذَكُّرَ وَالتَّذْكِيْرَ، وَالنَّفْعَ وَاْلإِنْتِفَاعَ، وَاْلإِفَادَةَ وَاْلإِسْتِفَادَةَ، وَالْحَثَّ عَلَى التَّمَسُّكِ بِكِتَابِ اللهِ وَسُنَّةِ رَسُوْلِهِ، وَالدُّعَاءَ إِلَى الْهُدَى، وَالدَّلاَلَةَ عَلَى الْخَيْرِ، اِبْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ وَمَرْضَاتِهِ وَقُرْبِهِ وَثَوَابِهِ

"Nawwaitu at-ta’alluma wat-ta’liima, wat-tadzakkura wat-tadzkiira, wan-naf’a wal-intifaa’a wal-istifaadata, wal-hatsa ‘ala at-tamassuki bi kitabillaahi wa sunnati rasuulihi, wad-du’aa ilal huda, wad-dalaalata alal khairi, ibtigha’a wajhillahi ta’ala wa mardlatihi wa qurbihi wa tsawaabihi.

Artinya: “Saya niat belajar dan mengajar, mengingat dan mengingatkan (ilmu), memberi manfaat dan mencari manfaat, memberi keutamaan dan mencari keutamaan, menganjurkan berpegah teguh dengan kitab Allah (Al-Qur’an) dan sunah rasul-Nya, menyeru kepada petunjuk, menunjukkan kepada kebaikan, demi mengharap dapat berjumpa dengan Allah dan keridaan serta pahala-Nya.”

#2. Doa Sebelum Belajar Kedua

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

“Rodlittu billahiroba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, Robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan.”

Artinya: "Kami ridho bahwa Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, serta Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah terhadapku ilmu serta berikanlah aku pengertian yang baik."

#3. Doa Sebelum Belajar Ketiga

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

“Robbi zidnii ‘ilman Warzuqnii fahmaa, Waj’alnii minash-shoolihiin.”
Artinya: "Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu serta berilah aku kemampuan untuk memahaminya, serta jadikanlah aku termasuk golongan dari hamba-Mu yang sholeh"

#4. Doa Sebelum Belajar Keempat

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ 

“Alloohumma Akhrijnaa Min Dzulumaatilwahmi Wa Akrimnaa binuuril Fahmi Waftah’alainaa Bima’rifatika Wasahhil Lanaa Abwaaba Fadl-lika Ya Arhamar Roohimiin.”
Artinya: "Ya Allah, bebaskanlah kami dari kegelapan prasangka, muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang Maha Penyayang.”

Penutup….

Doa sebelum belajar diatas sebaiknya dibaca ketika hendak memulai aktivitas belajar. Pendapat lain juga mengajarkan, sebaiknya umat Islam ketika hendak belajar mengambil ambil air wudhu atau dalam keadaan suci, membaca niat, membaca surat Al-Fatihah, kemudian melafalkan doa diatas.

Silahkan pilih salah satu dari keempat doa diatas. Mana yang menurut kalian dari keempat doa diatas lebih mudah dihafalkan ketika hendak belajar.

Semoga dengan niat, usaha yang gigih diiringi dengan doa-doa diatas, proses belajar menjadi lebih mudah dan ilmu yang dipelajari mendatangkan manfaat kelak dimasa mendatang. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Follow by Email