Lafadz Doa Sebelum dan Sesudah Makan atau Minum Arab, Latin Disertai Gambar Kaligrafi Arab

Doa Sebelum dan Sesudah Makan atau Minum - Dulu saat masih kanak-kanak belajar mengaji pasti sering diajarkan doa sebelum makan dan sesudah makan. Begitu juga sebagai orang tua, mungkin Anda pernah mengalami diajari doa pendek sehari hari.

Doa makan dan minum adalah doa pendek yang sering kali dibaca serta diajarkan ustad di bangku sekolah Islam seperti PAUD atau pesantren untuk usia anak-anak.

Ini doa yang cukup sederhana dan mudah. Sebagai orang Islam sudah harus bisa dan hafal bacaan doa sebelum dan sesudah makan minum ini.

Dalam kehidupan sehari hari, kita bisa makan dan minum lebih dari dua sampai tiga kali setiap harinya. Melalui doa makan inilah lah, kita diajarkan bersyukur atas rezeki yang Allah SWT berikan dalam bentuk makanan kepada kita semua.

Doa ini juga mengajarkan kepada seluruh umat Islam untuk selalu mengamalkan, agar setiap makanan yang masuk senantiasa halal, berkah dan terlindung dari godaan syetan baik sebelum dan saat sedang makan atau minum.

Seperti halnya doa sebelum dan sesudah belajar yang sudah zallegiance bagikan sebelumnya, doa pendek ini sangat penting bagi diri sendiri, terutama untuk Anda yang memiliki anak-anak supaya terbiasa membaca doa sebelum dan sesudah makan minum.

Berikut lafadz bacaan doa sebelum dan sesudah makan minum disertai gambar kaligrafi supaya doa pendek ini lebih mudah diajarkan kepada anak-anak.

Doa Sebelum Makan

Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Makan atau Minum Arab, Latin Disertai Gambar Kaligrafi Arab



اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Lafadz Arab Latin: Alloohumma barik lanaa fiimaa rozaqtanaa waqinaa 'adzaa bannar

Terjemah Indonesia: "Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau limpahkan kepada kami dan jauhkanlah kami dari siksa neraka"

Seperti yang sudah sedikit disinggung diatas, doa ini dibaca sebelum makan sebagai pertanda wujud syukur kita kepada Allah SWT atas nikmat rezeki berupa makanan, serta waktu, tempat yang telah Allah SWT sediakan sehingga bisa berkumpul dan makan bersama.

Doa ini juga memiliki maksud dan tujuan memohon perlindungan kepada Allah dari godaan syetan yang menyesatkan.

Dengan bersyukur, maka kita termasuk golongan yang dicintai Allah SWT. Dan semoga dengan cara membaca doa sebelum makan ini serta bersyukur, Allah SWT tambahkan lagi rezekinya kepada kita semua.


وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ


Arab-Latin: wa iż ta`ażżana rabbukum la`in syakartum la`azīdannakum wa la`ing kafartum inna 'ażābī lasyadīd

Terjemah Arti: Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". (Quran Surat Ibrahim Ayat 7)

Ketika selesai makan kita juga dianjurkan untuk membaca doa, berikut ini adalah bacaan doa sesudah makan beserta terjemahan arti Indonesianya.

Doa Sesudah Makan

Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Makan atau Minum Arab, Latin Disertai Gambar Kaligrafi Arab

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Lafadz Arab Latin: Alhamdu lillaahil ladzii ath'amanaa wa saqoonaa wa ja'alanaa minal muslimiin

Terjemah Indonesia: "Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum, Serta menjadikan kami termasuk golongan orang-orang muslim"

Sebagai seorang muslim, kita diwajibkan selalu bersyukur kepada Allah SWT dan memohon perlindungan-Nya. Bersyukur adalah ciri-ciri orang yang beriman dan menjadi sebab datangnya Ridho Allah SWT.

Dengan doa sesudah makan diatas kita diajarkan untuk selalu bersyukur dan semoga termasuk golongan orang-orang muslim sebagaimana tercantum didalam doa sesudah makan diatas.

Doa Ketika Makan Lupa Membaca Doa

Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Makan atau Minum Arab, Latin Disertai Gambar Kaligrafi Arab
Umma.id

بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

Lafadz Arab Latin: Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi

Terjemah Indonesia: "Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya"

Ada kalanya, kadang mungkin atau bahkan sering kita lupa membaca doa sebelum makan. Bisa jadi karena sangat lapar atau mungkin karena faktor lain. Jika sudah terlanjur makan namun belum sempat membaca doa makan, silahkan baca doa berikut diatas.

Nabi Muhammad SAW bersabda dalam sebuah hadits:

Apabila salah seorang dari kalian makan, maka hendaklah ia ucapkan "Bismillah". Jika ia lupa untuk menyebutnya, hendaknya ia mengucapkan "Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi "(dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya).

Doa Setelah Minum


اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Lafadz Arab Latin: Alhamdu lillaahil ladzi ja'alahuu 'adzbam furootam birohmatihii wa lamyaj'alhu milhan ujaajam bidzunuubinaa

Terjemah Indonesia: "Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami"

Sama halnya seperti sebelum dan sesudah makan, sebelum dan sesudah minum kita juga dianjurkan untuk membaca doa.

Doa sebelum sebelum minum yang dapat dibaca adalah dengan membaca bacaan lafadz basmallah.

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ 

Arab-Latin: Bismillahirrahmanirrahim

Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang maha Pemurah lagi maha Penyayang

Sedangkan untuk sesudah minum, dapat dibaca doa pendek diatas. Dari bacaan yang termasuk doa sehari-hari ini kita diajarkan untuk mengucap rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberi nikmat berupa minuman yang segar sebagai penghilang rasa dahaga dan haus.

Kumpulan Gambar Kaligrafi Arab Doa Sebelum dan Sesudah Makan Minum

Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Makan atau Minum Arab, Latin Disertai Gambar Kaligrafi Arab
lafalquran.com

Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Makan atau Minum Arab, Latin Disertai Gambar Kaligrafi Arab
dds.web.id


Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Makan atau Minum Arab, Latin Disertai Gambar Kaligrafi Arab
Shopee.co.id

Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Makan atau Minum Arab, Latin Disertai Gambar Kaligrafi Arab
Doadanmustajab.blogspot.com

Demikian artikel tentang bacaan doa sebelum makan dan setelah makan atau minum, doa makan lupa membaca doa serta kumpulan kaligrafi Arab yang membantu memudahkan untuk diajarkan kepada anak-anak.

Doa diatas termasuk doa sehari-hari yang alangkah baiknya kita semua minimal bisa dan hafal sehingga bisa diamalkan setiap saat.

Sebelum membaca doa dan memulai aktivitas, alangkah baiknya kita membaca doa dan jika tidak bisa atau tidak hafal, minimal kita membaca lafadz Basmallah agar Allah senantiasa memberi kemudahan dan keberkahan kepada kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel